Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Tambah Koleksi Tanaman Hiasmu dengan Mempelajari Berbagai Teknik Progapasi Tanaman!

syududududuuAvatar border
TS
syududududuu
Tambah Koleksi Tanaman Hiasmu dengan Mempelajari Berbagai Teknik Progapasi Tanaman!


Halo Agan dan Sista!

Kalian semua pasti tau kan, kalau tanaman hias sedang ramai banget loh peminatnya disaat pandemi seperti ini. Yap! Daripada bosan di rumah tanpa melakukan aktivitas yang menarik, banyak orang yang memilih untuk mengisi waktu luangnya selama di rumah dengan merawat tanaman hias. Nah, saking ramainya peminat tanaman hias, membuat beberapa harga tanaman hias ini semakin melonjak loh.

Memiliki banyak koleksi tanaman hias di rumah tentu akan menyenangkan dan memberikan kepuasan tersendri, tapi kalau semua tanaman hiasnya kita beli sendiri kayaknya lama-lama kantong bakalan jebol deh. Nah, daripada uang terkuras habis membeli semua tanaman hias untuk menghias rumahmu, lebih baik beli beberapa tanaman hias saja lalu kalian perbanyak tanaman hiasmu sendiri.

Teknik perbanyakan tanaman ini biasa juga disebut dengan nama propagasi tanaman. Nah, untuk melakukan propagasi tanaman ini ada banyak caranya loh. Penasaran? Langsung bahas aja yuk beberapa teknik propagasi tanaman.



Setek



Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk memperbanyak tanaman adalah setek. Teknik setek ini dilakukan dengan cara pemisahan/pemotongan bagian tanaman yang nantinya akan distimulir untuk membentuk akar. Teknk yang satu ini memang terbilang sangat mudah GanSis, selain itu nantinya tanaman barunya akan memiilki sifat yang sama dengan tanaman induknya. Oh iya, kalau Agan dan Sista ingin melakukan setek, kalian bisa memilih batang yang sehat dan juga yang sudah muncul akarnya ya. Nah, setelah batangnya dipotong, kalian bisa mengolesinya dengan zat tumbuh bercampur desinfektan, lalu kalian bisa langsung menanamnya pada media tanam.


Cangkok



Cara lainnya untuk perbanyakan tanaman adalah cangkok. Pasti kalian udah pada pernah melakukannya kan? Biasanya sih hal ini dipraktekkan waktu pelajaran ipa saat duduk di bangku sekolah dasar. Mencangkok adalah sebuah proses yang dilakukan dengan maksud merangsang pertumbuhan akar pada batang tanaman induk yang nantinya akan menghasilkan tanaman baru yang juga memiliki sifat sama seperti indukannya. Oh iya, untuk teknik pencangkokan ini biasanya hanya dapat dilakukan pada tanaman-tanaman yang memiliki batang kayu.


Perundukan



Kalau kalian ingin memperbanyak tanaman merambat dan memiliki batang yang fleksibel, kalian bisa coba melakukannya dengan teknik perundukan. Perundukan biasanya dilakukan dengan cara dengan menempelkan batang yang sudah memiliki akar pada media tanam yang berbeda dari pohon induknya. Oh iya, jika kalian melakukan teknik seperti ini, jangan lupa untuk menahan batang tersebut dengan kawat ya, agar tetap menempel dan ketika tanamannya sudah tumbuh kuat, kawat tersebut bisa dicabut dan pohon sudah bisa dipisahkan dari pohon induknya. Tapi sayagnya, teknik perundukan ini terbilang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menumbuhkan akar baru.


Pemecahan Anakan



Kalau kalian merawat tanaman yang tumbuh merumpun dan groundcover kalian bisa mencoba cara pemecahan anakan untuk memperbanyak tanamanmu. Teknik yang satu ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan loh, kalian hanya tinggal memisahkan tanaman dengan pisau kecil atau bisa juga dengan menggunakan golok jika tanamannya terbilang cukup besar. Tapi ingat ya, memisahkannya jagan asal, karena bagian akarnya harus ikut terbawa pada masing-masing tanaman yang kalian dipisahkan. Oh iya, lamanya proses untuk teknik yang satu ini bersifat insidensial, karena semuanya tergantung pada situasi, misalnya apakah akar dalam pot sudah penuh atau tumbuhan sudah tumbuh terlalu rapat.



Itu beberapa teknik propagasi / perbanyakan tanaman yang bisa Agan dan SIsta lakukan untuk menambah koleksi tanaman hias kamu.



Nah, kalau kamu mau tau lebih dalam soal teknik-teknik propagasi makanan, kalian wajib banget ikutan HobbyGround 2021. Di HobbyGround, tepatnya di Blibli Pets & Plants akan ada Workshop : “Plant Propagation A to Z” bersama dengan Nyonya Destira sebagai pembicaranya, dan akan diadakan pada hari Minggu, 28 Maret 2021 (Pukul 14.00 - 15.00 WIB).

Jangan sampai ketinggalan ya!
rtrn
tien212700
ogahruwet
ogahruwet dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.