Chikashi.MasudaAvatar border
TS
Chikashi.Masuda
Elektabilitas AHY Ungguli Prabowo, Moeldoko Makin Terpuruk


 13 April 2021 12:45     

GenPI.co - Hasil Survei Indonesia Political Opinion (IPO) mencatat elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berhasil mengungguli Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif  IPO Dedi Kurnia Syah dalam diskusi virtual bertajuk "Evaluasi Kabinet dan Peta Politik 2024", pada Sabtu (10/4). 

 "Agus Harimurti Yudhoyono sebesar 7,1 persen untuk tingkat keterpilihan 20 tokoh potensial pada simulasi Pilpres," kata Dedi.  Sementara, Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan memiliki tingkat keterpilihan sebesar 5,7 persen.  ADVERTISEMENT Menanggapi hal itu, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Zaki Mubarak menilai, meroketnya elektabilitas AHY memang tidak bisa dilepaskan dari efek KLB Partai Demokrat.  "AHY jadi makin populer dan mendapat banyak keuntungan politik sebagai pihak yang dizalimi," ujar Zaki kepada GenPI.co.  Menurut Zaki, psikologi politik masyarakat Indonesia memang sangat mudah bersimpati dengan pihak yang terzalimi.

Terlebih, pihak yang terzalimi itu disebabkan oleh tindakan penguasa yang sewenang-wenang.  "Jadi imbas KLB, bukannya menguntungkan, justru menciptakan kerusakan politik bagi KSP Moeldoko. Namanya makin rusak," jelasnya.  BACA JUGA: AHY Menyalip, Prabowo Bisa Ketar-ketir! Alasannya Bikin Melongo Zaki menambahkan, Moeldoko tidak hanya dimusuhi konstituen Partai Demokrat, tapi juga dinilai sebagai musuh demokrasi. "Sebaliknya, AHY dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sukses menuai simpati publik," jelasnya. (*)

https://www.genpi.co/polhukam/98437/...erpuruk?page=2
selldomba
jokopengkor
jokopengkor dan selldomba memberi reputasi
2
1.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.