Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

momok2002Avatar border
TS
momok2002
Tradisi Kenduren Apem Saat Bulan Puasa
Tradisi Kenduren Apem Saat Bulan Puasa

Halo gan sista, bagi yang muslim masih puasakan?
semoga kita diberi kesehatan ya agar dapat menyelesaikan puasa sebulan penuh, semoga ketemu lagi ramadhan tahun depan. Nah, seperti mimin arahkan, ane akan menceritakan tradisi di kampung kelahiran ane yaitu kenduren atau sering juga di sebut kondangan kalau anak kecil bilangnya amin aminan, karena pada hakikatnya tradisi itu untuk menjalin silaturahmi antar warga agar rukun, didalamnya ada doa bersama agar selamat dan doa agar puasanya bulat, berisi tidak bolong-bolong, tentunya mintanya kepada Allah.

Tradisi Kenduren Apem Saat Bulan Puasa
Sumber gambar apem : [url]https://resepdapur88.S E N S O R1577-cara-mudah-untuk-memasak-apem-jawa-yang-nikmat.html[/url]

Cara unik untuk memanggil warga sekitar pertanda dimulainya kenduren adalah dengan memukul 'kenthongan' alat komunikasi tradisional jaman dulu, yang biasanya untuk ronda malam. Acara kenduren sebenarnya tidak hanya kenduren apem saja selama bulan ramadhan, seingat ane di malam pertama, malam 17, sama sore menjelang takbiran atau subuh sebelum subuh di hari raya Idul Fitri, sore saat buka sebelum takbiran sama awal puasa kenduren apen seingat ane, sedangkan pertengahan dan menjelang subuh dihari raya kenduren nasi dengan lauk khas daerah ane yang familiar adalah sayur cabai kenthang alias jangan lombok yang ada rambak nya juga rempeyek kacang atau kedelai.

Tradisi Kenduren Apem Saat Bulan Puasa
Sumber Gambar : https://www.google.com/amp/s/timlo.n...kentongan/amp/

Mengenai simbolisme atau filosofi apem sendiri dalam acara kenduren, jika kita menengok sejarah penyebaran Islam dimana para wali menyebarkan Islam lewat budaya salah satunya kenduren ini. Terkadang apem yang di buat didalam nya terdapat uang koin yang menyimbolkan pengingat agar sungguh sungguh dalam puasanya agar ada isi nya atau agar puasanya berisi / bernilai. Sedangkan apem menyimbolkan sebagai pengingat agar niat kita bulat sehingga penuh bulat 1 bulan, tanpa bolong, dan niat tetap mohon kepada Allah bukan kepada yang lain.
Tradisi Kenduren Apem Saat Bulan Puasa
Sumber gambar : [url]https://klaten.soroS E N S O Rberita-5854-warga-lestarikan-tradisi-kenduri-apem-jelang-tarawih-perdana.html[/url]
Namun sayang dua puasa ini dan tahun lalu sepertinya acara kenduri ditiadakan karena menyesuaikan himbauan pemerintah untuk tidak berkerumun sebagai upaya mencegah penyebaran corona virus. Namun puasa harus tetap jalan dong.

Bagaimana di daerah agan dan sista, dimasa pandemic ini apa masih melaksanakan tradisi seperti biasa atau ditiadakan, jika masih tentu seauai protokol kesehatan dong.
#RamadanBerkah
Sumber :
Pengalaman pribadi
Cerita orang tua
Diubah oleh momok2002 18-04-2021 21:27
0
347
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.