• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Long Dor, Permainan Tradisional yang Memeriahkan Bulan Ramadhan di Kota Ane!

nurhuda008Avatar border
TS
nurhuda008
Long Dor, Permainan Tradisional yang Memeriahkan Bulan Ramadhan di Kota Ane!
Long Dor, permainan tradisional yang hanya dapat ditemukan di bulan Ramadhan!



Hallo selamat malam GanSis, wah tidak terasa ya kita sudah menjalankan ibadah puasa selama tiga hari. Hal apa saja nih yang sudah GanSis lewati selama tiga hari ini? Pastinya sangat seru ya!

Di dalam bulan Ramadhan ini kita tidak hanya diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sehari penuh selama 30 hari ya GanSis, kita semua juga diberikan kesempatan-kesempatan lain untuk menjalankan ibadah sunnah secara ikhlas dan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat dari Allah. Jika kita telah dapat menjalankan ibadah puasa wajib dan melakukan ibadah lainnya yang sunnah maka kenikmatan ramadhan benar-benar dapat kita rasakan sepenuhnya!

Selain ibadah puasa wajib dan ibadah sunnah seperti tarawih, tadarus, makan sahur dan juga bersedekah kepada orang lain di dalam bulan Ramadhan di setiap daerah pasti juga ada tradisi-tradisi yang mewarnai keistimewaan bulan ramadhan ya GanSis. Pasti di tempat Agan dan Sista juga ada tradisi atau permainan khusus yang hanya ada dan dimainkan di bulan ramadhan kan?
Kali ini ane juga akan membagikan tentang satu buah permainan seru dan unik yang hanya ada di bulan Ramadhan namun sedikit berbahaya jika dilakukan oleh anak-anak tanpa sepengawasan orang dewasa nih GanSis. Apakah itu permainannya?
Simak di bawah!




Long Dor, mungkin Agan dan Sista sudah tidak asing dengan permainan tradisional yang satu ini ya GanSis. Permainan ini memang hampir ada di setiap daerah dengan nama yang berbeda-beda. Permainan tradisional Long Dor menjadi ikonik tanda datangnya bulan Ramadhan dan meramaikan suasana bulan puasa menjadi lebih meriah!

Long Dor sendiri merupakan sebuah alat menyerupai meriam yang terbuat dari bambu atau pipa dengan dua lubang yang dibuat sebagai sumber suara dan tempat menyulutkan api serta bahan bakar GanSis.
Permainan ini mulai jarang ditemui karena memang masuk ke dalam salah satu jenis permainan yang memiliki tingkat bahaya sedang jika dilakukan oleh anak-anak tanpa pengawasan orang dewasa atau tanpa pengawasan profesional.
Tapi di daerah ane yaitu daerah Tulang Bawang Barat, Lampung, permainan tradisional ini masih dimainkan saat bulan puasa GanSis, tepatnya di tanah lapang yang jarang terdapat orang lalu lalang disana.
Permainan ini biasanya kami lakukan di waktu sore hari GanSis, sembari menunggu waktu maghrib datang ane bersama teman-teman saling beradu suara long dor yang nyaring!




Permainan tradisional Long Dor ini menjadi salah satu permainan turun temurun yang diwariskan nenek moyang kami dalam memeriahkan suasana bulan Ramadhan GanSis, sebab itulah sampai saat ini tetap dimainkan oleh anak-anak dengan pengawasan orang dewasa saat memainkannya.

#RamadhanBerkahdan meriah pastinya menjadi impian banyak orang ya GanSis. Sebab itulah kita harus rajin beribadah baik yang wajib atau pun yang sunnah di ramadhan ini!

Oke semoga puasa kita semua lancar dari awal hingga akhir dan tetap semangat untuk Agan dan Sista semua dimanapun berada.

Terima kasih telah singgah dan sampai jumpa di thread ane yang lain




Penulis: @nurhuda008
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar: Google pict

0
541
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.