Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rizaradriAvatar border
TS
rizaradri
Kapal Udara alias Zeppelin
Kapal Udara alias Zeppelin

Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam kepada agan dan sista semua. Hari ini ane akan membahas sedikit tentang kapal udara (airship) atau lebih dikenal sebagai zeppelin.

Kapal udara atau zeppelin adalah salah satu alat transportasi udara yang lebih ringan dari udara selain balon. Lebih ringan dari udara? Yap karena yang membuat zeppelin terbang adalah balon raksasa yang diisi dengan gas hidrogen atau helium yang lebih ringan daripada udara disekitarnya.

Selain itu zeppelin dapat dikendalikan seperti pesawat terbang, ini berbeda dengan balon udara biasa. Balon udara tidak dapat dikendalikan sehingga bergantung kepada arah hembusan angin.

Zeppelin diciptakan oleh Count Ferdinand von Zeppelin seorang bangsawan dari Jerman.

Spoiler for Count Ferdinand von Zeppelin:


Beliau memiliki visi yaitu menciptakan sebuah mesin terbang untuk keperluan observasi militer. Dan pada masa Perang Dunia 1 zeppelin cukup marak digunakan sebagai kendaraan observasi dan kemudian menjadi kendaraan pembawa bom untuk menyerang kota seperti London.

Setelah Perang Dunia 1 usai zeppelin beralih fungsi menjadi salah satu moda transportasi untuk menyebrangi Samudra Atlantik. Zeppelin memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada kapal pesiar dan terbang lebih jauh daripada pesawat terbang.

Salah satu zeppelin yang cukup terkenal adalah LZ129 Hindenburg.

Spoiler for LZ129 Hindenburg:


Zeppelin terbesar yang pernah di buat. Namun nasib zeppelin ini berakhir dengan tragis. Hindenburg meledak di udara ketika akan mendarat di New Jersey, Amerika Serikat.

Spoiler for Hindenburg Disaster:


Tragedi ini menyebabkan zeppelin tidak lagi digunakan sebagai moda transportasi. Dan seiring berkembangnya zaman digantikan oleh pesawat terbang.

Zeppelin terdiri dari beberapa jenis yaitu rigid, semi-rigid dan non-rigid.

Zeppelin rigid (rigid airship) adalah zeppelin yang memiliki kerangka yang terbuat dari logam atau kayu yang memberikan dan mempertahankan bentuk yang aerodinamis.

Berikut ini adalah beberapa contoh zeppelin rigid

Spoiler for Rigid airship:


Zeppelin semi-rigid (semi-rigid airship) adalah zeppelin yang memiliki kerangka namun hanya sebagian saja. Atau dengan kata lain adalah gabungan dari jenis rigid dan non-rigid

Zeppelin yang menggunakan desain ini adalah Zeppelin NT (NT adalah singkatan dari New Technology) buatan Jerman.

Spoiler for Zeppelin NT:


Dan jenis yang terakhir adalah zeppelin non-rigid (non-rigid airship) atau lebih dikenal dengan nama blimp. Blimp adalah zeppelin yang tidak memiliki kerangka didalamnya. Artinya bentuk aerodinamisnya hanya didapat ketika balon diisi dengan hidrogen atau helium. Jika balonnya bocor maka akan kehilangan bentuk aerodinamisnya.

Blimp yang cukup terkenal adalah blimp seri GZ buatan Goodyear.

Spoiler for Goodyear Blimp:


Walaupun kini zeppelin tidak lagi digunakan sebagai moda transportasi. Tapi zeppelin tetap digunakan untuk kepentingan fotografi, siaran live dari udara seperti untuk Nascar dan periklanan.

Bicara tentang iklan, di Indonesia ada satu blimp yang bikin bernostalgia yaitu blimp seri GZ dengan registrasi PK-ZEM yang digunakan oleh PT. Djarum untuk mengiklankan rokok Djarum Super Mezzo.

Spoiler for Zeppelin Mezzo:


Sedikit cerita. Ane pernah melihat "Zeppelin Mezzo" terbang mengitari kota Bandung. Waktu itu usia ane masih 5 atau 6 tahun. Walaupun sering terbang jauh sehingga hanya terlihat seperti titik berwarna merah dan putih di atas cakrawala. Pada suatu hari blimp ini pernah melintas tepat diatas rumah ane. Ane kaget karena ukurannya besar dan suara mesinnya yang tidak biasa. Sampe sekarang ane bermimpi suatu saat akan punya blimp hehehe.

Anyway sekian dari ane, mohon maaf apabila ada kekurangan. And see you later.

Referensi: Wikipedia


c4punk1950...
aloha.duarr
fachri15
fachri15 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4.4K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.