• Beranda
  • ...
  • Semarang
  • Mau Borong Tumpi Dan Belajar Cara Pembuatannya? Mampir Ke Karangbolo, Semarang Yuk!

zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
Mau Borong Tumpi Dan Belajar Cara Pembuatannya? Mampir Ke Karangbolo, Semarang Yuk!





Menelusuri kota Semarang tepatnya wilayah Ungaran memang memang dikenal sebagai sentra UMKM yang menghasilkan aneka produk khas Semarang. Terutama kuliner khas lokal.

Salah satunya di dusun karangbolo yang merupakan sentra pengrajin rempeyek. Di sana para warga dengan senang hati menyediakan wisata edukasi cara pembuatan rempeyek.



Rempeyek atau peyek adalah sejenis makanan pelengkap dari kelompok gorengan. Secara umum, rempeyek adalah gorengan tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, diberi bumbu (terutama garam dan bawang putih), dan diberi bahan pengisi yang khas, biasanya biji kacang tanah atau kedelai. Peran tepung di sini adalah sebagai pengikat. Pengisi dapat juga bahan pangan hewani berukuran kecil, seperti ikan teri, ebi, udang kecil, jingking, atau laron. Saat ini orang juga membuat rempeyek dari daun bayam & kepiting.

Tumpi adalah semacam camilan yang sangat mirip dengan rempeyek. Rasanya gurih, teksturnya juga renyah. Kamu bisa makan tumpi sebagai camilan layaknya keripik atau sebagai lauk, untuk teman makan nasi. Tak heran jika banyak yang menyebut Tumpi sebagai rempeyek khas Semarang.

Tumpi adalah camilan berupa rempeyek dengan rasa gurih. Bisa disantap dengan makanan berat seperti nasi dan lauk atau dibuat camilan. Yang membedakan tumpi dengan rempeyek lain adalah penggunaan kacang hijau sebagai topping. Tumpi ini banyak dijual di sentra industri keripik Semarang, tepatnya di Maekeep peyek&tumpi khas Karangbolo daerah Karangbolo, Desa Larep, Ungarab Barat. Karena berupa kuliner kering, kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh. Nggak usah khawatir kalau mau beli banyak, karena per bungkusnya hanya sekitar Rp 11 ribu saja.

Lokasinya bisa dicatat ya! Jalan Abimanyu Raya Rt.1 Rw.7 ungaran
Kelurahan.Lerep, Ungaran Barat, Semarang. Bukanya tiap hari pukul 08.40-20.00.



Di toko ini Gansis bisa membeli aneka makanan ringan buat oleh-oleh seperti:

Tumpi Kacang Ijo
Tumpi Kacang Tanah
Tumpi Rebon
Tumpi Dele
Kripik Tempe
Mentari
Mie Goreng manis
Criping
Stik Keju
Krpik Bayem
Kripik Pare
Kripik Seledri









Dusun Karang Bolo, kec. Ungaran Barat memang melahirkan banyak UMKM yang punya kualitas dan kuantitas yang berbeda. Beda harga beda rasa, beda penampilan, beda Kemasan. Tapi tetap satu tujuan yaitu memperkenalkan Dusun Karang Bolo sebagai Sentra PEYEK.

Mari kita dukung UMKM lokal agar lebih berkembang dengan membeli produk dan ikut mempromosikannya.

Semoga bermanfaat.

Opini pribadi
Referensi: Wikipedia
Gambar: klik

abahaquarius
makola
mamaproduktif
mamaproduktif dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.8K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Semarang
SemarangKASKUS Official
2.5KThread1.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.