Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
100
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606b8c5f3a9b532f572055e5/fatal-familial-insomnia-penyakit-susah-tidur-berujung-kematian-bagi-penderitanya
Gejala insomnia kadang bisa menyerang siapa saja, termasuk ane, GanSist. Biasanya ane tidur di jam-jam tengah malam. Namun, ane juga bisa pelor, GanSist, nempel molor, tergantung situasi dan kondisi aja. Nah, biasanya gejala susah tidur ini bisa dipicu oleh masalah mental, pekerjaan yang menuntut waktu hingga jam istirahat pun terenggut, pertambahan usia, hingga jika GanSist berada dalam p
Lapor Hansip
06-04-2021 05:17

Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
sumber
Gejala insomnia kadang bisa menyerang siapa saja, termasuk ane, GanSist. Biasanya ane tidur di jam-jam tengah malam. Namun, ane juga bisa pelor, GanSist, nempel molor, tergantung situasi dan kondisi aja. Nah, biasanya gejala susah tidur ini bisa dipicu oleh masalah mental, pekerjaan yang menuntut waktu hingga jam istirahat pun terenggut, pertambahan usia, hingga jika GanSist berada dalam perjalanan jauh.

Insomnia jika berlangsung lama bisa berakibat buruk bagi tubuh, ya, GanSist, kurangnya tubuh mendapatkan haknya untuk beristirahat terkadang membuat hilangnya konsentrasi aka nggak fokus, berkurangnya nafsu makan hingga mengakibatkan masalah pencernaan, dan masih banyak masalah lainnya.
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
sumber
Jika selama ini, ane hanya mengenal istilah insomnia, ternyata ada suatu penyakit langka tentang gangguan tidur ini loh, GanSist, namanya Fatal Familial Insomnia. Penyakit insomnia akut yang membuat penderitanya meregang nyawaemoticon-Takut

Penyakit FFI ini merupakan penyakit langka yang diturunkan secara turun temurun oleh anggota keluarga yang bersangkutan. FFI adalah penyakit genetik yang disebabkan oleh mutasi gen PRNP, gen yang menghasilkan protein lebih banyak di dalam tubuh. Mutasi gen inilah yang merusak protein yang dihasilkan. Mutasi gen ini juga menyebabkan kerusakan pada thalamus, bagian otak yang mengendalikan siklus tidur kita dan juga mengendalikan beberapa bagian otak agar terus berkomunikasi atau terhubung satu dengan lainnya tanpa henti, pengatur sensor dan motorik.
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
sumber
Fatal Familial Insomnia ini tercatat pernah dialami oleh seorang dokter di Venesia pada tahun 1765. Saat itu ia menderita kelumpuhan dan sulit tidur dalam jangka waktu yang lama. Hingga akhirnya ia meninggal dunia. Diketahui ia menderita FFI yang langka. Penyakitnya ia wariskan kepada keponakannya. Dari sanalah kemudian penyakit ini terus menerus diwariskan ke anak cucunya.

Pada tahun 1991, kasus FFI juga menimpa seorang guru musik di Chicago bernama Michael Corke, saat ia berusia 40 tahun, Michael mulai mengalami insomnia. Insomnianya semakin parah hingga mengakibatkan kesehatan tubuhnya menurun drastis, pada akhirnya ia divonis mengidap depresi berat. Tak membutuhkan waktu lama, hanya dalam 6 bulan semenjak gejala awal ditemukan, ia meninggal dunia.

FFI sendiri merupakan salah satu gangguan pada manusia yang disebut Prion Desease. Prion Desease sendiri adalah suatu kategori penyakit otak fatal yang langka terjadi, ia menyerang sistem syaraf dan merusak fungsi otak. Penyakit ini mengakibatkan gangguan dalam hal mengingat, penurunan kecerdasan, perubahan sifat dan prilaku, hingga insomnia.

Penyakit ini akan menyerang dan dirasakan penderitanya saat mencapai usia 40 hingga 50 tahun. Para dokter menduga-duga bahwa gen PRNP akan bangkit saat jaringan otak mulai melemah di saat bertambahnya usia. Penyakit FFI sampai saat ini tercatat ada 40 keluarga yang mengidapnya di seluruh dunia. Kabar buruknya, belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini.

