News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
132
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608416f8448e2c501842562c/muhammadiyah-usul-toa-masjid-hanya-untuk-azan-ikamah
Jakarta - Artis Zaskia Adya Mecca memprotes cara membangunkan sahur dengan teriakan melalui Toa masjid. PP Muhammadiyah mengusulkan agar Toa masjid hanya digunakan untuk azan dan ikamah (panggilan segera berdiri untuk salat). "Toa masjid harus ada aturan penggunaannya. Supaya tidak mengganggu masyarakat sekitar, cukup azan dan ikamah saja," kata Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad saat d
Lapor Hansip
24-04-2021 20:02

Muhammadiyah Usul Toa Masjid Hanya untuk Azan-Ikamah

Quote:

Jakarta - Artis Zaskia Adya Mecca memprotes cara membangunkan sahur dengan teriakan melalui Toa masjid. PP Muhammadiyah mengusulkan agar Toa masjid hanya digunakan untuk azan dan ikamah (panggilan segera berdiri untuk salat).
"Toa masjid harus ada aturan penggunaannya. Supaya tidak mengganggu masyarakat sekitar, cukup azan dan ikamah saja," kata Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad saat dihubungi, Jumat (23/4/2021).


Dadang mengatakan sebetulnya tidak ada masalah menggunakan Toa masjid untuk memberitahukan waktu sahur. Namun, dia menegaskan, pemberitahuan itu tidak disampaikan terus-menerus sehingga mengganggu masyarakat.

"Ya mungkin bisa pakai Toa masjid hanya memberitahukan waktunya sahur, cukup satu atau dua kalimat saja, tidak terus-terusan sehingga mengganggu keheningan orang yang sedang salat malam, munajat, atau anak bayi yang sedang tidur, supaya tidak mengganggu ibunya menyiapkan makan sahur keluarga," ucapnya.

Lebih lanjut Dadang juga menyarankan agar masyarakat tidak saling membangunkan sahur jika dalam lingkungannya yang masyarakatnya heterogen atau beragam agama. Sementara itu, jika dalam masyarakat homogen muslim, kata dia, tidak ada masalah penggunaan Toa untuk memberitahukan waktu sahur.

"Bagi daerah perkotaan yang heterogen berbagai umat tidak usah ada membangunkan sahur karena semua orang punya alarm jam, baik yang ada di HP maupun di weker. Bagi yang daerah homogen kaum muslim saja boleh pake Toa, tapi hanya sekali, tidak terus-menerus," ujarnya.


Sebelumnya, dalam video yang diunggah di Instagram seperti dilihat Jumat (23/4/2021), Zaskia Adya Mecca bertanya-tanya model membangunkan sahur dengan berteriak di Toa masjid. Dia bingung kalau cara itu disebut tengah jadi hits alias tren.

"Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak mengganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?!" tulis Zaskia Adya Mecca.


https://news.detik.com/berita/d-5544...263.1617901736


Bikin juga spesifikasinya minimal pake JBL, biar agak merdu didengar emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Muhammadiyah Usul Toa Masjid Hanya untuk Azan-Ikamah
25-04-2021 13:15
isu anget tai kucing doang emoticon-Stick Out Tongue
dulu DMI bareng mantan wapres jg usulin begini tapi mana follow up nya emoticon-Ngakak
0 0
0
Muhammadiyah Usul Toa Masjid Hanya untuk Azan-Ikamah
25-04-2021 17:39
Toa dipakai supaya yg jauh dengar dan ingat shalat.. bagus sih niat nya

Cuma yg dekat dipikirin juga napa kalau yg jauh aja bisa ampe denger apalagi yg deket pengang dah tuh telinga emoticon-Ngakak
0 0
0
Muhammadiyah Usul Toa Masjid Hanya untuk Azan-Ikamah
25-04-2021 21:58
Emang harus dibatasi tuh toa...
Kali did depok hampir tiap hari dipake buat minta sumbangan bangun mesjid. Jadinya polusi suara
0 0
0
Muhammadiyah Usul Toa Masjid Hanya untuk Azan-Ikamah
26-04-2021 06:35
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Sudah diatur kok di SE Dirjen Bimas Islam dari jaman mbah harto.

Cuman penegakkan di lapangnya memble. Padahal kalo diikuti akan jauh lebih baik & tertib.

emoticon-linux2
0 0
0
Muhammadiyah Usul Toa Masjid Hanya untuk Azan-Ikamah
26-04-2021 06:45
Non muslim harap diam berjamaah, ini urusan internal kami. emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia