bruce12345Avatar border
TS
bruce12345
Kisah Penciptaan Alam Semesta Dari Babilonia

Sumber

Selamat Pagi, Siang dan Malam agan sista apa kabar? Berharap anda semua tetap sehat dan tetap dalam lindungan yang Maha Kuasa. Oke welcome to my thread. 


Kali ini ane ingin membahas tentang kisah penciptaan, agan sista semua tentu tau dong banyak sekali teori dan fersi penciptaan yang berkembang belakangan ini. 

Babilonia terletak di Selatan Mesopotamia tepatnya di tepian sungai Efrat, di dekat tempat yang sekarang di sebut Al Hillah, Irak di wilayah Sumeria dan Akkadia. Babilonia terkenal dengan berbagai macam ajarannya mulai dari ilmu perbintangan (astronomi), peramalan (astrologi), ajaran mengenai jagad raya (kosmologi), gerakan benda2 langit dan rahasia penciptaan yang terdapat pada benda2 langit hingga asal usul penciptaan alam semesta.

Karena peradapannya yang maju Babilonia di kenal sebagai pusat ilmu pengetahuan di masa itu (sekitar tahun 612 SM). 

Sebuah penggalian yang di lakukan oleh Layard dan Rassan (1850-1854) dalam perpustakaan raja Ashurbanipal (668-626 SM) ditemukan banyak sekali lempengan tanah liatnya, nah di antara lempengan2 tanah liat itu di temukan apa yang disebut kisah Babilonia tentang penciptaan. 

Dalam lempengan itu di kisahkan bahwa dewa Agung Marduk dan dewi kedalaman, Tiamat yang berkonflik menurut beberapa catatan ia berkonflik dengan dewa Marduk karena ingin membalaskan kematian sang suami (Dewa Apsu) tetapi rupanya dewi fortuna tidak berpihak padanya sehingga ia malah tewas di bunuh oleh dewa Marduk dan karena kemenangan ini  Marduk di puja baik oleh para dewa maupun manusia. 

Kisah penciptaan fersi Babilonia tertulis di atas 7 lempengan tanah liat, mungkin ini untuk di samakan dengan 7 hari penciptaan. Kisah Penciptaan manusia di temukan pada lempeng yang ke 6 yang mana sejajar juga dengan kisah penciptaan manusia di hari ke 6 sedangkan untuk kisah penciptaan alam semesta disebut pada lempengan yang ke 4. 

Meskipun terlihat persamaannya tetapi kita tidak bisa menolak fakta bahwa penciptaan fersi Babilonia yang politeistik dengan dewa2nya bertentangan dengan kisah penciptaan fersi agama2 Samawi yang mana alam semesta di ciptakan oleh Allah yang benar dan yang hidup. 


Oke sampai di sini thread kali ini, tetap jaga kesehatan dan sampai jumpa di thread2 selanjutnya. Baca juga Penyesalan Seorang Herodes Agung Setelah Membunuh Istrinya Mariamme


referensi   Ini ,  Ini , Ini ,dan Ini


J
angan lupa emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Star



Hatur Nuhun dan Sayonaraa...









anggrekbulan
pilotugal2an541
mamamuda869
mamamuda869 dan 41 lainnya memberi reputasi
38
12.4K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.