Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
48
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607dfdd84aa6db62b80e6bef/great-flood-of-1913--hari-quottenggelamnyaquot-amerika-serikat
Semua berawal pada hari Jumat tanggal 21 Maret 1913. Kala itu, sebagian besar wilayah di Amerika Serikat diterpa oleh serangkaian badai Tornado. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika setempat, tercatat ada 9 Tornado yang menyapu sejumlah wilayah Amerika. Tornado tersebut menyebabkan terjadinya banjir di wilayah Tenggara Amerika, khususnya di wilayah Alabama, Georgia dan Mississippi.
Lapor Hansip
20-04-2021 05:02

Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:
Postingan ini adalah sekuel untuk postingan Ane yang ini :

Great Dayton Flood : Banjir Terparah Sepanjang Sejarah Ohio, Amerika Serikat.

Buat yang belum baca, sok mangga dibaca heula.

Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat

Semua berawal pada hari Jumat tanggal 21 Maret 1913. Kala itu, sebagian besar wilayah di Amerika Serikat diterpa oleh serangkaian badai Tornado. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika setempat, tercatat ada 9 Tornado yang menyapu sejumlah wilayah Amerika. Tornado tersebut menyebabkan terjadinya banjir di wilayah Tenggara Amerika, khususnya di wilayah Alabama, Georgia dan Mississippi. Tornado tersebut menyebabkan 48 orang meninggal dunia dan 150 orang menghilang. Sementara itu di 20 negara bagian Amerika lainnya, terjadi badai salju yang menyebabkan tewasnya 21 orang warga. Angin kencang juga tercatat berhembus di 5 wilayah di Amerika dengan rentang kecepatan 97-140 KM/Jam (60-90 mph). Kelima wilayah tersebut antara lain Indianapolis, Louisville, Toledo, Detroit dan Buffalo.

Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat

Keesokan harinya, salju pun mulai mencair. Akan tetapi, pada hari Minggu 23 Maret 1913, serangkaian badai dan angin kencang pun kembali menyapu sebagian besar wilayah Amerika Serikat. Kali ini, angin tersebut jauh lebih kencang dari sebelumnya, dan bahkan kekuatannya mampu mencabut pepohonan, tiang listrik sampai menara telepon. Wilayah Tengah Barat (Midwest) Amerika menjadi wilayah dengan dampak terparah. Pasalnya dari 12 angin kencang yang menyapu wilayah tersebut, tercatat ada 221 orang meninggal dan 761 orang luka-luka. Beberapa wilayah yang terdampak diantaranya Kansas, Missouri, Nebraska, Iowa, Illinois, Michigan sampai Indiana.

Senin, 24 Maret 1913, hujan deras tak henti-hentinya mengguyur wilayah Ohio, Indiana hingga bagian selatan Illinois. Alhasil, Wabash River dan White River pun meluap dan menggenangi kawasan Indiana. Sebelum banjir besar di kawasan Dayton, Ohio terjadi, ternyata Indiana duluan yang kebanjiran. Usai Great Miami River meluap, luapannya malah memperparah kondisi di sekitaran Indiana. Alhasil, banjir besar pun turut melanda wilayah lainnya, mulai dari Kentucky, Tennessee, Pennsylvania, New York bahkan Washington. Karena sebelumnya di wilayah Pennsylvania dan New York tertutup salju setebal 8 inci (200 mm), ditambah dengan luapan air bah, maka volume air pun menjadi lebih banyak. Gak kebayang seberapa dinginnya cuaca saat itu (udah mah kota ketutupan salju, ditambah kebanjiran, udah deh nunggu takdir Tuhan aja).

Jumat, 28 Maret 1913, dengan meluapnya Potomac River, kondisi Amerika Serikat pun kian memperihatinkan. Pasalnya, luapan sungai tersebut membuat wilayah Massachusetts, Vermont, Virginia dan Maryland terendam banjir.

Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat

Sudah jelas bahwa banjir besar di Amerika melumpuhkan seluruh infrastruktur dan fasilitas umum. Bahkan, saat Presiden Amerika Serikat saat itu, Woodrow Wilson mencoba untuk menghubungi para pemimpin negara bagian yang terkena dampak banjir, Beliau merasa sangat kesulitan untuk melakukan koordinasi dan penyaluran bantuan baik jasa maupun materi. Banjir tersebut juga menjadi tugas paling berat bagi Palang Merah Amerika Serikat. Meskipun mereka sudah berdiri setengah abad sebelum banjir (21 Mei 1881), pihak Palang Merah mengaku bahwa mereka masih kekurangan personel. Singkat waktu, kondisi negara pun mulai pulih. Dan untuk membangun kembali beberapa sarana dan infrastruktur umum yang rusak akibat banjir, para warga di seluruh wilayah yang terkena dampak bersama-sama mengadakan aksi galang dana. Beruntung, dari aksi galang dana tersebut, keadaan negara pun berangsur membaik.

Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat

Terakhir adalah seberapa besar dampak yang diakibatkan dari banjir besar Amerika Serikat? Berikut rinciannya. Untuk korban jiwa, diperkirakan ada sebanyak 1.550 warga meninggal. Angka tersebut membuat peristiwa banjir ini dicap sebagai "Banjir Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Amerika Serikat" di posisi kedua. Pemerintah mencatat ada lebih dari 38.000 rumah warga yang hancur, 12.000 tiang telepon dan telegram hancur, ribuan infrastruktur dan fasilitas umum hancur dan setidaknya 250.000 warga Amerika Serikat mengungsi. Pasca banjir surut, wabah Difteri dan Tifus pun mulai melanda negara. Dengan jumlah pasien yang melebihi kapasitas, banyak sekali warga yang tidak mendapatkan perawatan medis yang memadai. Bahkan, tercatat hanya ada 2.000 Rumah Sakit saja yang tersedia di seluruh Amerika Serikat pasca banjir. Jumlah RS yang hanya segitu, rupanya masih kalah banyak dibandingkan jumlah pasiennya. Soal kerugian material, diperkirakan mencapai 300 Juta US Dollar (kurs saat itu). Oh ya, soal upaya penanggulangan banjirnya, selebihnya udah Ane jelasin di postingan sebelumnya. Jadi, bisa dibaca aja.


Source :
Great Flood of 1913
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
20-04-2021 05:06
Jakarta apa pernah Great Flood ya? emoticon-Bingung
Diubah oleh maulanaraptor43
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
20-04-2021 08:36
BTW..
Maju ya negara nya.. Taon segitu tiang/kabel listrik udah seliweran emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
20-04-2021 08:47
Katrina belom ada apa apanya yah berarti
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 12:09
Yup.... Pd awal2 abad ke 20.... Msh blum ada sistem komunikasi yg mumpuni sebagaimana pd masa kini, gan.... Jd nya, pempus amrik kesulitan tuk bikin koordinasi yg baik thd pemda2 nya di sono pd saat itu....
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 12:33
Itu mah parah banget, apalagi untuk sekelas amrikemoticon-Matabelo
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 12:34
Bener #anies4president
0 0
0
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 12:40
Ninggalin jejak dulu...baca ntar 😁
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 12:45
Smg bs jd pelajaran ..
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 12:46
parah banget ya badainya.. efek kerusakannya aja separah itu.. amerika emang tempat yg rawan badai kayanya ya..
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 12:46
Pulihnya cepet bgt itu amrik, abis diterjang bencana alam beruntun
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 12:51
Salah gubernurnya
profile-picture
fachri15 memberi reputasi
1 0
1
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 12:54
Komentar salah seorang warga negara China perempuan berambut pendek itu di YouTube soal presiden as yang sebelumnya, sebagian sangat on point dan realistis, tapi komentar dia soal green enviroment itu ngaco, sangat bertolak belakang dengan keserakahan orang orang China sendiri, apalagi bicara soal pembangunan infrastruktur yang gencar di saat "pandemik” ini. Dikaitkan tanya jawab Demokrat dgn nikki haley soal UN and US relation yang terlihat sangat genuine ekspresinya, waktu ditanya soal zeroing budget untuk UN, dan mengalokasikan budget untuk militer (ke timur tengah? Lagi lagi soal Islam kayaknya?), seperti nya US, China dan negara lain ini hanya pura2 bermusuhan?. Pada ujungnya, yang berperang itu mereka pelaku riba dan orang munafik terutama pelaku sihir di sini, termasuk pembela nya sendiri, sekalipun anda bukan pelaku sihir. Diingat, yang berperang duluan itu anda, yang punya hutang dan pelaku riba di sistem. Kalo Anda dan mereka berperang dengan saya, pasti langsung ditangani Pencipta saya karena implementasi saya ttg riba itu sudah tepat, bukan berperang melawan pelaku riba versi dosen HTI. Ada kalanya yang kafir murni karena tidak tahu sama sekali bisa saja dimaafkan dan dimenangkan oleh Penciptanya sendiri, sebaliknya untuk yang munafik tentu kekalahan bagi mereka. Wallahualam.
Diubah oleh widia268
0 0
0
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 12:58
Amrik gitu lho, kena bencana, terus bahu membahu buat bangkit, yang kaya kasih donasi, dan bener2 dipelajari buat dijadiin mitigasi bencana dikemudian hari

Lha sini, udah pasti sibuk nyalahin emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 12:59
Sekarang udah ga kejadin lagi banjir di negara maju?
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 13:02
Jg bandingkan dg negara ini y
Gk Apple to Apple

emoticon-Cape d...
Diubah oleh redemption878
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 13:03
badai ga ada matinye
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 13:04
Amerika bisa tenggelam karena waktu itu belum dipasangi TOA banjir yang haganya 4 milyar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 13:05
ternayat banjir ada juga ya di negara maju, hehe
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Great Flood of 1913 : Hari "Tenggelamnya" Amerika Serikat
23-04-2021 13:25
Ngerii juga ya tornadoo mengorak ngarik amrik
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia