• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Sejarah PO Rosalia Indah - Nama Bus Ini Diambil dari Nama Anak Pertama Sang Pemilik

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Sejarah PO Rosalia Indah - Nama Bus Ini Diambil dari Nama Anak Pertama Sang Pemilik
Rosalia Indah atau akrab disebut Rosin, merupakan salah satu bus AKAP yang populer saat ini. Selain menghadirkan layanan armada bus tingkat, dari segi kenyamanan bus ini bisa dibilang juara. Bisa dibilang trayek-trayek dengan potensi pasar menjajikan sudah dimasuki oleh Rosalia Indah.

Bicara soal usia, Rosin termasuk bus senior yang eksis di dekade 1980-an. Namun, sampai saat ini bus yang punya garasi pusat di Palur ini masih aktif mengaspal dan semakin berkembang. Pada kesempatan kali ini ane akan membahas seputar sejarah bus lagi gan sist, sudah ane siapkan pembahasannya dibawah, selamat membaca.


Terinspirasi dari Nama Sang Anak


Bisnis jasa transportasi ini didirikan oleh pasangan suami istri, Bapak Yustinus Soeroso dengan Ibu Yustina Rahyuni pada tahun 1983. Awalnya usaha mereka hanya bermodalkan satu unit Colt Diesel dengan nomor polisi AD 9866 A, dengan membawa penumpang tujuan Solo-Blitar. Nama usaha pasangan suami istri ini terinspirasi dari nama anak pertama mereka yang bernama "Rosalia Indah", sama seperti PO Eka Mira yang juga mengambil nama sang anak sebagai nama bus.

Pada perkembangannya mereka kemudian membuka jasa travel dengan trayek Jogja-Surabaya, Jogja-Blitar/Malang dan terus berkembang sampai tahun 1991. Pada tahun 1991 Rosin mempunyai 5 armada “Bumel Non AC” dengan merk Hino tipe AK, dan sejak saat itu secara resmi Perusahaan Otobis (PO) Rosalia Indah resmi menjadi usaha bisnis perseorangan dengan izin usaha Biro Perjalanan Umum (BPU). Pada tahun yang sama Rosin juga mulai membuka rute AKAP sampai Jakarta.

Sangat mudah mengenali bus asal Palur ini gan sist, dari dulu Rosin konsisten memakai cat warna putih kombinasi oranye dan biru. Selain warna tersebut, pada perkembangannya Rosin juga menghadirkan warna baru seperti kuning dan silver.




Bus tingkat Rosalia Indah berbaju Legacy SR2.

Ilustrasi: mnews.com



Bicara soal chasis yang dipakai, Rosalia Indah punya banyak varian gan sist. Mulai dari Hino, Volvo, Scania, Isuzu sampai Mercedes Benz. Bisa dibilang segala macam produk bus mereka sudah punya.

Sementara untuk karoseri yang digunakan juga beragam, untuk urusan body Rosin pernah memakai body buatan karoseri Rahayu Santosa, GMM serta Restu Ibu Pusaka pada zaman dulu. Kalau zaman sekarang mereka memakai body buatan 3 karoseri ternama yakni Laksana, Adiputro dan Tentrem.

Bicara soal body lawas, ada salah satu jenis body yang dulu disebut body 'Banteng', buatan karoseri GMM yang pernah dipakai Rosin. Bus ini menggunakan chasis Mercedes Benz, yang menarik dari body ini yaitu terdapat kaca dibawah pintu. Selain itu Rosalia Indah juga pernah menggunakan body Skania buatan karoseri Restu Ibu Pusaka yang cukup terkenal di zamannya. Untuk model liverynya masih berupa garis, livery ini merupakan ciri khas bus zaman dulu.

Rosin juga pernah memiliki body bus langka buatan Adiputro, entah namanya apa TS juga belum tahu gan sist. Bus tersebut bermesin Mercedes Benz OH 1525, bagian lampu depannya menggunakan model marcopolo dan selendangnya tegak membentuk huruf B, serta kaca samping dibelakang pilar B terlihat lebih besar dari kaca dibelakangnya.




Body Banteng buatan karoseri GMM.




Memakai chasis Hino, entah tipe dan bodynya apa ?




Body Skania buatan Restu Ibu Pusaka.




Body Celcius buatan Rahayu Santosa.




Body langka buatan Adiputro.

Ilustrasi: ayonaikbis.com



Saat ini gan sist hampir seluruh kota besar di Jawa Timur dan Jawa Tengah sudah ada layanan bus AKAP Rosalia Indah, trayek terjauhnya di pulau Jawa adalah Jakarta-Jember. Sementara trayek lintas pulaunya sudah menembus Pulau Sumatera, sampai Lampung dan Palembang. Dengan trayek lintas pulau terbarunya adalah Jember-Palembang.

