Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mx667Avatar border
TS
mx667
Sukses dengan Personal Branding
Citra diri atau personal branding bisa dibilang adalah reputasi seseorang yang merupakan faktor penting untuk mempengaruhi usaha seseorang dalam meraih kesuksesannya. Citra diri ditujukan kepada masyarakat untuk menumbuhkan kepercayaan orang lain terhadap seseorang. Teknologi sekarang membuat pembangunan citra diri bisa jadi lebih mudah dengan adanya sosial media, internet, website, dan lain sebagainya.

Citra diri menurut Ihab Majid
Citra Diri disebut juga konsep diri, yaitu segala informasi yang mendefinisikan diri Anda. Citra diri adalah pandangan Anda tentang diri sendiri. Citra diri adalah pendapat Anda tentang diri Anda, cara pandang Anda terhadap diri, dan citra yang Anda gambarkan untuk diri Anda. Apakah Anda melihat diri Anda sukses atau tidak? Apakah Anda melihat diri Anda gemuk atau kurus? Apakah Anda melihat diri Anda menyenangkan atau membosankan? Dr. Maxwell berkata, “Citra diri yang buruk itu seperti musuh, menghancurkan Anda, membuat Anda frustasi, mencerca Anda, kemudian menggiring Anda menuju kegagalan. Sedangkan citra diri yang baik dan sehat bagaikan sahabat. Ia membantu Anda untuk menggapai keinginan, dan memotivasi agar Anda lebih berprestasi.” (Ihab Majid, 2019:79 - 80)

Lantas bagaimana caranya sebuah personal branding dapat membangun kesuksesan seseorang? Untuk menjelaskannya, mungkin saya akan coba ilustrasikan ke dalam sebuah kisah sederhana.

Sukses dengan Personal Branding

Salah satu contoh bentuk pembangunan citra diri adalah sebagai berikut ini: misalnya ada seseorang bernama Angga yang bekerja sebagai Programmer. Ia bekerja di sebuah kantor IT Consultant di Bandung. Setiap hari Angga mengerjakan berbagai pekerjaan yang disuruh oleh atasannya dan setiap bulan ia mendapatkan gaji. Ia berpikir dengan gaji yang sekarang Angga akan sulit untuk mencapai impiannya yaitu menikah, punya rumah, dan merdeka secara finansial. Untuk membangun karir di kantornya membutuhkan waktu yang lama, mungkin bisa bertahun - tahun. Untuk membuka usaha, ia masih bingung dengan ide usaha apa yang akan ia geluti. Sehingga Angga memutuskan untuk membangun citra diri alias personal branding melalui sosial media.

Angga mulai berbagai ilmu tentang tips programming atau pemrograman, coding, dan tutorial seputar komputer di salah satu sosial media besar bernama Instagram. Hari demi hari berjalan sehingga tidak terasa sudah 1 tahun Angga membangun personal branding di Instagram. Banyak orang mulai mengenal Angga. Ia diundang ke berbagai acara motivasi untuk para programmer atau developer. Kadang ia diundang untuk mengajar di beberapa sekolah dan kampus, dan semakin hari job atau tawaran pekerjaan mulai datang.  Semakin hari, semakin banyak followernya dan dari situ dia juga mulai mendapat beberapa tawaran endorse.

Kini Angga tidak bekerja sendirian, sekarang dia telah membentuk sebuah tim untuk mengerjakan berbagai proyek pembuatan software dan website. Ia mengajak beberapa teman kuliahnya untuk jadi timnya. Kini Angga sudah sukses menjadi bos dan pengusaha di bidang komputer khususnya pembuatan software berkat 1 hal: personal branding.

Bagaimana Citra Diri Terbentuk menurut Ihab Majid
Pada mulanya, citra diri terbentuk dari pemikiran orang lain tentang diri Anda. Anda mempercayai perkataan kedua orang tua serta guru tentang Anda. Hal yang paling berbahaya adalah ketika Anda mempercayai perkataan teman - teman Anda tentang Anda. Kemudian Anda mengaitkan beberapa peristiwa yang terjadi pada Anda dengan apa yang mereka katakan sampai Anda mempercayainya di dalam jiwa. Prediksi itu menjadi kenyataan di dalam setiap usaha Anda, baik yang Anda percayai itu adalah hal negatif maupun positif. Jika Anda mempercayai bahwa Anda tidak bisa mengemudikan mobil, maka itulah yang akan terjadi. Dan setiap kali Anda mencoba mengendarainya, Anda akan gagal. Citra ini menjadi bagian yang utuh dengan citra diri Anda (Ihab Majid, 2019:80 - 81).

Citra diri atau personal branding sangat penting untuk meraih kesuksesan di dunia modern ini. Apapun profesi Anda, personal branding bisa dilakukan. Mulai bangun personal branding Anda, mulai sekarang sedikit demi sedikit dan konsisten. 

Sumber gambar: unsplash.com
Sumber tulisan: pikiran ane sendiri.
Majid, Ihab. (2019). Sukses dari Diri Sendiri: Panduan Mudah Mengenali dan Mengembangkan Potensi Diri. Pustaka Alvabet, Tangerang Selatan.
0
564
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.