adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Catcalling di Indonesia, Budaya atau Iseng?

Apa sih yang Agan & Sista tau tentang catcalling? Catcalling bisa dibilang pelecehan seksual yang masuk ke dalam kategori kekerasan psikis atau verbal. Kegiatan ini sebenarnya gak cuma dilakuin sama cowok aja, tapi pada prakteknya banyak juga cewek yang ngelakuin hal ini. Mungkin dua kaum ini ngelakuinnya tanpa sadar atau cuma karena dasar “iseng doang ah”. Tapi, yang terjadi sama korban dari catcalling adalah perasaan super gak nyaman dan gak aman. 


Photo By Womantalk.com

Maraknya hal ini terjadi kadang membuat perasaan resah dan takut buat bepergian sendirian. Padahal seperti yang kita tau, sebagai manusia kita gak boleh terlalu bergantung sama yang lainnya. Emang sih sebagai makhluk sosial kita gak mungkin tidur sendiri, tapi gak mungkin juga terlalu berpegang dengan orang lain. Perasaan takut ini lah yang lantas bikin orang jadi takut buat berkembang.

Kalau para Agan & Sista sering menjadi korban catcalling di malam hari, ternyata di siang hari juga banyak loh fenomena ini. Nah, sebenernya catcalling itu bisa dalam bentuk apa sih? Menurut ane sendiri, standar setiap orang itu beda-beda. Pasti ada aja cewek yang diliatin udah merasa gak nyaman, cowok dibilang ganteng atau dipanggil-panggil depan umum, cewek yang bahkan pakai pakaian tertutup tapi tetep digoda-godain, dan masih banyak lagi bentuknya.

Kita gak bisa menyamaratakan apa yang orang lain rasain sama apa yang kita rasain. Kalau temen kita ngerasain hal ini dan pandangan kalian itu hal yang biasa aja, bukan berarti temen kalian ini salah dan kalian bener. Pengalaman dan rasa takut orang pasti beda-beda dan apa yang ada di pikiran kita pasti beda. 

Yang ane paling heran adalah kadang pelaku catcalling masih nyalahin korban dengan dalih “Lah, siapa suruh baju kebuka” “Hah? Apaansi lebay banget gue kan cuma iseng. Geer lo” dan masih banyak lagi kata-kata buat ngehindar dan bikin image bahwa mereka emang gak salah dan MEMANIPULASI korban bikin mereka mikir itu salah mereka.

“Mungkin bener kali ya baju gue terlalu terbuka” “Aduh, kayaknya gue aja yang geer mungkin dia gak godain gue” padahal di kenyataannya gak ada yang salah loh kalo kalian ngerasa itu ganggu dan jadi beban, boleh banget negur orang yang melakukan catcalling ke kalian. Tanpa Agan & Sista sadarin, kadang kelakuan ini toxic dan bentuk gak ngehargain sesama manusia dengan privasi mereka.

Pasti ada orang yang lebih suka jalan-jalan atau ngelakuin sesuatu sendirian atau bahkan mungkin mereka cuma mau ngelakuin yang namanya me time. Me time ini sendiri bisa jadi tempat berpikir dan healing buat tiap individu tapi kalau diganggu sama orang-orang iseng yang bikin gak nyaman ini aduh malah ganggu banget! Tau gak sih kalau orang lagi sendirian itu kadang lagi mikirin hal yang emang mau mereka pikirin sendiri. Dengan manggil atau godain itu udah salah satu sikap ngerusak mood orang lain.


Photo By Kompasiana.com

Lucunya adalah nyaris semua aktivitas yang dilakuin sendiri rawan banget jadi korban. Mulai dari naik transportasi umum sendirian, jalan di tempat ramai sendirian, makan sendirian, atau bahkan olahraga sendirian. Paling gak enak banget ketika kita lagi lari atau sepeda di tempat umum, malah jadi bahan godaan orang lain terutama cewek yang lagi olahraga. Diganggu pas lagi fokus sama kegiatan yang kita suka rasanya risih dan ngilangin fokus. 

Penampilan menarik dari cewek atau cowok yang ditemuin di jalan atau tempat umum ada baiknya dikagumin dari jauh aja, Gan & Sist. Karena kita sebagai individu gak tau apa yang dia rasain hari itu dan kalau diganggu, walaupun cuma sekedar dipanggil tanpa ada tindakan apa-apa. 

Budaya atau iseng, ane sendiri nyimpulin ini udah jadi budaya karena dilakuin terus menerus. Setiap kaum cewek atau cowok yang ngeliat orang lain ngelakuin hal ini pasti ngerasa kalo ini cuma sepele dan boleh dilakuin, tapi sebenernya ini ganggu privasi orang lain. Jangan cuma karena dasar iseng, malah ngerugiin orang yang bahkan kita gak kenal.



Photo By Today.line.me

Kadang orang jadi bingung gimana harus berpakaian atau sekedar berpenampilan. Cewek yang udah pakai hijab dan baju tertutup aja gak lepas dari korban catcalling. Hal itu ngebuktiin nih Gan & Sist kalo sebenernya bukan salah individu seperti apa mereka mau berpakaian karena balik lagi itu adalah hak mereka. Yang penting adalah gimana kita menjaga diri supaya gak ngerugiin orang lain.

Kalau para Agan & Sista sendiri gimana? Pernah jadi korban catcalling atau cerita menarik? Boleh banget buat diceritain di bawah biar jadi pelajaran buat yang lain juga.


aygilagility
Daniswara92
toinxx08
toinxx08 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
9.2K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.