• Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Info Wisata Pantai Kukup, Gunung Kidul. Harga Tiket, Alamat & Tips Berkunjung

kenzie16465Avatar border
TS
kenzie16465
Info Wisata Pantai Kukup, Gunung Kidul. Harga Tiket, Alamat & Tips Berkunjung

Pantai Kukup - Instagram.com/jejakkenzie



Berbicara mengenai tempat wisata di Gunung Kidul, pasti tak lepas dengan deretan pantai yang indah dan eksotis, salah satunya Pantai Kukup Gunung Kidul.

Pantai Kukup memang sudah cukup populer di kalangan pecinta pantai. Selain deburan ombaknya yang gahar, di pantai Kukup juga terdapat sebuah Pulau Karang yang menjadi gardu pandang untuk menikmati view pantai dari ketinggian.

Karena saking populernya, hampir setiap hari pantai ini selalu ramai wisatawan. Nah, bagi agan sista yang berencana untuk liburan ke Pantai Kukup Gunung Kidul, simak info lengkapnya berikut ini, yuk!


Alamat & Lokasi


Pantai Kukup - Instagram.com/jejakkenzie

Pantai Kukup berada di alamat Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasinya bersebelahan dengan Pantai Ngrawe (Pantai Mesra) dan Pantai Baron Gunung Kidul.

Dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Kukup berjarak sekitar 62 kilometer dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam 50 menit (via Wonosari).


Rute

Ada beberapa rute yang bisa agan sista akses untuk menuju ke Pantai Kukup. Tapi, karena waktu itu saya menggunakan rute via Wonosari, maka yang akan kita bahas kali ini adalah rute via Wonosari.

Dari Kota Yogyakarta, arahkan kendaraan menuju Jl. Mataram dan ambil jalur menuju ke Jl. Wonosari.

Tetap arahkan kendaraan di Jl. Wonosari hingga ke Jl. Nasional III.

Di Jl. Nasional III agan sista tinggal lurus aja sampai menemukan SPBU Siyono dan Bundaran Siyono. Di situ agan sista belok kanan menuju ke Jl. Kyai Legi - Jl. Raya Wonosari-Paliyan.

Kemudia, agan sista tinggal lurus saja hingga memasuki Jl. Pantai Selatan Jawa.

Setelah itu tinggal ikuti jalan menuju Pantai Kukup dengan mengikuti papan petunjuk arah yang sudah disediakan sampai agan sista tiba di area parkir pantai yang ditandai dengan Gerbang bertuliskan Pantai Kukup.


Harga Tiket & Jam Operasional


Pantai Kukup - Instagram.com/jejakkenzie

Harga tiket masuknya cukup murah, lho gan sist. Di gerbang sebelum sampai di lokasi, agan sista hanya perlu membayar Rp10.000 per orang.

Harga tiket tersebut merupakan tiket untuk memasuki kawasan pantai, yang artinya tidak untuk Pantai Kukup saja melainkan untuk pantai-pantai di sebelahnya juga.

Setelah membayar tiket masuk, agan sista tinggal membayar parkir kendaraan ketika sampai di lokasi. Biaya parkirnya sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Murah meriah, bukan?


Daya Tarik

Bukan tanpa alasan kenapa Pantai Kukup bisa sepopuler seperti sekarang ini. Tentunya terdapat berbagai hal menarik hingga sukses menyita perhatian wisatawan untuk datang ke Pantai Kukup.

Dari banyaknya daya tarik yang dimiliki Pantai Kukup, berikut beberapa diantaranya;


Pulau Karang


Pantai Kukup - Instagram.com/ekosaputro.my.id

Di Pantai Kukup terdapat Pulau Karang yang menurut saya pribadi menjadi daya tarik utama dari pantai ini. Pulau karang ini bisa agan sista akses menggunakan jembatan yang tersedia untuk mendapatkan view pantai dari ketinggian.


Spot Foto yang Memesona


Pantai Kukup - Instagram.com/yun.ie_

Dengan adanya Pulau Karang tersebut, agan sista bisa mendapatkan view pemandangan pantai yang sangat memesona. Di sini agan sista bisa foto-foto sepuasnya dengan latar belakang pemandangan pantai dari ketinggian.


Melihat Aneka Biota Laut


Pantai Kukup - Instagram.com/jejakkenzie

Saat air laut sedang surut, agan sista bisa dengan mudah melihat aneka biota laut di pinggir pantai. Seperti bulu babi yang berwarna hitam, ikan-ikan kecil, kerang serta alga laut, dan masih banyak lagi.


Sangat Cocok Untuk Berwisata Keluarga


Pantai Kukup - Instagram.com/jejakkenzie

Pantai Kukup bisa menjadi pilihan yang tepat bila agan sista wisata bersama keluarga dengan mengajak serta anak-anak. Di sini agan sista bisa mengajak anak-anak bermain air sambil berburu biota laut di pinggir pantai menggunakan jaring dan ember kecil.

Jika agan sista tidak membawa peralatan, di sekitar pantai sudah ada banyak penjual ember dan jaring yang bisa agan sista beli untuk bersenang-senang bersama anak.


Tips Berkunjung ke Pantai Kukup

• Kawasan Pantai Kukup memang cukup panas. Tetapi sebelum sampai di pantai, agan sista akan menempuh perjalanan yang melewati perbukitan dengan suhu khas pegunungan. Jika agan sista datang menggunakan motor, sebaiknya kenakan pakaian yang sekiranya hangat.

• Waktu terbaik mengunjungi Pantai Kukup adalah pagi hingga sore. Bukan karena objek wisatanya yang tutup. Tapi jalan menuju lokasi yang masih minim penerangan serta jalannya yang sangat berkelok menjadikannya cukup seram saat dilewati pada malam hari.

• Cek kendaraan sebelum berangkat. Karena agan sista akan menempuh perjalanan yang berkelok dan naik turun yang cukup ekstrim.

• Tingkatkan kewaspadaan ketika mengemudi jika agan sista berangkat pagi-pagi. Terkadang kabut masih tebal meski hari sudah menjelang terik. Hati-hati, ya!

• Karena sudah sampai di Pantai Kukup, sebaiknya kunjungi juga pantai yang ada tepat di sebelahnya, yaitu Pantai Ngrawe atau yang sering disebut Pantai Mesra. Hanya perlu jalan kaki, kok.

• Sewa tikar harganya Rp 20.000. Tapi jika agan sista benar-benar membutuhkan tikar, lebih baik jangan menyewanya. Mendingan pergi ke warung-warung pinggir pantai dan beli kelapa muda seharga Rp 15.000. Jika membeli kelapa muda, agan sista akan mendapatkan kelepa muda tersebut plus fasilitas tikar untuk minum kelapa muda dan menikmati susana pantai.


Pantai Kukup - Dok. Pribadi

• Karena Pantai Kukup merupakan pantai dari Laut Selatan Jawa, maka ombak di sini cukup besar. Oleh karena itu tetap waspada dan hati-hati ketika bermain air, ya. Terlebih jika agan sista datang bersama anak-anak. Jangan sampai mereka lepas dari pengawasan.


Pantai Mesra - Instagram.com/yun.ie_


Pantai Mesra - Instagram.com/ekosaputro.my.id

Demikian informasi tentang Pantai Kukup yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk agan sista yang punya agenda berlibur ke Pantai Kukup Gunung Kidul.

Tambahan

Quote:


Quote:



Spoiler for TS:




Diubah oleh kenzie16465 08-04-2021 10:32
nilwatikta1965
minhakim20
dhinyzfrn
dhinyzfrn dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.2K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.