• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Teknologi Pakaian Pintar Ini Sudah Di Depan Mata, Bersiaplah Untuk Selalu Sehat!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Teknologi Pakaian Pintar Ini Sudah Di Depan Mata, Bersiaplah Untuk Selalu Sehat!


[ HT# 720 ]

Ke depan dunia fashion tidak hanya menampilkan pakaian yang terlihat indah dan nyaman saat dipakai, tapi lebih dari itu dimana fashion juga akan semakin pintar dan mengerti apa yang dibutuhkan oleh tubuh dikala kita tidak menyadarinya. Teknologi yang disebut 'tekstil penginderaan modern' sebentar lagi akan hadir.

Hm, sepertinya menarik ya gan en sista, sebuah pakaian yang mampu memperingatkan kita agar selalu berada di posisi atau postur tubuh yang sehat sesuai anjuran kesehatan, pun ditambah lagi menurut ahlinya teknologi pintar ini mampu memberikan advise olah raga apa yang cocok baginya.

Tentu saja ini menjadi terobosan yang luar biasa, harapannya nanti lewat dunia fashion semua manusia akan tampil modis, tetap nyaman, tapi juga tetap sehat.




Dalam hal ini Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah mengembangkan pakaian cerdas yang membantu postur tubuh kita jadi lebih baik lagi, teknologi ini seperti sebuah asisten pribadi yang sangat personal dalam bentuk pakaian.

Pakaian cerdas ini menurut mereka dalam program CSAIL nya mampu melacak pergerakan tubuh kita, bisa memprediksi postur dan kinerja kita sehari-hari.Tentu pakaian ini nantinya sangat cocok buat mereka yang ingin terapi atau memiliki kebiasaan/ aktifitas buruk terhadap keseharian pada postur tubuhnya.



Kandungan serat Piezoresistif yang ada pada pakaian ini memiliki serat khusus yang mampu membaca tekanan tubuh lalu mengubahnya menjadi sinyal listrik. Serat ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan biasa ditemukan pada serat tekstil pakaian olah raga zaman sekarang namun ditambahkan serat khusus sebagai penginderaan pintar.

Dengan demikian ketika kita sedang duduk, bergerak di posisi postur yang tidak tepat makan serat ini akan bekerja mengumpulkan data dan menyarankan kita untuk berada diposisi yang benar. Mungkin reaksinya seperti ada alarm getaran atau 'cubitan' kecil pada titik tertentu.



Dalam uji coba awal mereka telah membuat prototipe berupa kaus kaki pintar, rompi, sarung tangan hingga lengan robot. Kaus kaki ini akan melacak pergerakan pemakai saat berjongkok, menerjang, atau berjalan. Sedang rompi pintar akan mendeteksi jika pemakai sedang meletakkan tangannya di dada atau sedang bersandar pada suatu benda.

Kelebihan lain pakaian ini juga akan merekomendasikan jenis olah raga apa yang cocok berdasarkan kebiasaan kita sehari-hari agar mengembalikan postur tubuh kita di posisi yang benar dan mampu mempercepat pemulihan cidera otot pada atlet. 

Referensi.  [url=https://lqjlsyop6poepygblmyf3b65cm--www-natureS E N S O R.translate.goog/articles/s41928-021-00558-0?error=cookies_not_supported&code=9f96f746-cf14-4030-a8a3-07bb75f17af9#rightslink]TKPeh 1, [/url]TKPeh 2
Img.google img, MIT





Copyright © 2016 - 2021 iskrim™
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh KS06 04-04-2021 08:48
Junmai92
blue.birb
indramamoth
indramamoth dan 24 lainnya memberi reputasi
25
4.8K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.