biohazard89Avatar border
TS
biohazard89
Lalampa, Lemper Manado Pengganti Lontong yang Cocok Dijadikan Takjil, Kenyangnya Pas
Lalampa adalah kuliner khas dari Kota Manado, Sulawesi Utara. Kalau umumnya lemper diolah dari beras ketan yang dikukus lalu diberi isian ayam suwir, maka lalampa yang isinya adalah ikan cakalang/tongkol ini tak hanya dikukus, namun juga dibakar.

Teknik grilling menjadikan lalampa lebih terasa sedap, ditambah aromanya yang wangi, membuat siapapun mendadak lapar. Aroma daun pisang yang meresap ke dalam dari proses pembakaran inilah yang membuat sajian ini terasa nikmat dan istimewa.


Bagi yang penasaran, kita bisa membuat lalampa di rumah loh, terutama di bulan puasa seperti sekarang. Lalampa sangat cocok dijadikan takjil untuk berbuka puasa bersama keluarga dan kerabat.


Seluruh Bahan yang Dibutuhkan


Bahan utama:

1 sdt garam

1/2 kg beras ketan

2 lembar daun pandan, ikat simpul

250 ml santan


Bahan isi:

2 lembar daun pandan

300 gr daging ikan cakalang/tongkol

5 lembar daun jeruk

2 cm jahe

1 batang serai

50 gr daun kemangi

1 buah tomat, potong dadu kecil

250 ml santan

Minyak goreng secukupnya


Bumbu halus:

5 buah cabai merah

8 butir bawang merah

3 siung bawang putih

3 butir kemiri

Garam secukupnya

Gula secukupnya


Bahan pembungkus:

Daun pisang, lap dengan kain bersih

Lidi penyemat



Cara Membuat Lalampa


1. Cuci bersih beras ketan, tiriskan. Panaskan air dalam dandang hingga mendidih. Masukkan beras ketan ke dalamnya, kukus hingga ketan setengah matang (10 menit), angkat, pindahkan ke dalam mangkuk/panci.

2. Campur santan, garam dan daun pandan dalam panci, lalu rebus hingga panas (tidak perlu mendidih). Tuang santan ke dalam ketan aron, aduk rata. Biarkan hingga santan terserap habis oleh ketan.

3. Panaskan kembali dandang hingga airnya mendidih. Kukus ketan aron hingga matang (± 30 menit). Sementara itu buat adonan isi.

4. Kukus ikan cakalang/tongkol hingga matang, angkat. Biarkan hingga agak dingin, suwir-suwir ikan. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ikan dan daun kemangi, aduk dan masak hingga daun kemangi layu, angkat.

5. Ambil satu lembar daun pisang, taruh 4 sdm ketan di atas daun pisang, ratakan. Taruh 1 sdm adonan isi di atasnya, kemudian gulung padat, semat ke dua ujungnya dengan lidi.

6. Panaskan pemanggang di atas bara api/kompor dengan api sedang. Panggang ketan bungkus sambil dibalik-balik hingga daun agak kering, angkat.


Bagaimana gansis, tidak terlalu sulit bukan membuatnya. Bagi para pecinta ikan, lalampa akan menjadi makanan yang sangat memanjakan lidah.



alizazet
Shyesun.pucha
tesarion
tesarion dan 18 lainnya memberi reputasi
19
3.8K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.