Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andretarinaAvatar border
TS
andretarina
Mesir Kuno hingga Inggris Modern, Ini Sejarah Unik Kemunculan Polisi di Dunia

emoticon-Ngacir Welcome di thread sederhana ane gansis emoticon-Ngacir
emoticon-Malu (S) Enjoy reading and have a good time emoticon-Malu (S)




Kepolisian atau Polisi, merupakan salah satu instusi penting yang telah hadir hampir di setiap negara yang ada di dunia. Kehadirannya yang penting ini pun tidak lepas dari sejarah panjang kemunculannya yang telah ada bahkan sejak zaman Mesir kuno.


Dari bentuk kepolisian yang primitif dengan anggotanya yang berasal dari prajurit bayaran di jaman kerajaan Spanyol, hingga kehadiran polisi modern di Inggris dengan penggunaan senjata dan pakaian dinas resminya.

Penasaran dengan sejarah unik instusi satu ini

keep reading below ya gansis

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)





1. Polisi Mesir kuno bertugas dibantu oleh monyet hingga anjing




Dalam sejarahnya, Mesir kuno pada saat itu, telah memiliki satuan tugas keamaan khusus yang disebut sebagai “Medjay” – layaknya polisi – yang bertugas untuk menjaga keamanan di pasar terbuka, perbatasan, hingga istana kerajaan.

Tidak hanya memiiki senjata yang mendukung, seperti pentungan hingga tongkat, para anggota penjaga keamanan ini bahkan telah menggunakan hewan tertentu untuk membantu mereka menjalankan tugas, yaitu dengan menggunakan monyet hingga anjing terlatih untuk mengejar pencuri.



2. Kepolisian pertama di Spanyol, beranggotakan tentara bayaran



Dalam catatan sejarahnya, tugas penegakan hukum (secara kepolisian) pertama kali diserahkan kepada warga negara dengan imbalan tertentu. Hal ini dapat dilihat dari negara Spanyol yang pada akhir 1400-an telah memiliki pasukan polisi yang terorganisir.

Uniknya, dikarenakan belum resmi, anggotanya saat itu hanya terdiri dari tentara bayaran yang dibayar khusus oleh Raja. Sementara itu, baik Inggris dan Prancis mulai memiliki polisi versi primitifnya masing-masing sejak Abad Pertengahan.




3. Kekaisaran Roma dengan pasukan pemadam kebarakan atau Damkar



Roma dikenal sebagai salah satu kerajaan kuno dengan kekuatan militer yang cukup maju di masanya. Salah satu kemajuan tersebut dapat dilihat dari catatan sejarah tentang kelompok yang disebut sebagai Vigiles.

Vigiles adalah kelompok orang-orang terlatih yang sangat terorganisir dan dibayar. Sementara kelompok Vigiles ini berfungsi terutama sebagai petugas pemadam, nyatanya mereka juga memiliki fungsi layaknya polisi masa kini, seperti menangani gangguan perdamaian, mengejar pencuri, dan menjaga bangunan.



4. Kehadiran Anglo-Saxon memperkenalkan polisi pertama di Eropa.




Pada Abad Pertengahan di Eropa, berbagai perseteruan antara penuduh dan terdawa biasanya berakhir di antara dua hal, saling baku hantam hingga bonyok, atau melalui peradilan sederhana yang menghukum terdakwa untuk membayar kepada keluarga korban.

Namun hal tersebut berubah sejak kehadiran peradaban Anglo-Saxon di tanah Eropa. Peradaban tersebut memperkenalkan konsep “Polisi” yang saat itu diterjemahkan sebagai seorang petugas kota yang mencegah dan menghukum kasus pidana tertentu, merawat desa, dan menjaga kedamaian.

Uniknya, walaupun tanpa bayaran konsep polisi kuno ini terus berlanjut hingga memasuki abad ke-19.



5. Abad ke-19 Prancis memiliki Polisi dengan seragam resmi pertama.



Setelah melalui pergolakan Revolusi Prancis di banyak kota, pasukan polisi sipil kecil di Paris resmi diorganisir kembali oleh Napoleon I. Berbagai kesatuan Polisi pun dibentuk hampir di semua kota di Prancis.

Tiga puluh tahun berlalu, polisi berseragam resmi - dengan dominan warna bitu - pertama pun muncul di Paris ketika Sergent de ville atau sersan kota ditunjuk sebagai pengawas pada saat itu.



6. London, 1829 kehadiran becak motor dan gaji penunjang kinerja Polisi



Beberapa bulan setelah Prancis memperkenalkan polisi berseragam, Inggris, yang tengah menangani serangkaian kejahatan dan cukup kerepotan karena masih menggunakan pasukan penjaga sukarela mulai mengambil langkah serupa dengan Prancis.

