Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
159
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606ed5cbba202745a12d9dff/koruptor-belum-pernah-dihukum-mati-di-indonesia-ini-alasannya
Bicara tentang kriminalitas tentu tak ada habisnya. Pemerkosaan, pembunuhan, pembegalan, dan sebagainya. Yang mana semua kasus tersebut terus terjadi meski dengan adanya ancaman hukuman seumur hidup hingga hukuman mati.
Lapor Hansip
08-04-2021 17:07

Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!

Bicara tentang kriminalitas tentu tak ada habisnya. Pemerkosaan, pembunuhan, pembegalan, dan sebagainya. Yang mana semua kasus tersebut terus terjadi meski dengan adanya ancaman hukuman seumur hidup hingga hukuman mati.

Terutama kasus korupsi, setiap tahun selalu ada-ada saja pejabat yang tertangkap melakukan tindakan korupsi! Tak main-main, kejahatan satu ini menurut ane merupakan kejahatan yang merugikan satu Indonesia!

Ironis, belum ada satu kalipun tersangka korupsi dijatuhi hukuman mati!Lihatlah gambar di atas. Pelaku koruptor di Indonesia masih sangat santai tersenyum meski telah mengenakan rompi berwarna orange. Miris, jika kita bandingkan dengan narapidana-narapidana lain, sekalipun hanya maling ubi. Mereka akan tertunduk lesu, dan malu!

Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!

Masih teringat jelas di Hari Antikorupsi tahun 2019. Pak Jokowi mendapat pertanyaan dari seorang anak SMA.

Quote:"Mengapa negara kita mengatasi korupsi tidak terlalu tegas, kenapa gak berani dihukum mati, kenapa kita hanya penjara," kata Harley Hermansyah siswa kelas XII Jurusan Tata Boga, Senin, 9 Desember 2019.

sumber : https://nasional.tempo.co/read/1281672/hari-antikorupsi-jokowi-ditanya-kenapa-koruptor-tak-dihukum-mati/full&view=ok



Yang kemudian dijawab secara tegas oleh Bpk Presiden Ir. Joko Widodo

Quote:"Kalau korupsi bencana alam dimungkinkan, kalau enggak tidak. Misalnya ada gempa dan tsunami di Aceh atau di NTB, kami ada anggaran untuk penanggulangan bencana tapi duit itu dikorupsi, itu bisa (diancam hukuman mati)," jawab Jokowi.

sumber : https://nasional.tempo.co/read/1281672/hari-antikorupsi-jokowi-ditanya-kenapa-koruptor-tak-dihukum-mati/full&view=ok



Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!

Lantas, apa kabar bapak eks Menteri Sosial (Mensos) yang ditangkap KPK terkait kasus "pungli" bantuan sosial (Bansos)?

Meski terdengar cocok dengan kriteria yang bisa dijatuhi hukuman mati. Pada akhirnya eks Menteri Sosial (Mensos) Julian Peter Batubara tak dijatuhi hukuman tersebut.

Mari simak kembali pernyataan Pak Presiden dan fokus pada kata anggaran. Terkait kasus Pak Julian Batubara, beliau menerima "fee" dari rekanan. Jadi dana yang mengucur ke kantong beliau bukanlah berasal dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), melainkan rekanan. Maka dalam kasus ini dikatakan lebih sesuai jika dikatakan suap, ketimbang korupsi.

Senada juga dengan klarifikasi yang dilakukan oleh Wakil Ketua KPK, Bpk Nurul Ghufron pada Desember 2020 di Indonesian Lawyers Club.



Quote:"Karena faktanya memang yang disebut memperkaya diri secara yang kemudian merugikan negara itu, adalah peristiwa atau perbuatan dari penyelenggara negara yang pada saat mengucurkan keuangan negara dari APBN," kata Ghufron dikutip melalui saluran Youtube Indonesia Lawyers Club, Jumat (11/12/2020).

sumber  : https://kabar24.bisnis.com/read/2020...k-ini-kata-kpk.



Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!

Mengacu pada Undang-Undang Tipikor No.31 Tahun 1999 jo UU No 20 Tahun 2001, sesungguhnya koruptor di Indonesia bisa diancam hukuman mati. Namun, hanya pasal 2 ayat 2 yang dapat menjerat koruptor untuk dihukum mati.

Apa isi pasal 2 ayat 2 UU Tipikor?


Quote:Pasal 2
(1) Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana penjara dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.
(2) Dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dalam keadaan tertentu, pidana mati dapat dijatuhkan.

sumber : https://news.detik.com/berita/d-4816441/koruptor-memang-bisa-dihukum-mati-di-indonesia-ini-aturannya

 

Yang dimaksud keadaan tertentu pada pasal 2 ialah keadaan pada saat negara dalam bahaya, sesuai dengan undang-undang yang berlaku, pada waktu terjadi bencana alam nasional, sebagai pengulangan tindak pidana korupsi, atau pada waktu negara dalam keadaan krisis ekonomi dan moneter.

Inilah Alasannya Kenapa Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati di Indonesia, karena korupsi yang selama ini terjadi masih belum sesuai dengan "kondisi tertentu" yang diatur dalam undang-undang kita.

Semoga saja kedepan akan ada hukum yang mengatur agar tersangka Koruptor dapat dijatuhi hukuman mati! (tanpa melihat kondisi tertentu). Seperti koruptor di negara-negara lain. Dengan ancaman hukuman mati, mungkin mereka (koruptor) tak akan lagi bisa tersenyum santai seperti yang sudah-sudah.

Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!

Informasi tambahan :
1. Pak Julian Batubara merupakan tersangka dari proyek pengadaan bansos penanganan COVID19 dalam bentuk sembako. Dalam kasusnya, Pak Julian disebut menerima Fee dari rekanan untuk setiap paket bansos yang diedarkan. Selama periode pertama dan kedua, diduga terkumpul sekitar Rp 17 miliar dari uang fee yang rencananya akan digunakan untuk keperluan pribadi oleh Eks Mensos ini.

2. KPK menjerat Julian Batubara dengan pasal 11 dan 12 UU Tipikor

3. Isi Pasal 11 dan 12 UU No 20 Tahun 2021 Tentang Tipikor

Pasal 11


Dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan atau pidana denda paling sedikit Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyakRp250.000.000,00 (dua ratus lima puluh juta rupiah) pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah atau janji padahal diketahui atau patut diduga, bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan karena kekuasaan atau kewenangan yang berhubungan dengan jabatannya, atau yang menurut pikiran orang yang memberikan hadiah atau janji tersebut ada hubungan dengan jabatannya.


Pasal 12


Dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah);

a. pegawai negeri atau penyelenggaran negara yang menerima hadiah atau janji, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan untuk menggerakkan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya;

b. pegawai negeri atau penyelenggaran negara yang menerima hadiah, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan sebagai akibat atau disebabkan karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya;


Quote:
Referensi :



3. [url=https://www.kaskus.co.id/forum/quicknewthread/Tak Kenakan Pasal Hukuman Mati Ke Mensos dkk, Ini Kata KPK  Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Tak Kenakan Pasal Hukuman Mati Ke Mensos dkk, Ini Kata KPK", Klik selengkapnya di sini: [url]https://kabar24.bisnis.com/read/20201211/16/1329924/tak-kenakan-pasal-hukuman-mati-ke-mensos-dkk-ini-kata-kpk.[/url] Author: Edi Suwiknyo Editor : Edi Suwiknyo  Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini: Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPSiOS: [url]http://bit.ly/AppsBisniscomIOS]Tak[/url] Kenakan Pasal Hukuman Mati Ke Mensos dkk, Ini Kata KPK  [/url]



Gambar : Google







Quote:Original Posted By jonrender
Korupsi masih merupakan budaya yang sulit diberantas dalam tempo singkat.iklimnya sendiri susah.antara watak toleran dalam tanda kutip dan juga warisan masa lalu.jadi secara tidak langsung juga turut mempengaruhi pembentukan undang undang hingga ke pelaksanaan sendiri


Quote:Original Posted By belagudech
Kenapa cuma diancam, dan bukan dijatuhi aja ?

