• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Setelah Meriam Karbit, Masih Ada Pestol Patrom Dan Keriang Bandong

lamberianto.Avatar border
TS
lamberianto.
Setelah Meriam Karbit, Masih Ada Pestol Patrom Dan Keriang Bandong


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Quote:


Quote:

Quote:



Sebagai Salahsatu Anggota Pasukan Pantang Pulang Sebelum Maghrib,
Kesultanan Pontianak, D.I. Kalimantan Barat, berikut beberapa permainan kami
pada masa kecil dulu:




Meriam Karbit

Permainan ini dapat kita jumpai pada saat bulan puasa tiba. Biasanya dimainkan di awal bulan puasa hingga selepas Hari Raya Idul Fitri. Ada beberapa jenis meriam karbit, baik yang berukuran kecil hingga ukuran jumbo. Ada meriam karbit yang terbuat dari kayu atau bambu, adapula yang terbuat dari kaleng-kaleng. Untuk mengetahu lebih lanjut tentang permainan yang satu ini, dengan kerendahan hati saya mempersilahkan sudilah kiranya untuk mampir pada thread saya sebelumnya yang saya cantumkan  pada tautan berikut ini : Berbagai Macam Meriam Karbit, Mainan Masa Kecilku Dulu



Pestol Patrom

Mainan ini dibuat dengan sangat sederhana dari komponen atau bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain; potongan papan atau kayu, karet ban dalam sepeda atau  sepeda motor, dan potongan lidi/velg sepeda atau sepeda motor. Bahan-bahan yang sudah terkumpul tersebut kemudian dilakukan proses pembuatan, dirakit dan dibentuk sedapat mungkin menyerupai senpi atau pistol. {Karena mungkin kami lidah melayu, kami menyebutnya pestol}.
Selanjutnya dibutuhkan korek api yang berfungsi sebagai mesiu. Korek api ini diambil bagian pentolnya saja guna menciptakan bunyi letupan, dengan daya ledak yang sangat rendah, serta relatif aman jika dimainkan untuk anak-anak. 
Setelah pestol patrom berfungsi dan siap untuk digunakan, pada umumnya kami mainkan dengan sistem berkelompok atau secara beregu.  Jika tidak memungkinkan secara beregu, permainan ini bisa juga dimainkan secara individu, layaknya cowboy yang sedang berduel satu lawan satu. 
Sekilas tentang aturan main, setiap anggota pasukan yang sama jumlahnya bersembunyi dan jangan sampai terlihat oleh lawan. Jika ketahuan, nama kita akan disebutkan bersamaan dengan bunyi letupan pestol patrom di tangan lawan. Demikian terus-menerus hingga siapa yang terlebih dahulu selesai disebutkan nama anggota pasukannya maka tim tersebut adalah regu yang kalah. Sementara regu yang masih menyisakan personel pasukannya, maka dialah regu pemenang. 



Keriang Bandong

Pada awalnya permainan tradisional ini hanya berupa obor pada media kayu atau bambu. Namun pada perkembangannya permainan yang satu ini mengalami perubahan dari yang tadinya berbentuk tongkat lurus yang terdapat sumbu untuk menyapakan api di bagian atasnya, berubah menjadi berbagai macam bentuk mulai dari bentuk hewan, hingga pesawat antariksa. Keriang bandong terbuat dari bilah bambu atau lidi daun kelapa yang dibentuk berupa model yang diinginkan. Anak-anak kecil atau remaja yang bermain keriang bandong ini biasanya mengarak keriang bandongnya disekitar lingkungan rumah atau di dalam gang dimana mereka tinggal. Keriang bandong ini hanya dimainkan pada bulan suci Ramadhan saja. Permainan tradisional ini biasanyanya dimainkan mulai dari malam kedua puluh satu hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri. Budaya permainan keriang bandong di sebagian besar daerah di Kalimantan Barat hampir bersamaan dengan dimainkannya penerangan lampu obor, hanya saja di Kota Pontianak ditambah dengan penerangan lainnya. Keriang bandong dimaknakan untuk menunggu datangnya Malam istimewa malam kemuliaan di bulan Ramadhan yaitu malam Lailatul Qadar.

Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih kepada mas brader dan mbak sistah yang sudah mampir di thread ini. Tak lupa saya juga ingin mengucapkan "Selamat Menunaikan Ibadah Puasa", semoga di Bulan #RamadhanBerkah ini kita selalu dalam keadaan sehat wal afiat, amin.

Quote:



Diubah oleh lamberianto. 28-04-2021 02:39
wisudajuni
breast.milk
nomorelies
nomorelies dan 28 lainnya memberi reputasi
25
13.8K
500
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.