Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

WarBrainAvatar border
TS
WarBrain
Dalih Pihak Munarman: Mother of Satan Disamakan Pembersih Jamban
Jakarta - Eks markas FPI di Petamburan, Jakarta Barat digeledah Densus 88 buntut ditangkapnya eks Sekretaris Umum FPI, Munarman. Saat penggeledahan tersebut, Densus 88 menemukan bahan peledak jenis TATP. Belakangan pihak Munarman membantah hal tersebut dan menyebut yang ditemukan Densus 88 adalah cairan pembersih WC.
Penggeledahan tersebut dilakukan pihak kepolisian, pada Selasa (27/4) sekitar pukul 17.00 WIB. Selang 4 jam kemudian, pihak kepolisian membawa 3 buah kontainer.
Densus 88 sendiri menemukan sejumlah benda mencurigaan saat penggeledahan di eks Sekertariat FPI tersebut. Salah satunya yang ditemukan yakni bahan peledak TATP.
"Dalam penggeledahan kantor sekretariat ormas terlarang, ditemukan, pertama atribut ormas terlarang yang sudah dilarang pemerintah. Berapa atribut terlarang, beberapa dokumen yang akan didalami Densus 88," kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan di Polda Metro Jaya, Selasa (27/4/2021).
Polisi juga menemukan serbuk yang memiliki kandungan nitrat. Penemuan serbuk tersebut masih diselidiki oleh polisi.
"Kemudian beberapa tabung yang isinya adalah serbuk yang dimasukkan di dalam botol-botol yang serbuk tersebut mengandung nitrat yang sangat tinggi, jenis aseton dan itu juga akan didalami penyidik," katanya.

Pihak Munarman, yakni kuasa hukum, Aziz Yanuar membantah temuan Densus 88 tersebut. Dia mengatakan cairan yang ditemukan pihak kepolisian adalah cairan pembersih WC.

"Itu bahan pembersih WC infonya, untuk program bersih bersih wc masjid," kata eks pengacara FPI itu saat dimintai konfirmasi, Selasa (27/4/2021).

Lantas apakah TATP terkandung di dalam bahan pembersih WC?

Berdasarkan informasi dari jurnal Science Direct, TATP biasa dijuluki dengan mother of satan. triacetone triperoxide (TATP) adalah salah satu bahan peledak yang paling umum digunakan oleh kelompok teroris dan kriminal. Bahan kimia ini mudah disintesis dengan reagen yang dijual bebas. Selain itu, sulit untuk dideteksi karena tidak mengandung nitrogen.

Bahan-bahan ini juga kerap ditemukan dalam saat penggeledahan terduga teroris. Salah satunya saat penggeledahan jaringan JAD di Bekasi pada Mei 2019. TATP ini juga termasuk bahan yang dipakai dalam rangkaian bom gereja Surabaya pada tahun 2018.

Lantas, apakah pembersih WC mengandung TATP? Berdasarkan penelusuran detikcom pada sejumlah merek cairan pembersih WC atau porselen, tidak ada kandungan TATP dalam komposisinya. Sejumlah pembersih WC hanya mengandung bahan asam aktif asam klorida atau hydrochloric acid (HCL) yang berguna untuk melarutkan kerak kotoran.

https://news.detik.com/berita/d-5550...ersih-jamban/2

Menurut Ane, pembersih WC kan banyak dijual merk macem-macem kenapa bersihin pakai TATP. Mau ngledakin WC mampet kayanya.

Lantas apa itu TATP sih, dari penelusuran ane didapatkan:
The friction sensitivity of triacetone triperoxide (TATP) is 0.3 Nm (nitroglycerin has a friction sensitivity of 0.2 Nm), and its explosive power is close to that of TNT (trinitrotoluene). It is classified as a primary high explosive.

Nama asli TATP/ Nama menurut tata cara IUPAC adalah 3,3,6,6,9,9-hexamethyl-1,2,4,5,7,8-hexaoxonane
Discovered by Wolffenstein in 1895, but due to instability it was rarely applied until the 1980's ... Slightly less powerful explosive than TNT.

berikut histori penggunaan TATP juga

July 2005 London Bombings. Fifty-two people were killed and hundreds more injured in a series of coordinated attacks on the London transportation system on the morning of July 7, 2005. The attacks were carried out by four suicide bombers. Authorities had difficulty identifying the explosive used in the IEDs; they believe it was TATP on the basis of finding TATP in the London apartment of the biochemist arrested in Cairo in association with these bombings.

Sekian,

Semoga Indonesia kita Aman, dimasa pandemi saling membantu bukan saling menyakiti



bas4ra
PapayaPokpok
Makati2019
Makati2019 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.3K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.