Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sejarah Marcha Real, Lagu Kebangsaan Spanyol Yang Tidak Memiliki Lirik Resmi

dellesologyAvatar border
TS
dellesology
Sejarah Marcha Real, Lagu Kebangsaan Spanyol Yang Tidak Memiliki Lirik Resmi
Sejarah Marcha Real, Lagu Kebangsaan Spanyol Yang Tidak Memiliki Lirik Resmi


Hello GanSis Selamat Pagi, Selamat Long Weekend dan Selamat Paskah buat teman-teman, GanSis yang merayakan, walaupun di tengah Pandemi semoga kekhidmatan perayaan paskah tidak hilang ya GanSis.

emoticon-Salam Kenalemoticon-Salam Kenalemoticon-Salam Kenalemoticon-Salam Kenalemoticon-Salam Kenal

Hari ini Kreator mau bagiin pengetahuan baru buat GanSis dan khususnya buat Kreator juga nih. Sebelum masuk ke inti thread ini Kreator mau ucapin turut berbelasungkawa untuk korban teroris pengeboman gereja di Makassar dan kreator mengutuk aksi terorisme yang dilakukan seorang wanita di mabes polri, apapun yang dilakukan atas nama jihad tidak dibenarkan untuk membunuh sesama manusia dalam keadaan damai seperti saat ini.

Baiklah GanSis kali ini kreator mau menginfokan tentang salah satu lagu kebangsaan dari Spanyol nih yang dibilang cukup unik. Jika biasanya setiap lagu kebangsaan memiliki lirik yang menggambarkan semangat untuk mengobarkan nasionalisme, dan juga semangat memperjuangkan tanah air. Hal ini tidak berlaku bagi lagu kebangsaan Spanyol. Pasalnya lagu kebangsaan Spanyol ini tidak memiliki lirik resmi, pasti GanSis bertanya-tanyakan kok bisa gak punya lirik resmi?.

Sejarah Marcha Real, Lagu Kebangsaan Spanyol Yang Tidak Memiliki Lirik Resmi
Sumber Gambar

Jadi GanSis ada sejarah dibalik Marcha Real atau lagu kebangsaan Spanyol ini. Pada awalnya lagu kebangsaan Spanyol ini bernama Marcha Granadera sebagai lagu untuk Granadier yang merupakan sebuah pasukan khusus Spanyol pada tahun 1770 yang diciptakan oleh Manuel Espinosa de Monteros. Saat itu Raja Carlos III memerintahkan lagu ini selalu dimainkan dalam setiap acara-acara kenegaraan serta kerajaan, sehingga rakyat Spanyol pada saat itu menganggap bahwa lagu ini merupakan lagu khusus untuk keluarga kerajaan sehingga menyebut sebagai "Marcha Real" atau disebut Mars kerajaan.

Pada masa kekuasaan Ratu Isabel II yang memerintah tahun 1830 hingga 1904 yang menjadikan lagu ini sebagai lagu kebangsaan resmi Spanyol. Saat Spanyol sempat mengalami kudeta pada tahun 1868 dan berganti model pemerintahan provisional. Jendral Juan Prim sebagai seorang pemimpin provisional hendak mengganti Marcha Real dengan mengadakan kontes membuat lagu kebangsaan yang baru. Namun sayang nih GanSis, saat kontes sayembara membuat lagu nasional yang baru tidak ada satupun yang cocok. Lalu disaat setelah terjadi kudeta Spanyol kembali menjadi monarki saat itu Raja Alfonso XIII mengembalikan Marcha Real sebagai lagu kebangsaan Spanyol.

Sejarah Marcha Real, Lagu Kebangsaan Spanyol Yang Tidak Memiliki Lirik Resmi
Sumber Gambar

Marcha Real kembali diganti saat monarki kembali digulingkan dan Republik ke-2 Spanyol yang diprakasai oleh kaum kiri berdiri pada tahun 1931. Lagu kebangsaan Spanyolpun berubah dari Marcha Real ke Himno de Riego", sebagai sebuah bentuk penghormatan kepada Rafael Riego seorang jenderal Spanyol yang saat penggulingan monarki kedua kali dia membentuk pemerintahan Liberal berbentuk Republik di Spanyol. Lalu ditahun 1936 sampai 1939 saat Spanyol mengalami perang sipil yang kemudian menyingkirkan Republik kedua Spanyol dan memulai rezim diktator yang dipimpin oleh Francisco Franco. Franco kemudian pada saat memimpin mengembalikan Marcha Real sebagai lagu kebangsaan Spanyol dengan melakukan perubahan lirik pada lagu tersebut.

Perubahan lirik ini dimaksudkan untuk mengubah beberapa lirik yang bersifat monarkis menjadi nasionalis, namun sejak 1978, lirik dalam Marcha Real dihapuskan dan kini hanya instrumentalnya saja. Hal ini dilakukan untuk menghapus jejak rezim Franco pada serta agar tetap bisa diterima oleh etnis minoritas yang kerap kali dipersekusi saat zaman rezim Franco seperti Catalan dan Basque. Namun ada wacana yang menguat di Spanyol untuk membuat lirik kembali namun belum terlaksana saat ini. Jika GanSis melihat di youtube atau mendengar lagu kebangsaan Spanyol dengan lirik besar kemungkinan itu adalah Marcha Real era Franco, namun aslinya Marcha Real tidak memiliki lirik resmi hingga saat ini. Makanya kalau GanSis lihat perhelatan olahraga baik bola, maupun motogp jika yang menang atau pemain Spanyol bermain dan dimainkan lagu kebangsaannya kadan kita suka liat para pemain hanya diam saja, karena ini tadi Marcha Real ini tidak memiliki lirik yang resmi untuk sebuah lagu kebangsaan.

Sejarah Marcha Real, Lagu Kebangsaan Spanyol Yang Tidak Memiliki Lirik Resmi
Sumber Gambar

Jadi begitu GanSis sejarah dari lagu kebangsaan Spanyol yang terbilang cukup unik karena tidak memiliki lirik resmi sebagai sebuah lagu kebangsaan. Semoga info ini menambah pengetahuan sejarah GanSis ya lebih khusus buat kreator pribadi. Sebelum akhiri thread ini kreator mau ucapin

Selamat Paskah dan Jumat Agung buat GanSis umat Kristiani, dan Turut belasungkawa kepada korban tindakan pengebomam di Makassar, apapun yang terjadi teroris sejatinya tidak memiliki agama, sekalipun mengaku salah satu agama, apa yang di pelajari dan di imani tidak dengan penuh melainkan hanya mengambil penggalan yang menurutnya benar.

Sekian thread kreator kali ini Terimakasih dan Selamat long weekend buat GanSis semua.

emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Quote:



Diubah oleh dellesology 02-04-2021 01:15
indrag057
ahsandafa
emineminna
emineminna dan 21 lainnya memberi reputasi
22
6.6K
38
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.