• Beranda
  • ...
  • Beauty
  • Hoaks Atau Fakta Banyak Kandungan Haram Pada Kosmetik?

adindaptrarn
TS
adindaptrarn
Hoaks Atau Fakta Banyak Kandungan Haram Pada Kosmetik?

Penggunaan kosmetik udah menjadi salah satu langkah wajib bagi sebagian perempuan. Emang sih ada beberapa yang menganggap pakai makeup ini gak penting-penting amat dan bisa selalu bareface. Gak dipungkiri juga ada kok kaum hawa yang suka banget sama makeup dan menganggap makeup ini keharusan atau sebuah hobi atau bahkan sebuah pekerjaan. Sekitar 5 tahun terakhir, emang banyak banget muncul beauty influencer ala Indonesia.




Photo by cottonbro  from Pexels



Bermula dari blog tentang kosmetik atau tutorial makeup, mereka mulai merambah ke youtube dan platform media sosial lainnya. Dengan adanya para influencer yang menguasai dunia kecantikan ini, maka produk kosmetik pun makin dikenal oleh berbagai kalangan. Mulai dari para pelajar, pekerja, ibu rumah tangga, dan masih banyak lagi lainnya. Meluasnya pengguna kosmetik, juga menjadi ajang para pebisnis nih sist buat bikin produk makeup baru atau sekedar mengimpor produk makeup luar ke Indonesia.



Akhirnya jenis-jenis kosmetik mulai bermunculan dari yang dulu mungkin skincare sehari-hari cuma pakai pelembab aja sekarang udah muncul serum, essence, toner, dsb. Atau yang dulu kalau makeup cuma 5 produk aja, sekarang udah bisa jadi 8. Tanpa disadarin trend ini berjalan terus dan makin berkembang tiap harinya. Siapa nih dari para Sista yang ngerasain banget perbedaannya?



Satu hal yang biasanya kurang diperhatiin sama para sista terutama yang beragama islam adalah kandungan yang ada dalam produk. Selain kecocokan zat yang ada pada produk skincare atau makeup, tetapi juga kehalalan yang ada. Banyak banget brand kosmetik yang mengklaim kalau mereka dapet sertifikasi halal, tapi sebenernya apa sih perbedaan dari brand yang udah punya sertifikasi halal dan belum? 



Perbedaannya ada di kandungan dari zat yang dipakai nih, sist. Mungkin untuk kulit gak terlalu ngaruh ya tapi sebenarnya ada beberapa zat yang ternyata gak halal. Setelah ane nyari tau ternyata ada beberapa zat yang marak ada di beberapa produk. Alkohol Lanolin menjadi salah satu zat yang kehalalannya masih dipertanyakan tapi penggunaannya masih banyak. Ternyata fakta yang beredar di masyarakat, bahwa tidak semua alkohol haram loh sist buat dipakai di kosmetik tapi kebalikannya juga kalau gak semuanya halal dipakai.



Beberapa jenis alkohol yang haram ini biasanya terdapat dari Khamar yaitu jenis yang memabukkan. Jika di kosmetik atau produk kulit kalian terdapat etanol dan metanol, gak diragukan lagi kalau itu haram. Haram sendiri bukan berarti berbahaya buat dipakai ya, lebih kepada prinsip masing-masing Sista tentang produk yang tidak dikonsumsi tapi digunakan tubuh. Apakah sista tetap mau pakai yang haram / nggak!




Photo by Emma Bauso  from Pexels

Asam Oleat menjadi salah satu zat yang banyak dipakai dalam berbagai jenis produk kecantikan, mulai dari pasta gigi, krim wajah dan sabun. Zat ini termasuk haram karena biasanya mengandung lemak babi loh, sist. Jadi perlu diwaspadai nih. Selain Asam Oleat, Gelatin juga jadi salah satu jenis yang mengandung babi dikarenakan ini mengandung rebusan tulang belulang Babi dan pastinya haram.



Salah satu kandungan yang mayoritas ada di shampoo adalah Keratin. Zat keratin tidak semuanya haram melainkan terdapat yang halal jika dibuat dari tumbuh-tumbuhan. Tetapi, terdapat pro dan kontra kalau Keratin yang dimaksud dibuat dari tubuh binatang. Kolagen bukan menjadi barang yang langka lagi dicari, bahkan banyak banget brand yang mengatakan dengan lantang kalau produk mereka mengandung kolagen untuk kulit. Biasanya kolagen ini berasal dari hewan, jika kita tidak diberi tau hewan apa dan bagaimana cara penyembelihan hewan tersebut, maka patut dipertanyakan.



Jika hewannya halal seperti sapi atau kambing tetapi cara penyembelihannya salah, berarti termasuk haram. Dan jika hewannya memang sudah masuk ke golongan hewan haram maka akan tetap haram. Di antara para sista siapa yang punya kulit kering dan pakai produk untuk melembabkan? Untuk melembabkan, biasanya memerlukan penggunaan lemak. Karena kita gak dikasih tau lemak apa yang digunain jadi harus hati-hati nih, sist.



Dari beberapa informasi yang ane dapetin di atas, emang ternyata gak semua zat atau kandungan yang ada di produk kosmetik itu halal bagi yang beragama islam. Untuk para wanita muslim yang memperhatikan banget tentang halal dan haram, mungkin bisa dinotes beberapa jenis zat yang tadi ane sebutin ya. Siapa tau ada zat lain yang sista tau dan haram, boleh langsung dibagiin sama temen-temen Sista lainnya nih! Biar makin pasti. Terima kasih!

kudanil.laaygilagilityyugeel
yugeel dan 5 lainnya memberi reputasi
4
1.8K
19
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beauty
Beauty
icon
5.2KThread6.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.