andrerain5Avatar border
TS
andrerain5
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang

sumber gambar

Hai Gan, Hai Sis.
Masih pada semangat puasanya? Masih dong yaa!

Pernah mendengar nama kue yang unik dan aneh? Ane rasa semuanya pasti pernah mendengarnya, bahkan juga tahu dan bisa membuatnya.

Jika agan dan sista kebetulan sedang berada di daerah Banten, khususnya Kota Pandeglang dan Lebak, pastilah agan dan sista seranah kaskus raya akan berjumpa dengan jajanan kue yang bernama Jojorong.


sumber gambar

Jojorong adalah kue Khas Banten yang terbuat dari tepung kanji, tepung beras dan dibalut dengan gula merah yang sangat memanjakan lidah dengan rasa manisnya, dibungkus menggunakan takir yang terbuat dari daun pisang yang dibentuk menyerupai mangkok. Sudah dipastikan agan dan sista seranah kaskus bakalan suka karena rasanya yang enak.

Entah dari mana asal muasal nama Jojorong itu disematkan, yang jelas kue ini banyak ditemui di daerah Lebak dan Pandeglang, apalagi kalau memasuki bulan ramadhan. Para pedagang kue di pasar atau pun pedagang dadakan ramadhan banyak yang menjajak kue jojorong ini.

Gimana sih cara membuat dan apa saja bahan serta resepnya? Kuy disimak thread ane tentang Jojorong, kue khas tanah kelahiran ane.


sumber gambar

Quote:


Nah, simple kan gansis? Bahannya juga gak susah buat dicari. Banyak di warung-warung tetangga sebelah rumah, jadi gak perlu jauh-jauh pergi kepasar.


sumber gambar

Untuk membuat takir atau bungkus kue Jojorong, diperlukan keahlian juga gansis, biar bisa simetris dan bentuknya bagus sempurna. Gak jarang juga ane temui, ada yang bisa membuat kue jojorong, tapi gak bisa ngebentuk takirnya. Alhasil menyewa tenaga orang lain, niat mau irit bikin jajan pembuka puasa, malah sama saja dengan membeli.

Ukuran takir sendiri beragam, tergantung orang yang membuatnya. Umumnya, ukuran takir itu berdiameter 5/6cm, karena kalau lebih dari ukuran itu, kue jojorong tidak terlihat ciamik, apalagi kalau mau dijajakan, tampilan harus sesuai juga seragam.

Oke dah gansis, selamat berkreasi di dapur yaa. Jangan lupa tetap semangat berpuasa.

Thanks For Visiting
:terimakasih:terimakasih:terimakasih
Ditulis Oleh:
gustiarny
dhinyzfrn
alizazet
alizazet dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.2K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.