• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kisah 'Ngeri' Pilot Terkatung Di Luar Pesawat Akibat Kaca Kokpit Yang Lepas !

cahayamu
TS
cahayamu
Kisah 'Ngeri' Pilot Terkatung Di Luar Pesawat Akibat Kaca Kokpit Yang Lepas !
Kisah 'Ngeri' Pilot Terkatung Di Luar Pesawat Akibat Kaca Kokpit Terlepas



Pilot tersedot keluar pesawat BA 5390.
(ilustrasi)

Gansis mungkin sering mendengar atau melihat berbagai berita tentang kejadian-kejadian unik yang terjadi saat pesawat sedang berada di udara, dari mulai menabrak burung atau mesin yang tiba-tiba meledak dan membuat para penumpang menjadi panik, tapi mungkin gansis masih banyak yang belum mendengar tentang kisah pesawat British Airways 5390 yang satu ini, dimana salah seorang pilotnya tersedot keluar jendela pesawat dan terkatung-katung di ketinggian 23.000 kaki. emoticon-Matabelo

Gansis penasaran gimana ceritanya?
oke mari kita lanjut...
Kejadian ini terjadi pada tanggal 10 Juni 1990, saat itu British Airways Flight 5390 lepas landas dari bandara di Birmingham, Inggris menuju Malaga, Spanyol. Pesawat dengan nomer seri BAC 1-11 itu membawa 81 penumpang dan empat awak pesawat.

Saat itu pesawat lepas landas dengan lancar tanpa kendala apapun hingga mencapai ketinggian yang diharapkan selama 20 menit ketika tiba-tiba penumpang mendengar suara ledakan.

Ternyata penyebab gangguan tersebut adalah kaca depan kiri kokpit yang terlepas dari pesawat.


tersedot

Ane coba kasih gambaran nih gan, bayangin aja gimana rasanya saat agan jadi pilot pesawat dalam kecepatan 500 mil per jam dan berada pada ketinggian 23.000 kaki di udara lalu tiba-tiba kaca depan agan terlepas. emoticon-Takut (S)

Dan akibat kendala tersebut, pilot, bernama Kapten Timothy Lancaster, langsung terlepas dari kursinya dan tersedot keluar dari jendela kabin yang hilang.

Untung saja, kapten Lancaster saat itu langsung diselamatkan oleh seorang kru pesawat Nigel Ogden, yang kebetulan saat itu berada di dek kokpit. Ogden meraih kaki Lancaster dan berpegangan pada kursi untuk menahannya dengan sangat kuat.


seorang kru bergegas menahan kaki pilot.

81 penumpang pesawat menyaksikan ketika anggota kru lainnya, Simon Rogers, bergegas ke dek kokpit, laly mengikat dirinya ke kursi pilot, dan kemudian memegang Lancaster untuk memungkinkan Ogden bergerak ke belakang dan merawat tangannya yang robek saat menolong kapten pilot.

Co-pilot, Alistair Atcheson, dengan mengenakan masker oksigen, kemudian memberi tahu penumpang apa yang terjadi saat itu, dan memperingatkan untuk bersiap melakukan pendaratan darurat.



Atcheson kemudian melakukan pendaratan darurat di Bandara Southampton.

Personel darurat membantu menurunkan Kapten Lancaster dengan selamat, dan membawanya ke rumah sakit. Semua awak dan empat penumpang juga pergi ke rumah sakit untuk dirawat karena shock. Mereka kemudian diizinkan untuk pulang pada hari yang sama.

Lancaster menderita patah siku, pergelangan tangan dan ibu jari, dan radang dingin di satu tangan, tetapi selain itu, dia tidak terluka parah.



Pesawat pengganti dikirim ke Bandara Southampton, dan semua penumpang kecuali tujuh lainnya menaikinya untuk menyelesaikan perjalanan mereka menuju Malaga.

Kerusakan pada penerbangan 5390 tidak mengakibatkan korban jiwa sama sekali. Fakta itu saja sudah luar biasa, dan itu karena pemikiran cepat dan kemampuan kru pesawat yang saat itu bertugas.

Awaknya bekerja sangat luar biasa. Kami tidak memiliki apa-apa selain pujian untuk mereka. Itu adalah contoh kewaspadaan yang luar biasa, dan kami sangat bangga dengan mereka. - Juru Bicara Anthony Cocklin.

Nah gimana nih menurut agan? pasti trauma banget tuh pilotnya sampe terkatung-katung di luar pesawat gitu, rasanya kaya naik jet koster versi jet beneran emoticon-Big Grin

---------------------------------------------------------------------------------------------

Penulis : Cahayamu
Referensi : Pendapat Pribadi dan Link
Kaskus Kreator

emoticon-tempted emoticon-tempted 
rizkifadhilah09Daniswara92sixfloor
sixfloor dan 45 lainnya memberi reputasi
46
13.4K
120
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.