Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Phyllium Bioculatum, Serangga Unik Tapi Paling Rapuh, Agan Pernah Melihatnya?

istijabahAvatar border
TS
istijabah
Phyllium Bioculatum, Serangga Unik Tapi Paling Rapuh, Agan Pernah Melihatnya?



sumber gambar: serangga daun


Serangga adalah kelompok hewan yang mempunyai banyak macam, dari yang unik sampai yang bentuknya menggelikan. Dari yang berbisa sampai yang paling lemah.

Namun, ada juga serangga yang bentuknya sangat menakjubkan, hingga kita tertarik untuk memeliharanya. Serangga ini pintar berkamuflase, tapi juga termasuk serangga yang mudah rapuh atau lemah.


Serangga yang unik serta menakjubkan ini adalah serangga asli Asia, Malaysia bagian Barat merupakan tempat yang sering ditemukannya serangga jenis ini.


sumber: gambar


Phyllium bioculatum namanya atau orang-orang biasa menyebutnya dengan nama serangga daun. Serangga ini termasuk serangga yang sangat lemah, tapi juga mempunyai kelebihan berkamuflase dengan sangat baik. Dengan kelebihannya inilah dia bisa menyelamatkan diri dari para predator seperti burung, amfibi, reptil serta hewan-hewan lain yang hendak memangsanya.


Tubuhnya yang sangat mirip dengan daun, mulai dari sayap dan kaki yang pipih dan berurat seperti daun membuatnya samar dan tak terlihat oleh pemangsanya. Namun, saking samarnya kadang hewan pemakan daun seperti ulat tidak sadar memakannya, terutama bagian sayap dan kaki yang sangat mirip dengan daun.



sumber: gambar


Hebatnya lagi, serangga ini tidak hanya saat dewasa saja yang bisa berkamuflase, tapi mulai dari telurnya pun sudah bisa menyamar. Bentuk telurnya tidak seperti telur serangga pada umumnya, telur dari serangga daun ini lebih mirip ke biji tumbuh-tumbuhan. Sedangkan, dari sejak menetas serangga daun sudah memiliki corak seperti daun pada tubuhnya. Tapi belum memiliki sayap, sayap itu akan tumbuh melalui beberapa tahap proses pergantian kulit sampai dia dewasa.

Quote:



Seperti yang urai di atas, bahwa serangga daun ini sangatlah rapuh, hingga saat cuaca kering tak jarang serangga ini kehilangan kakinya karena patah. Hal ini juga terjadi saat serangga daun berganti kulit. Namun, layaknya cicak yang dapat kembali menumbuhkan buntutnya kala patah, maka demikian juga dengan serangga daun, kakinya akan tumbuh kembali seiring dengan pergantian kulit berikutnya dan begitu seterusnya. Selain itu, serangga daun ini hanya bisa berkamuflase sesuai dengan daun dari pohon yang mereka tempati.


Uniknya lagi, serangga daun ini akan bertelur tanpa harus kimpoi atau dikimpoikan terlebih dulu. Perbedaan antara serangga daun betina dan jantan adalah pada tubuhnya. Tubuh serangga daun yang betina lebih berat dan tidak bisa terbang, sedangkan serangga daun yang jantan kebalikan dari si betina. Namun, serangga jantan hidupnya lebih pendek dari serangga betina. Serangga jantan hanya hidup sekitar 3 Minggu dan paling lama satu bulan, sedangkan serangga betina bisa hidup 4-7 bulan.


Serangga daun ini sangat suka menggoyang-goyangkan tubuhnya, tapi saat dirasa ada predator yang mendekat dia akan diam. Saat diam itulah dia tidak terlihat seperti serangga, tapi terlihat seperti daun dari pohon yang ditempatinya tersebut.

Unik bukan gansis?

Mungkin gansis di sini pernah ada yang melihat serangga ini secara langsung, biasanya serangga ini bermukim di pepohonan yang ada di hutan.

Aku pribadi ingin memeliharanya, karena perawatannya tidak sulit, hanya mengatur suhu tempatnya saja agar tidak kering. Makanannya pun cuma daun, tapi karena hewan ini sangat rapuh jadi tidak boleh sering dipegang-pegang dan aku meragukan itu secara di rumahku banyak anak-anak kecil.

Oke, cukup sekian dan sampai di sini dulu, semoga bermanfaat. Selamat pagi dan semoga puasa hari ini lancar sampai bedug adzan Maghrib berkumandang nanti. Aamiin.


Terima kasih :terimakasih
@istijabah
Referensi: di sini



indramamoth
m4ntanqv
ZainAkbar2021
ZainAkbar2021 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
6.6K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.