Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zahranaaAvatar border
TS
zahranaa
Islam moderat di mata TGB
Quote:

Islam sebagai agama wasathiyyah yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan terbuka semestinya menjadi desain besar corak Islam Indonesia. Meminjam istilah Cak Nur, "Umat Islam harus kembali percaya sepenuhnya pada kemanusiaan, yang berimplikasi pada masa depan Islam yang tidak bertentangan pada nilai-nilai kemanusiaan dan kemoderenan."

Implikasi bahwa Islam merupakan agama kemanusiaan berarti Islam percaya sepenuhnya pada harkat dan martabat manusia sebagai ciptaan Tuhan. Orang yang percaya kepada Tuhan dengan makna sesungguhnya akan juga menghormati dan tidak saling membunuh sesama manusia. Mereka tidak lagi mengatakan bahwa yang hidup di luar Islam sebagai "gangguan" dan kafir.

TGB sebagai Cucu dari Islam Wathaniyyah, mengajak seluruh ummat Islam untuk moderat dalam hal beragama. Indonesia merupakan negara multi agama, dengan corak pemikiran yang berbeda. hal ini diupyakan untuk tetap satu ideologi yaitu pancasila serta mencapai tujuan dari sebuah bangsa yakni perdamaian yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan. 
0
1.8K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.