• Beranda
  • ...
  • Lifestyle
  • Selain Puasa dan Tarawih, Berikut Deretan Kegiatan yang Cuma Ada Di Bulan Ramadhan!

syududududuu
TS
syududududuu
Selain Puasa dan Tarawih, Berikut Deretan Kegiatan yang Cuma Ada Di Bulan Ramadhan!


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat spesial, bahkan tak sedikit orang yang menantikan datangnya kembali Bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Bagaimana tidak, segala macam ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bahkan, tidur pun termasuk dalam salah satu ibadah jika dilakukan di Bulan Ramadhan. Ya asalkan kerjaannya ga tidur melulu seharian, hehehe.

Selain kewajiban umat islam untuk melaksanakan ibadah puasa dan menyempurnakannya dengan melaksanakan ibadah shalat sunnah tarawih, ternyata masih ada loh kegiatan-kegiatan lainnya yang hadir di Bulan Ramadhan.

Yuk langsung aja kita bahas deretan kegiatan yang cuma ada di Bulan Ramadhan!



Sahur On The Road



Di bulan yang penuh berkah ini, tentunya banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan, salah satunya adalah kegiatan berbagi. Nah, biasanya, di Bulan Ramadhan ada satu kegiatan berbagi yang dilakukan dilakukan saat waktu sahur, tepatnya sebelum adzan subuh berkumandang. Kegiatan tersebut adalah bagi-bagi sahur di jalanan alias Sahur On The Road. Kegiatan yang biasa disebut dengan sebutan SOTR ini biasanya dilakukan oleh sebuah perkumpulan atau komunitas. Mereka biasanya membagikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan di jalanan, mulai dari pengemis, pengamen, tukang pulung, hingga orang-orang membutuhkan lainnya. Hal ini dilakukan agar orang-orang tersebut juga bisa melaksanakan sahur dengan makanan yang layak sebelum nantinya melaksanakan puasa.


Ngabuburit



Ketika bulan Ramadhan, jam-jam setelah ashar biasanya menjadi jam-jam kritis bagi yang berpuasa. Soalnya di jam sore seperti itu perut kita semakin lapar dan kita biasanya sudah kehabisan kegiatan yang bisa dilakukan untuk “menyiasati” dan “melupakan” rasa lapar yang dirasakan. Nah, dari pada cuma tidur-tiduran menunggu buka puasa yang pasti akan terasa lebih lama, mending berburu takjil aja. Yap! Mencari dan membeli jajanan untuk berbuka puasa merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan di Bulan Ramadhan, namanya adalah ngabuburit. Selain berburu jajanan untuk buka puasa, ngabuburit juga bisa dilakukan dengan sekedar nongkrong dan jalan-jalan sembari menunggu waktu berbuka. Kalau Agan dan Sista, biasanya ngabuburitnya melakukan kegiatan apa nih?


Bukber



Siapa nih yang udah punya deretan rencana buka bersama? Pasti kalian punya banyak rencana buka bersama kan? Mulai dari bukber teman SD, SMP, SMA, kuliah, teman kantor, komunitas, keluarga, hingga teman komplek. Soalnya, di Bulan Ramadhan ini biasanya sekaligus menjadi ajang silaturahmi dengan orang-orang terdekat, baik orang yang sering ditemui, atau teman lama yang udah lama banget ga ketemu. Pastinya sih, kalau udah masuk Bulan Puasa, kalian harus pinter-pinter ngatur budget buat bukber ya.


Takbiran



Setelah satu bulan melaksanakan puasa, kita akan segera menyambut Hari Raya Idul Fitri. Nah, biasanya, di malam hari saat terakhir puasa, banyak orang yang melaksanakan takbiran untuk menyambut Idul Fitri keesokan harinya. Banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari takbiran di masjid, hingga takbiran keliling kampung sambil pawai obor. Eitss, tak hanya itu saja, bagi sebagian anak-anak, takbiran adalah kegiatan saat malam idul fitri yang dilakukan dengan membakar petasan. Pasti kalian juga pernah kan ngerasain takbiran dengan main petasan?


Mudik



Merayakan Hari Raya Idul Fitri memang paling asyik dilakukan bersama dengan keluarga besar di kampung halaman, jadi bukan suatu hal yang baru untuk melakukan mudik. Mudik alias pulang kampung biasanya serentak dilakukan oleh orang-orang menjelang Hari Raya Idul Fitri, karena selain untuk menjalin silaturahmi momen Hari Raya Idul Fitri juga dilakukan untuk melepas kerinduan dengan keluarga, karena kota-kota besar di Indonesia memang dipenuhi oleh orang-orang pendatang dari daerah.



Itu dia beberapa kegiatan yang cuma ada di Bulan Ramadhan, GanSis. Agan dan Sista pasti pernah melakukan semua kegiatan itu kan saat di Bulan Ramadhan? Sayangnya, saat ini beberapa kegiatan tersebut terpaksa tidak bisa dilakukan karena Covid 19 yang masih menyerang.

Tapi, meskipun terasa ada yang kurang karena tidak bisa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, semoga puasa kalian senantiasa berjalan lancar dan mendapat berkah ya!

#RamadhanBerkah
fira262blunarjaparina
japarina dan 8 lainnya memberi reputasi
9
4.3K
109
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.3KThread10.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.