machinAvatar border
TS
machin
Kelakuan Seperti Ini yang Bikin Manusia Tulus Males Berbuat Baik
Selamat pagi Gan Ganwati, sambil nunggu waktu sahur, Aku menulis Thread ini. Besok pagi bisa beraktivitas lagi seperti biasanya.emoticon-Malu (S) Sebelumnya, Aku mengucapkan selamat beribadah puasa bagi Gan Ganwati yang melakukan ibadah puasa ya.emoticon-Nyepi


Manusia memang diciptakan untuk bersosial. Aktivitasnyanya bermacam-macam, mulai dari ngobrol basa basi dan becanda sampai dengan aktivitas yang serius, membantu orang kesusahan misalnya.




Banyak orang di luar sana memiliki sifat yang baik hati dan ringan tangan untuk membantu orang lain yang benar-benar "terlihat" kesusahan dan membutuhkan bantuan. Namun, orang-orang seperti inilah yang seringkali jadi korban penipuan bagi orang-orang yang memiliki sifat egois terlalu besar, sehingga mengambil manfaat dari kebaikan orang-orang yang tulus seperti ini.


Salah satunya seperti dalam video ini. 

Video tersebut adalah video rekaman cctv yang tidak tahu di negara mana kejadiannya. Dalam video tersebut terdapat seorang wanita yang mogok di tengah perjalanan dan berada di tempat yang sepi pemukiman. Wanita tersebut menghentikan mobil yang sedang melakukan perjalanan searah dengannya untuk meminta pertolongannya.



Wanita tersebut meminta pertolongan untuk membetulkan mobilnya yang mogok agar bisa melanjutkan perjalanannya kembali. Seorang pria pengemudi lain yang kebetulan lewat berkenan berhenti untuk membantu wanita tersebut dan mencoba melihat kondisi mesin mobilnya.

Saat dia sedang serius untuk membantunya, mobil pria tersebut ada yang mendatanginya dan kemudian mengambil barang-barang penting yang dimiliki pria yang membantu tersebut. Dompet dan tas yang mungkin berisikan laptop diambil sama lelaki yang muncul dari dalam sela-sela pepohonan dan telah bersembunyi di sana.



Setelah si pria berhasil membetulkan mobil si wanita ini, wanita ini pergi melanjutkan perjalanannya dan si pria penolong ini juga melanjutkan perjalannnya. Eh ternyata, si wanita ini balik lagi ke lokasi semula tempat mobil dia mogok dan menjemput si pencuri barang-barang dari pria penolong. Mereka berdua ternyata bersekongkol untuk mencuri barang dari orang-orang yang baik hati.



Bisa jadi video ini settingan karena posisi kamera berada tepat pada kejadian perkara, namun bisa jadi beneran juga dikarenakan komplotan ini adalah komplotan bodoh yang tidak teliti melihat sekelilingnya. Namun, terlepas dari asli atau settingan, kita bisa diambil pelajaran dari apa yang ada di video ini.

Saat kita akan membantu orang lain, pastikan kondisi kita benar-benar aman dari kondisi kita yang akan membantu orang tersebut. Misalnya untuk kasus video ini, pastikan mobil kita kunci sebelum keluar mobil. Pastikan untuk benar-benar tidak dalam kondisi yang memungkinkan terancam dengan kondisi lingkungan saat itu (mungkin kondisinya malam hari). Kalau memang kondisinya tidak memungkinkan untuk membantu, lebih baik panggil bantuan dari pihak berwajib, daripada kita sendiri yang malah jadi kena sialnya kayak di video tersebut.

Orang-orang baik seringkali jadi korban penipuan seperti dalam video ini. Tidak salah juga kalau sekarang banyak orang yang bersikap bodo amat dengan kondisi orang lain yang memang benar-benar butuh bantuan. Bisa jadi orang-orang yang sudah kapok membantu orang lain tersebut sering tertipu dengan orang lain atas kebaikannya yang sering dia berikan ke orang lain, kemudian malah dihianati.

Mari kita berbuat baik secara proporsional, kalau mampu dan tidak merugikan diri sendiri, kita bantu. Kalau tidak mampu, lebih baik jangan dipaksakan. emoticon-Shakehand2

Sekian Thread ku pagi ini. Semoga kita dipertemukan selalu dengan orang-orang baik di sekitar kita. Seandainya dipertemukan dengan orang-orang vagst, semoga kita tidak mendapat kerugian apapun dari pertemuan tersebut. Salam.emoticon-Malu (S)
Sumber : opini pribadi dan ini

jlamp
jlamp memberi reputasi
1
1.3K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.