Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah Tempat-tempat Penting Bagi Manusia, tapi Banyak Merenggut Nyawa!

abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Inilah Tempat-tempat Penting Bagi Manusia, tapi Banyak Merenggut Nyawa!

Inilah tempat-tempat penting bagi manusia, tapi banyak merenggut nyawa!



Halo agan dan sista, selamat pagi. Udah lama banget ane gak nge-thread genre entertainment kayak gini sejak sekitar 2 bulan yang lalu. Yah maklum dunia nyata lebih sibuk, saking sibuknya sampai bikin bad mood buat nulis hehe. Tapi kali ini alhamdulillah udah berkurang, jadi bisa kembali menyalurkan hobi ke kaskus lagi.

Kemarin ane lagi ditempat umum, terus melihat beberapa fasilitas umum yang sudah pasti ada dan penting kegunaannya untuk manusia. Misalnya aja jalan raya. Manusia mana sih yang gak butuh jalan ya kan. Terus di zaman ini daerah mana sih yang gak butuh jalan raya dan beraspal. Minimal lagi berencana buat lah ya.

Nah kayak gitu tuh, ane mikir lagi. Kira-kira fasilitas umum yang digunakan manusia sehari-hari yang sangat penting itu bisa bikin celaka gak ya? Kalau ada, seberapa banyak kasusnya? Ya namanya hidup di dunia ini, dimanapun tempatnya, seaman apapun itu, pasti ada peluang kecelakaannya. Tak terkecuali tempat-tempat yang memberikan kemudahan untuk manusia tadi.

Makanya ane cari, gali, telusuri, dan akhirnya nemu nih beberapa tempat untuk mobilitas manusia, atau fasilitas untuk mempermudah manusia (penting), namun banyak juga merenggut nyawa. Apa saja itu? Berikut ane berikan beberapa tempat dan contohnyaLet's talk about it.

1. Jalan Raya


Jalan raya merupakan tempat yang penting bagi manusia sekaligus tempat yang sangat sering dilewati dan dikunjungi. Bahkan saking seringnya mungkin manusia lebih banyak di jalan raya daripada di WC hehe.

Fungsi utamanya tentu saja buat jalur mobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun dibalik pentingnya jalan raya sebagai penunjang hidup manusia, banyak kasus-kasus kecelakaan tingkat ringan sampai tingkat berat (maut) yang merenggut nyawa manusia itu sendiri.


Seperti kasus Kecelakaan maut selanjutnya dialami anak musisi kondang, Ahmad Dhani masih ingat yakni Abdul Qodir Jaelani atau yang akrab disapa Dul di Tol Jagorawi di kilometer 8 mengarah ke Pondok Indah pada Minggu, 8 September 2013 silam. Akibat kejadian itu, tujuh orang pun tewas dan sejumlah orang lainnya mengalami luka-luka.


Kecelakaan mengerikan selanjutnya terjadi di Jalan M Ridwan Rais, Gambir, Jakarta Pusat. Mobil Daihatsu Xenia yang dikendarai Afriyani Susanti pada Minggu, 22 Januari 2012 silam hilang kendali dan menabrak para pejalan kaki di kawasan Tugu Tani tersebut hingga membuat 9 orang meninggal dunia dan sejumlah orang lainnya luka-luka.

2. Rel kereta api


Tempat selanjutnya tentu saja rel kereta api. Bicara masalah kereta api, tentu saja moda transportasi yang sangat dibutuhkan dan sangat sering digunakan oleh manusia. Pentingnya peran kereta api tidak terlepas dari banyaknya kasus kecelakaan di rel kereta api itu sendiri.

Alasan utamanya karena rel itu berada atau sering melewati jalur jalan raya. Sehingga aktivitas manusia dominannya berada dekat dengan perlintasan rel kereta api. Kendati rel ini biasanya dipasang palang, namun masih banyak kecelakaan terjadi karena kecerobohan manusianya sendiri.

Seperti kasus tanggal 6 Desember 2015, kecelakaan di jalur kereta Jabodetabek lagi-lagi terjadi. KRL yang melintas di kawasan Angke, Tambora, Jakarta Barat, menghantam bus Metromini yang nekat menerobos perlintasan kereta. Korban tewas sebanyak 18 orang seluruhnya merupakan penumpang Metromini.


Sungguh tragedis kejadian ini terjadi karena Palang pintu kereta tidak full, hanya tiga perempat menutup jalan sehingga bus metromini menerobos palang pintu tersebut. Sungguh jadi bahan evaluasi setelah dampaknya miris ya.

3. Laut


Jalur laut ini ane masukin list tentu saja karena kasus yang akhir-akhir ini banyak terjadi kecelakaan moda transportasi di laut. Dan yang baru-baru ini terjadi adalah kapal selam KRI Nanggala 402 yang menjadi berita sangat aktual sekaligus mengiris hati.

Dibalik pentingnya laut sebagai jalur transportasi seperti kapal untuk memudahkan mobilitas manusia, laut juga tidak bisa ditebak. Bahkan karakternya cenderung misterius. Banyak menelan korban jiwa begitu saja tanpa kompromi. Misalnya yang sudah dikenal sejak dulu yaitu segitiga bermuda. Sekarang ada lagi kasus sebagai pengingat bahwa laut itu misterius, yaitu KRI Nanggala 402.


Kapal selam KRI Nanggala 402 merupakan kapal selam serang bermotor diesel-listrik tipe U-209 buatan Jerman, dipesan Indonesia tahun 1979 dan diserahkan kepada Indonesia Oktober 1981 di Jerman. Telah dinyatakan tenggelam dengan 53 prajurit TNI sebagai awaknya. Ini merujuk kesedihan mendalam bagi segenap hati rakyat indonesia.

4. Udara


Yang terakhir di udara. Siapa sangka kebutuhan manusia dalam hal transportasi udara kini sangatlah tinggi. Ya transportasi pesawat lah yang menempati udara ini sebagai transportasi untuk mobilitas manusia paling dibutuhkan.

Namun tak lepas juga sering terjadi kecelakaan pesawat. Meskipun kebanyakan tetap saja pesawat kecelakaannya saat di darat ataupun laut, ada juga kasus kecelakaan yang terjadi saat masih di udara. Seperti kecelakaan pesawat saat mengudara di Australia berikut.


Dua pesawat tabrakan saat mengudara di Melbourne, Australia, hingga menewaskan seluruh penumpang yang berjumlah empat orang, Rabu 02/2020. Koger mengatakan salah satu pesawat disebut baru saja lepas landas dari salah satu landasan pacu terdekat. Sementara itu, satu pesawat lainnya masih belum diketahui dari mana asal perjalanannya.

Jadi begitu ya thread ane tentang tempat-tempat penting bagi manusia tapi banyak merenggut nyawa. Semoga ini bisa membuat kita senantiasa berhati-hati dan selalu meminta perlindungan Tuhan ya gansis. Agan dan Sista ada yang punya pendapat lain, silahkan ditambahkan ya. Semoga bermanfaat, jangan lupa cendolnya gansis.

Sumber & referensi: Pemikiran pribadi dibantu google
@abdulqadirz©2021
ramadhan.idhan
Richy211
iissuwandi
iissuwandi dan 12 lainnya memberi reputasi
13
5.9K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.