Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Ini Alasan Kenapa Garuk Luka Kering Itu Enak! Tapi Hati-hati Lho!

abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Ini Alasan Kenapa Garuk Luka Kering Itu Enak! Tapi Hati-hati Lho!

Source Image


Ini alasan kenapa garuk luka kering itu enak! Tapi hati-hati lho!


Gansis pernah jatuh? Terjatuh dan tak bisa bangkit lagi hehe. Kayak lagu aja. Tapi beneran jatuh nih. Misalnya jatuh karena salah injak. Terus sampe kegores kakinya, sampai kena lapisan kulit kedua dan keluar darah.

Aduh pasti rasanya perih ya. Seperih hatiku ditinggal nikah mantan huhuhuu. Enggak dong. Lebih perih luka gores ini. Apalagi kalau kena air. Hadeh rasanya perih-perih mantap. Pengen nangis tapi gak suka gelay haha.


Source Image


Ane pernah tuh naik motor, terus kepeleset roda motornya dan jatuh ke aspal kerikil. Hmm udah pasti lecet semua kaki ane. Hari pertama perihnya bukan main. Sampai minum pereda sakit tuh ane. Hari berikutnya udah lumayan gak perih.

Sudah gak perih tapi malah meninggalkan kenangan eh, maksudnya meninggalkan gatal hehe. Salah mulu ane. Pokoknya habis luka itu perih, beberapa hari kemudian kok malah gatel-gatel area lukanya. GanSis pernah gak?

Gatal pada saat proses penyembuhan luka merupakan suatu hal yang normal dan biasa terjadi ya gansis. Pada umumnya, gatal pada kasus kayak ane ini akan mereda dengan sendirinya. Kalau gak hilang, ya garuk terus hehe. Tapi hati-hati malah bikin lecet baru lho.


Source Image


Secara medis, gatal diluka ini tuh karena luka itu sendiri mengering, dan mau sembuh. Tapi karena sangat gatal dan bikin ane geregetan, akhirnya ane garuk juga tuh. Eh tapi gak langsung di lukanya ya, tapi disekitaran luka.

Pas garuk daerah yang gatal menimbulkan kenikmatan tersendiri dan tiada tara. Tau gak kenapa? Karena saat kita melakukannya, tubuh mengirimkan sinyal rasa sakit tingkat rendah ke otak. Sehingga kita akan reflek untuk menggaruknya.

Tapi ada juga rasa gatal pada bekas luka terjadi akibat rangsangan fisik, rangsangan kimia, dan juga regenerasi atau proses perbaikan syaraf. Beberapa contoh rangsangan fisik dapat berbentuk rangsangan mekanik, listrik, atau panas.


Source Image


Contohnya, pernah kan gansis berada didalam ruangan agak lama, terus keluar ruangan itu dan kebetulan lagi panas terik matahari. Pasti otomatis deh kepala ente gatal. Nah itulah rangsangan oleh panas kepada kulit kita.

Lalu ada rangsangan kimia yang menyebabkan gatal pada luka mungkin disebabkan oleh histamin. Histamin banyak terdapat pada luka keloid dan luka hipertrofik dan hal ini terjadi beriringan dengan pembentukan jaringan kolagen baru.

GanSis yang punya luka keloid pasti sering mengalami yang kayak gini. Ane dulu juga sering tuh karena minum obat buat nyembuhin keloid, eh malah gatal-gatal dibagian luka keloid itu.

Dan sekali lagi, gak boleh digaruk ya sebenarnya gansis. Kalau gatal dibagian luka, gak boleh digaruk. Karena selain nanti malah menimbulkan lecet baru, juga akan menghambat proses penyembuhan.


Source Image


Kalau dulu emak ane pernah membuat cara agar gatal ane hilang tanpa digaruk. Apa itu? Yaitu dikompresdengan yang hangat-hangat. Pernah emak ane kompres luka ane yang gatal dengan air hangat dalam gelas. Pernah juga abu habis perapian yang masih hangat dibungkus kain dan dikompreskan.

Cara ini cukup ampuh ya gansis. Dan gak hanya berlaku untuk luka yang gatal, tapi juga ke gatal-gatal yang lain, seperti alergi, biduran, atau gatal karenakena ulat bulu. Yang gak bisa cuma gatal karena kegatelan/ganjen haha.

Segitu aja dulu dari ane dalam thread gatal kali ini, semoga bermanfaat. Jumpa next thread.

Sumber: Opini pribadi
Referensi: Klik
@abdulqadirz©2021
fachri15
tien212700
yugeel
yugeel dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.4K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.