• Beranda
  • ...
  • Health
  • Apa Aja Sih Hal Yang Harus Diperhatiin Saat Mau Jogging?

adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Apa Aja Sih Hal Yang Harus Diperhatiin Saat Mau Jogging?

Kegiatan olahraga bukan lagi ajang yang menyiksa tapi sekarang ini udah jadi hal yang seru banget! Ngelepasin penat bisa dengan olahraga, buang lemak olahraga, bahkan kalau lagi sedih pun paling enak ya olahraga. Meluasnya budaya hidup sehat di tengah-tengah penyakit covid 19 ini emang lagi ngehype banget. Masyarakat gak pandang gender, mulai mau makan sehat, rajin meminum vitamin, menjaga kebersihan apalagi kalau beraktivitas di luar rumah, dan gak lupa untuk bergerak aktif!

Hobi baru yang muncul ini gak cuma menguntungkan kita aja loh sebagai penikmat, tapi juga berbagai pedagang, contohnya nih Gan & Sist, banyak penggemar sepeda jadi toko peralatan sepeda mulai muncul, tempat gym yang awalnya tutup di masa pandemi mulai berani buka karena udah banyak banget yang jenuh dan butuh olahraga, dan komunitas juga mulai terlihat dipermukaan. Semua orang mulai memutar otak gimana caranya tetap sehat tapi juga gak stress di rumah.

Salah satu olahraga yang jadi kesukaan ane sendiri adalah jogging. Jogging sendiri menurut ane itu di tengah-tengah antara jalan dan lari jadi jatuhnya lebih santai. Aktivitas ini salah satu kegiatan yang asik banget dilakuin sendirian atau bareng-bareng. Kalau Agan & Sista ngelakuin jogging sendirian, tetep bakalan asik karena bisa sambil dengerin lagu dan mikir kemana-mana, bahkan bisa juga loh sambil nyusun apa yang mau dilakuin di hari itu.


Photo by Pixabay  from Pexels

Jogging secara berkelompok gak kalah asiknya selain sambil bisa ngobrol, dan bersama-sama itu bikin lebih gak kerasa capeknya. Tubuh terhitung full bergerak, mulai dari tangan, kaki, pinggang, bahkan perut. Pernah gak sih Agan & Sista ngerasain capek banget saat jogging? Atau sakit perut nyeri? Atau kaki kram? Nah, mungkin Agan & Sista lupa buat merhatiin hal-hal di bawah ini:

1. Makan Sebelum Jogging

           

           Photo by Ryutaro Tsukatafrom Pexels

Ini jadi salah satu hal yang pro dan kontra dilakuin sebelum olahraga. Ada yang bilang lebih baik gak makan dulu karena takut mual kalau makan atau ada yang bilang makan dulu supaya gak lemes. Ane sendiri tim yang minimal makan dulu. Dulu ane juga gak merhatiin nutrisi sebelum olahraga, karena kirain gak ngaruh, kenyataanya ngaruh banget. Makanan yang dikonsumsi gak usah terlalu banyak kok, minimal 1 pisang aja udah cukup ngasih energi.  Hal ini dilakuin biar gak kerasa terlalu capek atau badan lemes setelah ngelakuin jogging.

2. Jangan Menggunakan Baju Terlalu Besar

Siapa yang bilang kalau baju yang dipake pas olahraga gak penting? Dalam prakteknya penting banget. Untuk olahraga yang satu ini, ane gak nyaranin buat pakai baju yang gombrong atau terlalu besar, untuk wanita berhijab, minimal gak terlalu membentuk tubuh. Baju ini berpengaruh karena kalau terlalu besar dan saat jogging bergerak kesana kemari, akan jadi lebih berat dan gak nyaman. Jadi kalau bisa menggunakan baju untuk olahraga dan gak harus ngepas di badan kok! Minimal gak mengganggu saat lari.


Photo by cottonbro  from Pexels

3. Menggunakan Sepatu Lari

Bagi Agan & Sista yang suka lari, pasti ngerti banget perbedaan pakai sepatu lari dan nggak. Beberapa orang mungkin mengabaikan peraturan yang satu ini dan gak terlalu sadar perbedaannya. Yang jadi perbedaan pakai sepatu lari dan nggak itu biasanya ketika menggunakan sepatu lari, pijakan akan jadi lebih empuk jadi lari juga lebih nyaman. Perbedaan lainnya ditemuin saat setelah lari, kalau gak pakai bakalan lebih kerasa pegelnya dibanding pakai.


Photo by [url=https://www.pexels.com/@jeshootsS E N S O R-147458?utm_content=attributionCopyText&utm_medium=referral&utm_source=pexels][color=#1155cc][i]JESHOOTS.com[/i][/color][/url]  from Pexels

4. Dilarang Minum Berlebihan

Mungkin bagi sebagian orang minum bisa membuat capek pas jogging ini jadi berkurang, tapi nyatanya, terlalu banyak minum sebelum atau saat jogging membuat badan jadi kaget dan biasanya yang akan terjadi adalah mual. Minum boleh tetapi jangan berlebihan dan secukupnya aja, Gan & Sist!


Photo by Pixabay  from Pexels

5. Playlistmu!

Jogging sendiri yang paling penting adalah playlist. Mending kalian susun playlist dengan lagu-lagu kesukaan kalian dan kalau bisa yang beatnya asik. Ini ngaruh banget buat bikin mood kalian naik pas lagi lari. Nah, kalau mood udah naik, jogging pasti jadi lebih enak dan semangat.


Photo by Andrea Piacquadio  from Pexels

6. Track Untuk Jogging

Tanpa disadari, kadang ini kurang diperhatiin sama beberapa orang. Ngerasanya semua jalanan sama aja, nyatanya nggak! Bagi pemula, ada baiknya pakai track yang rata atau minim naik turun. Ini berguna untuk ngelatih kaki kalian dulu, kalau udah terbiasa, baru Agan & Sista bisa menggonta ganti jalur sesuai yang diinginkan.


Photo by Pixabay  from Pexels

Itu dia beberapa tips yang bisa ane kasih. Kalau Agan & Sista punya tips apalagi nih buat olahraga yang satu ini? Bisa langsung dishare ya, biar ngebantu yang lain juga! emoticon-Smilie


minhakim20
sunshii32
ekapabettai
ekapabettai dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.6K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.