Dan kenapa cuma pas bencana ?
Padahal para koruptor ini bisa juga disebut teroris keuangan, kalau bomber mungkin yang kena dampaknya orang yang berada di lokasi pengeboman, ini dampaknya seluruh warga negara yang kena.

Minimal kalau gak hukuman mati ya dimiskinkan aja sekalian, sita seluruh harta keluarganya, gak peduli itu punya istri atau anaknya, mau itu karna hasil korupsi, hasil sendiri maupun harta warisan.

Kasih rumah gratis di komplek khusus buat orang2 yang kena kasus macam gini tipe RSSSSSSSSSSSSS.

Tambah kasih status sebagai penghianat bangsa dan negara, gak perlu HAM HEM HOM sama orang macam gini.

Kasih juga komplek pemakaman disertai monumen kek di Avenger End Game, Poto beserta nama dan berapa besar korupsinya.

Ane yakin bakalan punah tuh koruptor kalau diginiin. emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By ryokaenzodai
Gw sih ga setuju kalo koruptor di hukum mati..
Dy mati keluarganya masih enak..
Ada 2 hukuman yg pantes..

1. Seluruh kekayaan & aset"nya disita baik yg hasil korupsi ataupun kekayaan pribadinya.. termasuk aset istri & anak"nya.. kan bisa aja disimpen atas nama istri & anaknya

2. Keluarganya di asingkan ke pulau khusus pengasingan tipikor tanpa ada fasilitas apapun.. listrik,rumah,air bersih,dll ga ada.. biarin idup primitif bebas mw ngapain keq..

Itu baru hukuman yg paling bikin koruptor ngeri.. mati doank mah beres pekara


Quote:Original Posted By kodokuper
Karna skarang model proyek itu kan model lelang. Pejabat publik itu pembuat kebijakan, bukan pelaksana proyek. Jadi biasanya kena di pasal2 gratifikasi.

Dari bunyi Pasal 2 itupun susah mau kenain pejabat publik di pasal 2 kalo konteksnya OTT. Belom masuk tuh, belom sempet "memperkaya", uda ketangkep duluan. Spertinya ini pola pikir yg dipake KPK.
emoticon-Cape d...

Mustinya dicoba dulu sama KPK. Cari bukti apaan kek. Skalian buat sinyalmen ke publik kalo KPK bener2 bersih. Kan tetep masih bisa dibuat berlapis, jadi apes2nya masih bisa kena seumur idup lah dari pasal gratifikasi. Biar hakim nanti yg nentuin.


Sekian analisa sotoy ane.
[cmiiw]
emoticon-Betty
Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan 50 lainnya memberi reputasi
51
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:05
Emang hukuman mati masih berlaku di indon? Agan dan sista yg punya latar belakang hukum mungkin bisa kasi info
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:06
karena mayoritas anjing2 yang korup itu adalah dateng dari klasemennya partay2 penguasa
masa cs sendiri dimatiin
ye ga?
profile-picture
profile-picture
ik54n54 dan seringboering memberi reputasi
2 0
2
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:07
krn yg buat aturan mungkin berfikir realistis, suatu hari mungkin dia jg akan korupsi, jgn sampai senjata makan tuan, gitu aja terus sampai korupsi diijinkan undang2 emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
ik54n54 dan seringboering memberi reputasi
2 0
2
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:07
saya kurang paham perihal hukum namun saya melihatnya dari sisi tindakan mereka sangat melukai hati rakyat.
jika sebuah kata/ kalimat dapat menyelamatkan mereka dari hukuman mati maka kita hanya bisa berharap kepada hukuman di akhirat.
karma itu akan datang, cepat atau lambat...hari ini bisa makan enak karena korupsi dan orang lain yang menderita maka tinggal tunggu waktu saja.
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:07
Wong pembuat UUnya disinyalir sebagai salah satu sarang korupsi kok .....

