Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Lempar Selop, Permainan Tradisional Lampung yang Dimainkan Saat Bulan Ramadhan!

verdandigrAvatar border
TS
verdandigr
Lempar Selop, Permainan Tradisional Lampung yang Dimainkan Saat Bulan Ramadhan!
Ngabuburit main lempar selop, bikin hati senang dan lupa rasa lapar!



Ramadhan 1442 hijriah, tahun ini menjadi ramadhan ke dua di tengah masa pandemi covid-19 ya GanSis.
Tidak hanya pandemi, beberapa daerah di Indonesia juga sedang mengalami duka mendalam karena terjadi bencana alam mulai dari angin puting beliung, gempa dan juga banjir bandang. Namun bagaimana pun keadaannya kita semua harus berusaha tabah dan saling menguatkan GanSis, berharap #RamadhanBerkahmasih menjadi milik kita semua yang menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan sabar.


Di bulan Ramadhan yang merupakan bulan suci penuh ampunan dengan banyak keistimewaan ini di setiap daerah pasti memiliki tradisi menyambut bulan Ramadhan serta kebiasaan-kebiasaan seru yang dilakukan di saat bulan Ramadhan ya GanSis.
Mulai dari tradisi berbuka puasa bersama keluarga, membangunkan orang untuk makan sahur dan juga syukuran di akhir bulan puasa menjelang hari raya idul Fitri.
Selain tradisi tersebut permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak di bulan ramadhan juga tidak kalah menarik untuk dibahas GanSis, karena permainan anak-anak inilah bulan puasa menjadi lebih berwarna dan meriah!




Membahas tentang permainan tradisional yang dimainkan saat bulan ramadhan di daerah ane Tulang Bawang Barat, Lampung memiliki sebuah permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh anak-anak saat waktu ngabuburit menunggu adzhan Maghrib GanSis.
Adapun nama permainannya yaitu Lempar Selopatau lempar sandal, permainan ini dimainkan oleh 4-10 orang dengan cara yang cukup sederhana.

Permainan lempar selop ini adalah permainan melempar sandal pada tumpukan sandal yang dibentuk kerucut GanSis, di permainan ini mereka yang ingin ikut bermain harus setor satu sandal yang mereka pakai untuk ditumpuk di sebuah tempat yang nantinya akan dirubuhkan oleh salah seorang yang bersembunyi. Sebelum tumpukan sandal dirubuhkan oleh pemain yang bersembunyi, seorang pemain yang mendapat hukuman menjaga sandal harus lebih dulu menemukan semua pemain yang bersembunyi. Sedikit banyak permainan ini mengadopsi cara permainan petak umpet GanSis, hanya saja ada sandal yang harus dijaga dan dirubuhkan untuk memulai dan mengakhiri permainan!




Meskipun permainan ini dapat dikatakan permainan yang cukup menguras tenaga karena pemainnya harus bersembunyi dan berlari-lari untuk melempar selop atau sandal namun permainan ini menjadi permainan tradisional favorit yang selalu dimainkan saat bulan Ramadhan GanSis.
Biasanya anak-anak di daerah ane akan berkumpul di tanah lapang atau di halaman rumah yang luas untuk bermain lempar selop ini!
Permainan ini sih paling seru dimainkan saat waktu ngabuburit atau setelah shalat subuh GanSis. Tapi kalau ane dulu sih lebih memilih waktu ngabuburit, karena sembari menunggu adzhan Maghrib ane bisa bercanda dan bermain lempar selop ini dengan teman-teman sepermainan!

Bagaimana, apakah di tempat Agan dan Sista tinggal ada juga permainan lempar selop seperti di tempat ane?
Atau mungkin ada permainan tradisional lain yang tidak kalah menarik untuk dimainkan?
Silakan bagikan cerita Agan dan Sista di bawah ya.

Terima kasih telah singgah dan selamat menjalankan ibadah puasa!




Penulis: @verdandigr©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar: Google pict
Diubah oleh verdandigr 18-04-2021 01:38
0
2.9K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.