• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Wahai European Super League, Suara Fans Adalah Suara Tuhan!

ABP1112Avatar border
TS
ABP1112
Wahai European Super League, Suara Fans Adalah Suara Tuhan!
European Super League akhirnya batal terlaksana setelah sebagian besar klub pencetus memutuskan untuk mengundurkan diri.

Namun tahukah agan dan sista sekalian siapa yang sebenarnya paling punya andil dalam pembatalan kompetisi kontroversial itu?

Yak, para fans!

Sejak ESL dicetuskan pada awal pekan ini, fans-fans dari founding club langsung melontarkan kecaman karena menganggap kompetisi itu hanya memikirkan uang dan tidak memikirkan para pendukung.


Dok. AFP

Mereka juga menyebut ESL mencederai sejarah dari klub-klub itu yang sebagian besar justru dibentuk oleh komunitas tak berduit di masa lalu.

Para fans di Liga Primer Inggris bahkan tak hanya melontarkan kekecewaan mereka di media sosial.

Mereka turun ke jalan untuk memprotes keputusan tim kesayangan mereka yang bergabung dalam ESL.



Fans Liverpool menerbangkan spanduk bertuliskan “say no to super league” di tengah-tengah pertandingan antara Liverpool dan Leeds United.

Fans Manchester City dan Chelsea berkumpul di depan stadion masing-masing sambil membawa spanduk yang mengecam keputusan petinggi tim.

Lalu fans Manchester United mengunggah video saat dia memotong tiket musiman yang sudah dia miliki sejak 1995 sebagai bentuk protes terhadap keterlibatan Setan Merah di ESL.



Tak cukup sampai di situ, para legenda klub-klub itu pun ikut-ikutan menyampaikan kecaman mereka.

Gary Neville dan Jamie Carragher jadi salah satu yang paling vokal dalam menyampaikan pendapat mereka.



Neville sempat menyebut bahwa tim-tim yang terlibat dalam pembentukan ESL, khususnya tim asal Inggris, harus dihukum dengan pengurangan poin karena telah memalukan diri mereka sendiri.

Terakhir, para pemain akhirnya angkat bicara terkait polemik tersebut.

Sebagian besar dari mereka menyatakan bahwa ESL sama sekali tidak merepresentasikan makna sesungguhnya dari sepak bola dan oleh sebab itu mereka tak mau itu terlaksana.



Melihat kecaman dari berbagai sudut akhirnya membuat klub-klub pencetus ESL menyerah dan memutuskan mundur dari proyek itu.

Enam klub Inggris, Man City, Chelsea, Man Utd, Arsenal, Liverpool, dan Tottenham Hotspurs sudah mengumumkan bahwa mereka keluar dari proyek tersebut, dan tim lain dari Italia dan Spanyol pun dikabarkan akan segera melakukan hal serupa.



Well, dari semua itu sepertinya kita belajar bahwa fans adalah aspek paling penting dalam semua olahraga, termasuk sepak bola.

Bahkan mengutip sebuah quote terkenal dari masa lalu, vox populi, vox dei yang berarti suara rakyat adalah suara tuhan, momen kemenangan para fans kali ini bisa diartikan bahwa suara fans adalah suara tuhan!
galigulagalu
indramamoth
m4ntanqv
m4ntanqv dan 14 lainnya memberi reputasi
11
3.4K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.