Yang menarik dari Rosalia Indah, bus mereka termasuk bersih dari aksesoris seperti boneka atau stiker yang tidak perlu gan sist. Entah kenapa bus tanpa aksesoris yang berlebihan lebih enak dipandang mata buat ane.

Rosin juga menyediakan sosok pramugari cantik di busnya gan sist, hal ini merupakan salah satu ciri khas Rosin, membuat kita serasa naik pesawat terbang. Biasanya sosok pramugari ini bisa ditemui di layanan kelas 'Executive Plus'. Tugas pramugari wanita ini sama seperti sosok kenek laki-laki, mulai dari menaik turunkan barang sampai memberikan fasilitas selimut, snack dan juga minuman.




Hino RK8 berbaju SR2.




Hino RK8 berbaju Avante.

Ilustrasi: fastrans22.blogspot.com




Micro bus dengan chasis Isuzu, biasanya melayani rute Malang-Yogyakarta.

Ilustrasi: ayonaikbis.com




Volvo B11R berbody Jetbhs UHD.

Ilustrasi: Andrew Santoso (Instagram)




Aku suka Scania emoticon-Malu (S), Scania K360iB berbody Jetbus.

Ilustrasi: beritatrans.com




Mercedes Benz OH 1626 berbody Jetbus.




Bus tingkat Rosin memakai Scania K410iB berbody Jetbus.

Ilustrasi: bus-truck.id



Selain beegerak di bidang jasa transportasi bus reguler dan pariwisata, Rosalia Indah juga melayani jasa pengiriman barang. Armada yang digunakan biasanya berupa bus serta truk. Rosalia Indah juga punya usaha pabrik air minum sendiri yang bernama Utra, pokoknya komplit, hampir semua bidang usaha dijalankan oleh Bapak Yusrinus Soeroso emoticon-Big Grin

Bisnis yang dirintis Bapak Yustinus Soeroso ini bisa dibilang sukses besar gan sist, selain pabrik air minum, untuk service makan, PO Rosalia Indah juga sudah memiliki usaha rumah makan sendiri. Bicara soal rumah makan, ada beberapa pilihan yang tersedia di Rest Area Rosin yang berada di Subang tersebut.

Beberapa menu di rumah makan ini adalah soto atau nasi campur dengan 3 macam lauk. Rumah makan Rosalia Indah di Subang ini bisa dibilang salah satu yang terbaik di lintas Jawa. Menu pilihan lainnya juga lengkap, mulai dari jajanan, berbagai minuman, hingga menu makanan dari daerah lain yang populer juga tersedia dengan harga yang terjangkau untuk standar rumah makan lintas Jawa.

Selain di Subang, Rosin juga menyediakn seevice makan di garasi pusat mereka. Biasanya yang isrirahat makan di garasi adalah bus jarak menengah ke arah Surabaya, Malang serta Purwokerto. Selain itu rumah makan yang jadi satu dengan garasi ini juga dijadikan tempat bersantai bagi calon penumpang yang berangkat dari garasi. Bagi yang ingin menjemput keluarganya di garasi Rosin, rumah makan ini mungkin bisa jadi pilihan untuk mengisi perut sembari menunggu anggota keluarganya datang.




Bus kargo.

Ilustrasi: harga.web.id




Rumah Makan Rosin di Kota Subang.




Rumah makan yang menjadi satu atap dengan garasi.

Ilustrasi: Google



Dari deretan bus yang eksis di era 1980-an, PO Rosalia Indah adalah salah satu yang paling sukses. Tak cuma bertahan, mereka juga terus berkembang. Untuk garasi pusat Rosalia Indah cukup strategis gan sist, tepat berada di pinggir jalan utama. Alamatnya ada di Jl. Raya Solo-Sragen Km. 7,5 Palur, Jaten, Karanganyar.

Demikian sedikit sejarah singkat tentang PO Rosali Indah gan sist, semoga bisa menambah wawasan baru but kita semua di bidang jasa transportasi. Bagi yang punya pengalaman menarik bersama Rosalia Indah, silakan nanti ikut berkomentar dibawah. Sampai jumpa lagi, keep ngaskus ya emoticon-Angkat Beer







Referensi: 1.2.3
Ilustrasi Gambar: ayonaikbis.com, google image
indramamoth
sutangragas
YogaAlif
YogaAlif dan 42 lainnya memberi reputasi
41
14K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.