Undang-Undang Polisi Metropolitan pun resmi dibuat, dan ditandatangani pada September 1829. UU ini secara resmi memperkenalkan konsep polisi sipil yang dibayar, terorganisir, - didukung oleh kehadiran becak motor – yang kemudian bertugas tidak hanya untuk menghukum kejahatan, tetapi juga untuk mencegahnya.

Dengan berseragam biru – bukannya merah militer – para polisi di Inggris ini pun berusaha bertugas dengan baik menggunakan senjata berupa pentungan kayu, dan peluit hingga mereka dijuluki sebagai “Bobbies”.



7. Penggunaan seragam serupa menular hingga ke Amerika



Sukes dengan keberhasilan Polisi di London Inggris menyebabkan kemunculan pasukan polisi serupa di berbagai di kota di Amerika.

Namun uniknya, pada saat itu, pasukan polisi ini menolak untuk mengenakan seragam, karena munculnya ejekan dai publik. Hal tersebut berubah setelah keluarnya mandat NYPD pada tahun 1854 yang mengharuskan polisi di Amerika untuk mengenakan seragam.



8. Sheriff yang menolak aturan penggunaan seragam




Berbeda dengan kepolisian di daerah kota, Sheriff di daerah pedesaan AS tetap kekeuh menolak untuk berseragam dengan seragam biru layaknya para polisi pada umumnya. Para Sheriff ini bahkan lebih memilih untuk hanya mengenakan lencana di atas pakaian mereka.

Bukan tanpa alasan hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membina hubungan dengan anggota komunitas yang ada. Kebiasaan unik ini pun terus berlangsung setidaknya hingga tahun 1955.



9. Akhir 80’an polisi mulai menggunakan setelan jas



Gansis tentu sering melihat adegan film ikonik dimana seorang polisi muncul dengan menggunakan seragam berupa blazer atau jas hitam layanya Men In Black, well faktanya hal tersebut memiliki sejarah tersendiri.

Hal tersebut berawal dari seringkalinya polisi AS dihadapkan dengan pergolakan sosial berupa unjuk rasa yang sangat besar dan reaksi keras masyarakat terhadap kehadiran polisi. Hal ini pun berujung pada diminimalkannya penggunaan seragam resmi.

Sebagai gantinya Pada tahun 1968 dan 1969, polisi di Menlo Park, California, menukar seragam biru laut mereka dengan blazer hijau hutan, celana panjang hitam, kemeja putih, dan senjata yang disimpan di bawah mantel. Para polisi ini juga diminta untuk melepas topi mereka saat berpatroli, melepas kacamata hitam, dan melakukan kontak mata dengan para masyarakat.



10. Polisi modern : Penuh tugas lokal dan konsisten menggunakan seragam



Ketika pasukan polisi mulai melakukan modernisasi, kesatuan ini mulai memiliki lebih banyak misi dan pakaian beragam.

Sebagai contoh, pasukan polisi sipil Eropa sekarang menjadi penegak hukum lokal, dan lebih memilih menyerahkan tugas besar kepada unit militer, atau polisi federal.

Sementara itu, di negara berkembang, atau negara yang berperang, pasukan polisi dapat mengambil peran yang lebih keras, dan gelap dengan berbagai bentuk penegakan hukum yang gansis tau sendiri seperti apa.

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)





Nah, gimana nih? semoga jadi wawasan baru yak, bagi yang memang baru tau, dan doa kita bersama, semoga penegakan keadilan di negara tercinta kita ini semakin baik ke depannya yak

Amiinnn 

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

Btw, sekian thread dari ane kali ini, thanks buat yang sudah mampir dimari yak, jangan lupa tinggalkan jejak berupa commentshare, dan saling berbagi cendols

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)

Last but not least, stay tune for another thread yak


Byeee ~

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2



Sumber : Disini | Narasi : Pribadi | Sumber Gambar : Google Images

Copyright © 2015 - 2021 Andretarina
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS



Baca juga HT menarik lainnya di bawah ini yak

Ngeri, Deretan 5 Tokoh Sejarah dengan Balas Dendam Paling Manis yang Pernah Ada 
Medal of Honor, Sebuah Penghargaan Tertinggi dan Kisah Heroik para Pemiliknya. 
Pasti Kamu Tidak Sadar, 5 Animasi Pixar Ini Punya Detail Luar Biasa 
5 Kisah Terlupakan di Perang Dunia II Yang Cukup Seru Untuk Dijadikan Film. 
Bikin Ngilu, Potret Historis Para Pekerja Bangunan Di Masa Lalu, Gak Ada Takutnya. 
Athena hingga Jakarta, berikut penampakan “makanan rumah sakit” dari seluruh dunia. 




Diubah oleh andretarina 17-04-2021 08:44
amdar07
Daniswara92
yugeel
yugeel dan 24 lainnya memberi reputasi
23
4.8K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.