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Sehat dan bahagia selalu.

Sumber referensi di sini


profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurika dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 07:34
Aku bisa 48 jam gak tidur Mak.
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 07:37
kebanyakan kafein atau nggak overthinking
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 07:39
Saya berhasil bebas dari masalah susah tidur cuma dengan berhenti minum kopi dan teh, dan berhenti merokok dan vaping emoticon-Big Grin
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 07:46
Serem juga kalau sampai mati ya
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 08:42
Ane dah jarang insom lagi
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 09:06
Kalo ane mah tidur gampang2 aja
yg susah tuh bangunnya
alarm bunyi aja ane matiin

emoticon-Ngakak
profile-picture
ronnie158 memberi reputasi
1 0
1
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 09:12
Emang semua yg berlebihan itu gak baik ada benernya yak. Fatal familial insomnia misalkan, maybe ini kebalikannya dari sindrom putri tidur jadi penderita sindrom ini bisa tidur berjam2 diluar batas normal aka hipersomnia ..
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 09:41
Serem sekalii g bisa tidur bisa jadi kematiian.. temen ane juga pernah kayak gitu.. depresi episode niih..
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 10:10
ada satu teman komunitas memilih Euthanasia alias bunuh diri legal gegara penyakit ini. Katanya doi sampai gak bisa bedain mana mimpi dan realita gegara gak bisa tidur sama sekali. ngeri
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 10:48
Serem bre, bikin ga bisa tidur berhari2, rasanya bikin stress aja emoticon-Takut
profile-picture
kurapbadak memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 11:10
Ane kadang insomnia lagih emoticon-Takut (S)
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 11:31
Kalau baru bisa tidur sekitaran jam 2 malem terus termasuk ini kgk sih gan, padahal jam 8 pagi dah harus aktifitas kerja, dan udah sekitar 2 bln gw kaya gini emoticon-Takut
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 11:32
Pernah sekali dua kali gak tidur sampai 24 jam, emang gak terasa ngantuk dan biasanya karna lagi asyik berfikir bukan stres ya
Kasusnya kalo ane misal lagi asyik ngulik lagu nih pake gitar bisa ampe pagi ga tidur blas...pagi siangnya tetep beraktivitas biasa
Efek capek ngantuk baru dirasain sore malemnya jam 7an gitu, dan stlh tidur pun esok pagi kemudian bangun tetep badan ga seger 🙃
Kesimpulan ane, jam tidur yg hilang atau kurang itu tidak bisa diganti atau dilunasi hari berikutnya, yg terbaik ya teratur tiap harinya tidur cukup 6-8 jam tiap 24 jam nya...tidak masalah jadwal tidurnya siang atau malam yg penting kuantitas dan kualitas tidurnya cukup di hari tsb
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 12:03
Ini pasti dari 9gag
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 12:19
Selama masih bisa mengantuk bersyukur gan tandanya respon tubuh untuk tidur masih bisa. Yg susah itu klo ga ada ngantuk sama sekali. Dipaksa tidur juga ga optimal tidurnya.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 12:47
kebiasaan ane nih ngeri juga, tidur kalo blom subuh gak bakalan bisa
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 13:13
ternyata ada juga penyakit imsonia kut seperti ini gan, sepertinya lebih mengarah kepada depresi berat ini penyebabnya, makanya mereka susah tidur
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 13:55
ane imsomnia kalau udh depan pc 🙂
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 14:02
wah ngeri juga ternyata dampak dari insomnia, kadang ane juga kayak gitu tuh, anehnya itu gara gara ane begadang ngerjain tugas, terus waktu udah selese, mau tidur, ternyata susah banget tidur
0 0
0
Fatal Familial Insomnia, Penyakit Susah Tidur Berujung Kematian Bagi Penderitanya!
07-04-2021 14:55
usia faktor utama ya .. ? 40-50 mulai bangkit gen nya ..emoticon-Salah Kamar
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia