News
Batal
KATEGORI
link has been copied
50
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606ee1b7d44e3f441e0eb761/menkes-5-negara-produsen-vaksin-resmi-melarang-vaksinnya-diekspor-indonesia-gimana
INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terungkap bahwa negara-negara produsen vaksin Covid-19 melarang produk vaksinnya diekspor.  Kondisi ini tentu mengganggu ketersediaan vaksin di Indonesia yang sangat membutuhkan untuk program vaksinasi.  Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris yang memimpin rapat mengatakan, pihaknya ing
Lapor Hansip
08-04-2021 17:57

Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?

Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terungkap bahwa negara-negara produsen vaksin Covid-19 melarang produk vaksinnya diekspor. 

Kondisi ini tentu mengganggu ketersediaan vaksin di Indonesia yang sangat membutuhkan untuk program vaksinasi. 

Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris yang memimpin rapat mengatakan, pihaknya ingin meminta penjelasan pemerintah soal pengadaan vaksin tersebut. 

"Ramai dibicarakan soal kendala pengadaan vaksin khususnya astrazeneca. Komisi IX minta penjelasan ketersediaan vaksin Covid-19 untuk vaksinasi program pemerintah," kata Charles dalam rapat, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Kamis (8/4/2021).

Menjawab hal itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, di dunia ada 60 negara yang sudah melakukan vaksinasi. 

Indonesia ada di ranking 8. Sedikit di bawah Jerman, Turki, Brazil, Inggris, India, dan Amerika. 

Ia mengakui, saat ini tantangan paling besar yang dihadapi ialah ketersediaan vaksin di tanah air akibat larangan ekspor vaksin dari sejumlah negara produsen vaksin.

"Ada lima negara yang memproduksi vaksin yaitu Amerika, China, India, Inggris, dan Rusia. Negara-negara ini menerapkan kebijakan untuk tidak mengeluarkan vaksin yang diproduksi di negaranya," ungkapnya.

"Contoh AS, semua vaksin yang diproduksinya hanya boleh dipakai di AS saja. Inggris juga begitu," tandas Menkes.

Ia juga menyatakan bahwa jadwal kedatangan 100 juta dosis vaksin COVID-19 menjadi tidak pasti menyusul adanya kebijakan dari negara produsen vaksin tersebut.

"Jadi, ada 100 juta dosis vaksin yang sampai sekarang menjadi agak tidak pasti jadwalnya," imbuhnya.

100 juta vaksin tersebut berasal dari perjanjian dengan COVAC/GAVI sebanyak 54 juta dosis secara gratis. 

Lalu vaksin Astrazeneca yang didatangkan Bio Farma sebanyak 50 juta dosis.

"COVAC/GAVI bermasalah karena embargo dari India, suplai vaksin Astrazeneca juga terhambat dari India," ungkap Budi.

Dengan kondisi demikian, kata Menkes Budi maka Indonesia yang seharusnya menerima 11 juta vaksin pada Maret-April ini hanya akan mendapat 1 juta vaksin dari COVAC/GAVI.

"Sisanya, mereka belum bisa memberikan konfirmasi," tukasnya.

Ketidakpastian yang sama juga terjadi dengan suplai vaksin Astrazeneca ke Indonesia.

"Informasi dari Astrazeneca mereka hanya bisa kirim 20 juta vaksin di 2021 ini, sisanya 30 juta vaksin diundur tahun depan (2022)," pungkasnya.

Baca Berita Selengkapnya;
https://www.industry.co.id/read/8373...donesia-gimana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 23:04
Pake vaksin pak terawan dong nih? Duh mana ane belom sekali pun divaksin emoticon-Cape d... emoticon-Matabelo
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
09-04-2021 00:08
ini pandemi sedunia, yg produsen hanya segelintir negara, berarti yg konsumennya ada ratusan negara.
Berhubung judulnya hanya menyebut-nyebut RI, kok ya so far ngga ada yg singgung2 soal negara lain selain RI yg juga sama2 konsumen ?

https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-covax-impact-idUSKBN2BM0JS

Selain RI, ada negara Filipina, Vietnam, dan Korea Selatan yg juga menjadi "korban" dari hal ini.
Jepang pun merasakan akibatnya.

Oooo .... ini BP ya ? emoticon-Big Grin
ngga jadi minat diskusi deh emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Diubah oleh adrifebri
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
09-04-2021 00:21
Bukanya bio farma bisa produksi sinovac?
Kapasitas per bulan brp bio farma.
emoticon-Bingung
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
09-04-2021 00:22
Teracloud :

" Tenang saja, nanti juga sembuh sendiri kok "

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
09-04-2021 05:03
Saatnya membuat vaksin sendiri....kalau gak boleh mengimpr dari luar negri.....
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
09-04-2021 06:21
Bio farma katanya uda bisa produksi vaksin?
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
09-04-2021 07:14
Harusnya perbanyak produksi kalung anti corona emoticon-Cool
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
09-04-2021 07:24
Bikin vaksin sendiri aja. Emang orang indonesia ga ada yang pinter apa. Bikin pake political will biar kuat.
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
09-04-2021 07:25
Bikin sendiri dong
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
09-04-2021 07:31
Perbanyak wudhu...eh emoticon-Ngacir
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
09-04-2021 08:47
klo uda gini, bisa" orang yang uda dapet vaksin di indo ga efektif juga kan

keburu banyak mutasi covid baru yg bisa bikin vaksin ga efektif emoticon-Takut (S)
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
09-04-2021 12:27
memang susah jadi negara impor, udah keliatan kurang cerdas duit utangan lagi, yang penting yakin dan tetap percaya diri emoticon-Entahlah
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
09-04-2021 20:09
Maka.. Terjadilah menurut perkataannya, untuk membenci produk asing
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia