BaarishAvatar border
TS
Baarish
Ditengah Duka Banjir NTT, Masih Saja Ada Berita Hoax Yang Beredar! Meresahkan!


Lagi musibah, kok ditambah berita hoax sih?


sumber gambar
Warga NTT sedang mengevakuasi korban banjir.

Hai hai hai, Agan dan Sista. Kembali lagi di thread ane. Di thread kali ini, sehubungan dengan adanya event kreator tentang pahlawan hoax, ane akan menulis tentang berita hoax yang baru-baru ini tersebar di media sosial.


sumber gambar

Simak sampai habis ya!

Beberapa waktu lalu, pada 05 April 2021 NTT tengah berduka lantaran banjir yang menerjang di beberapa titik di provinsi itu, yaitu Kabupaten Malaka, Flores Timur, Lembata, Alor, Saibu Raijua, Kupang, Ende, dan Kota Kupang. Tercatat ratusan korban yang meregang nyawa, dan banyak rumah yang rusak akibat terjangan banjir.

Ditengah duka dan kepanikan warga NTT, ada beberapa oknum yang mengambil kesempatan untuk menyebar hoax. Gila memang, ini keadaan sedang gawat bre, tega amat sih nyebar berita gituan. Ane merasa perlu jadi #HansipHoax untuk meluruskan berita ini. Kan kita selaku warga Indonesia ikut panik dengan kabar yang beredar. Makanya ane coba cari tahu dari beberapa media terpercaya, biar gak ditipu hoax.


sumber gambar

Apa saja sih berita hoaxnya?

1. Saat banjir NTT, ada buaya besar yang turun ke jalan dan berkeliaran di sekitar rumah warga. Buaya itu diduga datang bersamaan dengan banjir bandang.



Ini tentu sangat meresahkan warga, bayangin gimana paniknya warga menyelamatkan diri dari musibah banjir, terus tiba-tiba ada buaya. Bayangin aja dulu gimananya.

Berita ini hampir sama saat kejadian banjir di Aceh pada Desember 2020 lalu. Seseorang mengunggah sebuah video buaya yang sedang membawa seorang anak lelaki di mulutnya. Video dengan mulut buaya yang besar dan gigi tajamnya yang mencengkeram tubuh seorang bocah, dipenuhi air banjir berwarna darah bercampur keruh.

Kejadian itu diberitakan terjadi di salah satu kabupaten di Aceh. Buaya yang terdampar di area rumah warga. Padahal hoax.

Sempat bikin geger warganet sih waktu itu. Sama kayak kejadian yang di NTT beberapa hari yang lalu.

Ini Hoax, Agansis!

Kebenarannya, video tersebut merupakan kejadian beberapa tahun lalu yang kembali diunggah, mungkin bertujuan untuk nyari viral dan mengambil momen banjir.

Video buaya itu beredar sejak tahun 2019, dan tidak ada kaitannya dengan Kalimantan. Video itu bukan berasal dari NTT.

Dasar, kang bikin resah warga!

2. BMKG keluarkan peringatan tsunami pada banjir NTT

Berita itu bermula saat salah satu media berita yaitu CNN Indonesia, meng-upload sebuah beeita tentang peringatan tsunami bagi warga NTT.

'BMKG peringatkan potensi gelombang mirip tsunami di NTT'

Kira-kira begitulah tulisan dari judul berita. Namun berita itu disalahartikan oleh masyarakat, dan tersebarlah berita bahwa BMKG memprediksi NTT akan adanya gelombang tsunami.

Biasalah, kaum yang menyimpulkan judul doang. Kaum males baca, taunya share doang.

Nyatanya, BMKG hanya memperingatkan akan adanya potensi tsunami, bukan memprediksi seperti prediksi cuaca. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh kominfo.

3. Video sapi hanyut terbawa banjir bandang di NTT

Berita itu diklaim terjadi di kabupaten Flores Timur, NTT. Dimana dalam banjir bandang ada beberapa ekor sapi yang hanyut dalam arus banjir. Video tersebut beredar di berbagai sosial media dengan narasi yang seolah meyakinkan.

Tercatat sebanyak 20 ekor sapi yang hanyut. Ane ngebayangin berapa duitnya kalau dijual ya, kesian banget.

Fakta dan nyatanya!

Video tersebut tidak terjadi di NTT, melainkan video lama yang memperlihatkan kurang lebih 20 ekor sapi terseret arus sungai El Conchal yang terletak di Kotamadya Zacualpan, negara bagian Nayarit di Mexico. Jadi gak ada hubungannya dengan banjir di NTT, alias hoax banget deh!


sumber gambar
Pihak Kominfo telah mengklarifikasi bahwa berita yang beredar di atas adalah HOAX.

Dari berbagai berita fakta di atas, nampaknya kita harus mengenali video-video lama yang kiranya akan dipakai oknum tak bertanggung jawab di masa yang akan datang saat momennya pas. Perlu kita tahu, bahwa salah satu tujuan oknum penyebar hoax adalah panggung viral, uang dari viewer dan kepuasan diri. Maka tugas kita adalah jangan merasa harus melihat video atau berita bohong itu biar tidak ter up, atau jika punya teori dan bukti yang bisa membantah, boleh memberitahu teman-teman kita bahwa itu hoax dan harus dihentikan secepatnya.

Sudah saatnya kita saling mengingatkan dan meningkatkan daya analisis menegnai sebuah berita. Suadah saatnya kita menjadi #HansipHoaxuntuk diri sendiri dan orang lain.

Sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat ya, Agansis!

Penulis @Baarish
Narasi pribadi
Referensi
1 2 3
Diubah oleh Baarish 11-04-2021 14:07
0
371
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen JournalismKASKUS Official
12.5KThread3.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.