• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali

ulungrinjani
TS
ulungrinjani
Kramat Djati, Bus Putih Nan Legendaris Pelari Lintas Sumatera Jawa Bali
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar PO Kramat Djati, bus putih nan legendaris pelari lintas tiga pulau Sumatera, Jawa dan Bali.


Pasti Gansis sudah tak asing dengan bus berlivery putih-oranye-merah ini. Yup, Kramat Djati. Bus yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat dan busmania, karena sudah sangat sering terlihat seliweran di jalanan.

Cukup sulit untuk menemukan sejarah lengkap dari Kramat Djati. Oleh karena itu, bagian sejarah dari thread ini tak akan terlalu panjang. 


Sebenarnya, Kramat Djati berawal pada tahun 1968 ketika Bapak Arief Budiman mendirikan sebuah usaha yang bergerak di bidang pengangkutan barang dalam kota Bandung bernama "Sumber Djaja". Bermodal 1 truk pengangkut barang, Bapak Arief Budiman mulai menjalankan usahanya. 

Tak disangka, ternyata usahanya berjalan lancar. Beliau mulai memberanikan diri dengan membeli 1 unit bus kelas Ekonomi yang dijalankan untuk trayek Bandung-Jakarta dan sebaliknya Gansis. Bapak Arief Budiman juga mengubah nama "Sumber Djaja" menjadi Kramat Djati.


Pada tahun 1975, Kramat Djati membuka trayek Bandung-Merak dan sebaliknya via Jakarta. Trayek ini difokuskan untuk masyarakat Bandung yang ingin pergi ke Sumatera dan menyambung di pelabuhan Bakauheni, menuju kota-kota di Pulau Sumatera.

Trayek-trayek Kramat Djati pun kian sukses. Kramat Djati terus menambah armada seiring dengan kesuksesannya. Akhirnya, pada tahun 1986 Kramat Djati membuka trayek menuju kota-kota di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Yogyakarta.


Tak sampai disitu saja. Empat tahun kemudian, tepatnya tahun 1990 Kramat Djati membuka layanan trayek Bandung-Denpasar. Trayek ini difokuskan untuk orang-orang Bandung yang ingin berlibur ke Bali, maupun orang Bali yang ingin pulang ke kampung halaman ataupun merantau ke kota Paris Van Java.

Memasuki tahun 1995, Kramat Djati pun mulai mendirikan PT, sebagai badan usaha Kramat Djati yang bernama "PT Kramat Djati Asri Sejati". Seiring dengan itu, setahun kemudian PT Kramat Djati Asri Sejati mulai membuka trayek menuju Pekanbaru, Bengkulu, Lampung dan Palembang.


Krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 dan membuat beberapa PO harus gulung tikar, tak menumbangkan Kramat Djati. Kramat Djati terus bertahan. Dan pada tahun 2000, seiring dengan ekonomi yang membaik KD membuka trayek ke Mataram, Nusa Tenggara Barat. 

Kramat Djati terus berkembang, berkembang dan berkembang. Menambah armada, trayek, dan lain sebagainya. Hingga kini, Kramat Djati memiliki ratusan armada, puluhan hingga ratusan trayek, dan memiliki usaha di bidang bus AKAP, pariwisata, jemputan karyawan, pengiriman paket, dan katering makanan.


Sasis yang digunakan oleh PO Kramat Djati biasanya Hino dan Mercedes-Benz. Memang, tak semua sasis yang dimiliki Kramat Djati adalah Hino atau Mercedes, ada beberapa armada bersasis Scania dan MAN. Tetapi, sasis dominan yang sering ditemukan di lapangan adalah Mercedes-Benz dan Hino Gansis.

Karoseri yang digunakan pun beragam. Mulai dari Laksana, Adiputro, Rahayu Santosa, dan lain sebagainya. Kebanyakan armada KD menggunakan karoseri Adiputro, dengan berbagai macam model mulai Setra, Marcopolo, Jetbus 1, Jetbus 2 Series, hingga Jetbus 3 Series.


Sementara, untuk harga tiketnya terbilang murah. Kramat Djati membandrol harga hanya 530 ribu rupiah untuk jurusan Jakarta-Denpasar kelas Eksekutif, dan sudah termasuk makan 3 kali dengan waktu tempuh yang tergolong singkat.

Kelas yang ditawarkan juga terbilang sangat sedikit. Hanya Ekonomi AC, VIP AC dan Eksekutif AC saja. Ekonomi AC menggunakan seat 2-2 atau 2-3, VIP menggunakan seat 2-2 berkapasitas sekitar 34 hingga 38 kursi, sementara Eksekutif AC menggunakan seat 2-2 berkapasitas sekitar 28 hingga 32-34 kursi.


KD setahu ane menggunakan sistem penjatahan BBM "solar jatah". Artinya, uang jatah BBM akan diberikan ke pengemudi ketika berangkat, dan jika pengemudi menyetir dengan irit uang jatah tersebut bisa diambil pengemudi. Tetapi, jika pengemudi menyetir dengan boros, dan uang jatah BBM habis pengemudi harus menanggung sisa uang BBM untuk sampai ke tujuan.

PO asal kota Bandung ini juga merupakan gudangnya bus langka. Mulai dari Neoplan, Scania K124IB, hingga MAN R33 pun dimilikinya. Armada-armada tersebut merupakan armada yang sangat langka di Indonesia, karena populasinya sangat sedikit Gansis.


Ane pernah menaiki bus ini. Sepulang dari liburan dulu, jurusan Denpasar ke Jakarta kelas VIP. Ingat sekali, dimulai dengan naik taksi online ke terminal Mengwi, memasukkan bagasi, menunjukkan tiket lalu naik bus. Seingat ane, tiket Kramat Djati sewaktu ane naiki harganya sekitar 400-450 ribu rupiah Gansis, ditambah diskon dari aplikasi tiket online. Kebetulan juga, ane mendapat unit Mercedes-Benz OH 1521 (kalau seinget ane), berbalut body Jetbus 1 buatan karoseri Adiputro.

Selama perjalanan, supir memacu busnya dengan kecepatan rendah dan tak ugal-ugalan. Servis makan pun dapat 3x sehingga kenyang. Bus ini berangkat sekitar jam 2 siang dari Denpasar, dan sampai di Jakarta sekitar malam atau subuh (ane lupa jamnya). Servis makannya sebenarnya cukup enak dan nikmat, seingat ane diberikan di RM Situbondo (ane lupa nama rumah makannya), RM Sari Rasa Kendal, serta RM Singgalang Jaya Indramayu. Perjalanan ditempuh cukup dalam waktu 27-30 jam saja, termasuk lambat karena PO-PO lain bisa menempuh trayek ini dalam waktu 24 bahkan 20-22 jam sebab Kramat Djati tak fulltol, melewati Jalan Raya Pantura hingga daerah Kanci. Tetapi, tak apa sebab dapat makan 3xemoticon-Big Grin.


Jadi, gimana pendapat Gansis seputar Kramat Djati? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!

Sumber: 12345
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star


Quote:
Diubah oleh ulungrinjani 15-04-2021 08:11
cor7indramamothkrupuksehat
krupuksehat dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5.7K
55
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.