ojolngadingadiAvatar border
TS
ojolngadingadi
Anies Baswedan soal Kerumunan Pasar Tanah Abang: Ada 87 Ribu Orang Datang
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyoroti peristiwa membeludaknya pengunjung di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu kemarin. Anies mengakui saat itu terjadi lonjakan pengunjung yang tak biasa dibanding hari-hari sebelumnya.

"Pak Dirut Pasar Jaya melaporkan kemarin bahwa terjadi lonjakan yang luar biasa hari Sabtu kemarin. Hari Jumat dan hari-hari biasa itu paling sekitar 35 ribu, kemarin itu 87 ribu orang yang datang. Jadi memang hari kemarin terjadi lonjakan yang tidak terduga," kata Anies Baswedan saat ditemui di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Minggu (2/5/2021).

Baca juga:
DKI Ungkap Pengunjung di Pasar Tanah Abang Membeludak Hampir 200%
Kendati demikian, Anies tak mau berspekulasi terkait penyebab terjadinya lonjakan yang membuat para pengunjung tumpah ruah di pasar tersebut. Saat ini, pihaknya tengah berupaya memperketat pengawasan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 di lingkungan pasar.

"Kalau itu (penyebab) belum tahu kita. Ada beberapa yang menyebutkan karena... tapi kita tidak mau berspekulasi sebabnya apa, orang tahu-tahu semuanya datang pada hari Sabtu. Tapi yang jelas bagi kita adalah protokol kesehatan-nya ditegakkan, jumlah petugasnya di tambahkan. Jadi hari ini ada 750-an petugas yang berada di lapangan untuk melakukan pendisiplinan," jelas Anies.

Situasi Pasar Tanah Abang Minggu (2/5) siangSituasi Pasar Tanah Abang, Minggu (2/5) siang. (Karin Nur Secha/detikcom)
Mantan Mendikbud itu mewanti-wanti masyarakat agar tak menyambangi suatu lokasi yang tampak adanya kerumunan. Anies mengingatkan warga mengenai batasan mengunjungi suatu tempat di masa pandemi ini maksimal 50%.

"Jadi kita butuh dua-dua nya bagi kami siapkan petugas, bagi masyarakat yuk kalau lihat tempat, kalau masuk ke resto lebih atau mendekati 50% jangan masuk. Datang ke sebuah tempat lebih dr 50% jangan masuk. Jadi kitanya harus ikut menjaga sama-sama," tegasnya.

Baca juga:
Penampakan Padatnya Pasar Tanah Abang, Masuk Harus Antre
Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, ramai didatangi pengunjung menjelang Lebaran. Pengunjung berbelanja sambil berdesak-desakan tanpa jaga jarak.

Pantauan detikcom di Blok A dan Blok B Pasar Tanah Abang, Jakpus, para pengunjung terlihat berdesak-desakan. Mereka berbelanja dalam rangka persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri.

"Dari Cengkareng, Jakarta Barat, sama anak. (Belanja) buat Lebaran," ujar salah seorang pengunjung, Yanti (32), saat ditemui detikcom di lokasi, Sabtu (1/5/2021).

Baca juga:
Antrean Masuk Pasar Tanah Abang Mengular, Brimob Turun Tangan
Yanti mengaku takut terpapar virus Corona dan sempat ragu berbelanja di Pasar Tanah Abang. Meski begitu, ia tetap nekat berbelanja di Pasar Tanah Abang.

"Ya takut. Tadinya kan ragu-ragu mau ke sini. Ya gimana, ramai banget, ya sudah ke sini, mau gimana lagi," ucap Yanti.

Menurut Yanti, dia sering berbelanja ke Pasar Tanah Abang menjelang Lebaran. Yanti berbelanja pakaian untuk keluarganya.

https://news.detik.com/berita/d-5554...atang?single=1
0
541
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.