Gimana mau ada UU Tipikor yg menerapkan hukuman mati secara tegas dan menyeluruh ??
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:07
privilej lah
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:09
minimal potong tangan maksimal hukum pancung
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:09
Bodo ahh mau korupsi mau kaga urusan mereka selama gw masih bs ngidupin anak istri gw terserah mereka yg mau korupsi.. yang pasti gw bakal ttp golput pilpres selama blm ada capres yg teriak lantang janji hukum mati koruptor apapun alesannya.. dan capres yg concern sama masalah korupsi ini di negeri ini..
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:10
Mungkin kalo udh bangun dri mimpi broo
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:10
Mungkin masih ada uang seseorang yang nyangkut sama koruptor koruptor itu, maka hukuman para koruptor cenderung ringan dibanding penjahat yang lain.

Knp masih bisa senyum manja karena mereka tau masih bisa keluar lebih cepat karena remisi dan lain lain, dan yang paling penting keluar penjara tetap kaya.
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:11
simpel alasan sebenarnya,....

krn klo di ketok hukuman mati, itu koruptor yg ketangkep bakal totalitas buka mulut buat nunjuk banyak orang² & pihak² yg ikut menikmati duit korupsi,...

selama ini mereka (pejabat) yg ketangkep korupsi pd akhirnya skdr jd tumbal (ada lobi kesepakatan) utk menutupi keterlibatan orang & pihak yg lainnya,...

emoticon-Betty emoticon-Najis
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:12
kan nggak boleh ma mbok awan
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:13
susah.. mustahil.. korupsi itu udah berakar kuat disini dari kalangan bawah sampai kalangan atas
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:14
kenapa PARTAI yg bnyak anggotanya jdi KORUPTOR gak di bubarin? dana BANSOS aja di tilep eh kaum KOLAM msih aja pura2 dongok bacot Rdikal radikul, bgitu liat ada baliho diturunin pake PANSER eh ebong mlah pda girang, noh HARUN MSIKU tangkep dong pake PANSER emoticon-Big Grin



0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:14
karna sapu kotor dipake buat nyapu kotoran. ya gak bakalan bersih ampe kapan juga
profile-picture
MemoryExpress memberi reputasi
1 0
1
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:15
Tanya dpr, knp ga berani usulin hukuman mati
emoticon-Ngakak


Bisa kosong itu gedung nanti emoticon-Ngacir
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:16
Tujuan kkn adalah memperkaya,yasudah kuras habis kekayaannya dan jadikan kerja paksa ae wes...hukuman mati terlalu enak
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:18
karena tidak ada yang tidak korupsi pasti terlibat semua wkwkwk
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:19
Bangsa kita ramah sangat ya gan TS. Dalam kondisi apapun "keep smile" seperti kata Kaisar.

Ada pesan khusus di balik senyuman.
1. Oke, masuk penjara. Gw punya daftar yang terlibat. Cepu mode on

2. Oke, masuk penjara. Bisnis tetep jalan, keluarga masih bisa mewah, aman.

3. Oke, masuk penjara. Vangkee, lagi giliran jadi tumbal si obos. Gpp lah yang penting keluarga dan bisnis aman.


Kita ini bangsa guyub dan gotong royong gan. Balas budi juga masih kentel. Sifat ga enakan juga ada di setiap darah bangsa ini.

Cuman Tuhan aja yang bisa atur gan. Kita tonton aja sama jauhin dah korupsi.
0 0
0
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:20
HAM HAM HAM HAM

emoticon-Wakaka
0 0
0
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia