Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ojolngadingadiAvatar border
TS
ojolngadingadi
Buntut Kerumunan, Marinir-Paskhas Jaga Pasar Tanah Abang dan Sekitar!
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengunjungi Pasar Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kunjungan itu dilakukan setelah terjadi kerumunan yang membeludak di Pasar Tanah Abang pada Sabtu kemarin dan hari ini.

Anies mengatakan, untuk mencegah kembalinya kerumunan, ada 2.500 personel keamanan yang dikerahkan di Pasar Tanah Abang. Para personel itu berasal dari TNI-Polri dan Satpol PP DKI Jakarta.

"Mengerahkan sekitar 2.500 personel, terdiri dari unsur polisi, ada Brimob, dan Sabhara, TNI ada dari Kodam, Angkatan Laut Marinir, Angkatan Udara Paskhas, dan dari Satpol PP. Keseluruhannya kira-kira 2.500 orang diterjunkan untuk jaga ketertiban mengikuti protokol kesehatan," ujar Anies, Minggu (2/5/2021).

Baca juga:
Data Sementara: Diperkirakan Ada 100 Ribu Pengunjung Pasar Tanah Abang
Anies menegaskan pengendalian meliputi kawasan Pasar Tanah Abang dan sekitar. Marinir dan Paskhas berjaga mengendalikan antrean masuk stasiun.

"Jadi sore hari ini pun pengendalian akan dilakukan di kawasan pasar maupun di kawasan sekitar stasiun. Nanti akan bertugas di sana Marinir dan dari Paskhas untuk mengendalikan agar antrean masuk ke dalam stasiun bisa mengikuti protokol kesehatan," kata Anies.

Kondisi di Pasar Tanah Abang 2 Mei 2021Kondisi di Pasar Tanah Abang pada 2 Mei 2021 (Karin/detikcom)
Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Anies soal Kerumunan Pasar Tanah Abang: Hari Ini Ada 100 Ribu Pengunjung':






Anies mengatakan, data sementara, ada sekitar 100 ribu orang datang ke Pasar Tanah Abang hari ini. Pada Sabtu kemarin, lebih dari 80 ribu orang mendatangi Pasar Tanah Abang.

"Jadi, berbeda dengan hari-hari sebelumnya, hari Sabtu kemarin terjadi lonjakan pengunjung yang pada hari sebelumnya sekitar 35 ribu, kemarin melonjak sekitar 87 ribu dan hari ini data sementara sekitar 100 ribu pengunjung," katanya.

Sebelumnya, Anies Baswedan membuat kebijakan jam penutupan Pasar Tanah Abang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dilakukan pukul 16.00 WIB dan sesi kedua pukul 17.00 WIB.

"Jadi mulai sore ini pasar akan ditutup dengan dibagi, ada yang tutup jam 4 dan ada yang tutup jam 5 untuk menghindari keluar bersamaan dan kemudian menuju pada titik yang hampir sama," kata Anies saat jumpa pers di Pasar Tanah Abang, Minggu (2/5/2021).

Baca juga:
Jam Tutup Pasar Tanah Abang Dibagi 2 Usai Kerumunan Warga
Anies mengatakan kerumunan di Tanah Abang kemarin mencapai 80 ribuan pengunjung. Dan, lanjut dia, setengah dari pengunjung itu menggunakan kereta api.

Sehingga, pengawasan juga akan dilakukan di sekitar stasiun Tanah Abang. Anies mengatakan kereta tidak akan berhenti di Stasiun Tanah di jam tertentu.

"Jadi sore ini pun pengendalian akan dilakukan di kawasan pasar maupun sekitar stasiun. Nanti petugas akan mengendalikan agar antrean masuk stasiun mengikuti prokes," ujar Anies.

https://news.detik.com/berita/d-5554...kitar?single=1
0
807
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.