Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zaeni96Avatar border
TS
zaeni96
Derajat Buruh Tak Akan Terangkat Kalau Buruhnya Masih Gitu
Derajat Buruh Tak Akan Terangkat Kalau Buruhnya Masih Gitu
Gambar : Gettyimages


Mayday...Maydayy.... yang telah diperjuangkan oleh para buruh di seluruh dunia sejak lama ini tak boleh disia-siakan begitu saja. Kerja 8 jam sehari, pesangon, upah minimal, bayaran lembur, dan banyak hal-hal yang diperoleh oleh kaum buruh ini adalah hasil perjuangan panjang para buruh menyuarakan aksinya bersama-sama.

Namun sayang, perjuangan-perjuangan itu kini terkadang menjadi cemooh tersendiri, bahkan oleh sesama buruh. Salah satu sebabnya adalah definisi buruh yang mengalami pergeseran di masyarakat.

Menurut KBBI, yang disebut buruh adalah orang yang bekerja untuk orang lain dengan mendapat upah; pekerja. Jadi mau kalian itu kerja di jalanan, kerja di gorong-gorong, di atas tower, di tiang listrik atau pun di ruangan ber AC, selama kalian masih bekerja untuk orang lain dan masih mendapat upah, maka kalian adalah buruh.

Pergeseran makna buruh ini berbahaya. Karena biasanya buruh-buruh kerah putih tidak merasa apa yang diperjuangkan para buruh kerah biru -yang biasanya turun ke jalan- adalah perjuangannya juga. Padahal hasilnya juga buat kepentingan semua buruh. Sedangkan para buruh kerah biru biasanya suka sinis terhadap buruh-buruh kerah putih, dan tidak pernah mau merangkul mereka serta mengajak berjuang bersama. Padahal nih yah, buruh-buruh ini jika bersatu, bakal memiliki nilai dan daya tawar di depan pemilik modal.

Belum selesai sampai situ. Selain suka ribut antar kerah, buruh juga rentan ribut, meski berkerah sama. Saling jilat pemilik perusahaan, saling fitnah antar pekerja, senggal-senggol posisi dengan cara-cara licik adalah beberapa contoh konflik antar buruh hari ini.

Yang harus disadari, derajat buruh itu, mau di level apapun, gak akan naik kalau antar buruh masih suka senggal-senggol. Buktikan pada pemilik modal, bahwa buruh adalah elemen penting dalam berjalannya perusahaan. Enggak perlu iri-irian gaji, kalau gaji kamu tidak setara dengan kerja kamu, ajukan kenaikan, bangun argumen yang bagus. Kalau ada teman sesama buruh kamu yang kaya gitu, yah kamu bantu.

Buruh bersatu, akan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktifitas lebih meningkat, buruh lebih sejahtera. Cita-cita 8 jam kerja, 8 jam istirahat, 8 jam rekreasi dapat berjalan dengan suka cita. Pemilik modal pun happy karena produktifitas lancar, dan gak akan sungkan untuk membayar upah yang sesuai.


[size=3]https://www.cangkeman.net/2021/05/de...at-kalau.html[/size]
Diubah oleh zaeni96 01-05-2021 15:33
0
588
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.