Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Tips Cari Ide Nulis yang Anti-mainstream ala abdulqadirz
Tips Cari Ide Nulis yang Anti-mainstream ala abdulqadirz
Source Image

Tips cari ide nulis yang anti-mainstream ala abdulqadirz!!


Tips Cari Ide Nulis yang Anti-mainstream ala abdulqadirz

Halo agan dan sista, selamat pagi. Siapa yang hobinya nulis disini cung tangan!
Wah kalau hobi nulis kayak gitu udah gak khawatir kehabisan ide dong ya. Karena rutinitas yang dilakukan dengan senang hati pastinya gak bakal buat susah.

Apalagi para kaskuser penulis aktif di kaskus ini ane yakin dah pada mahir nulis dan punya segudang ide. Para suhu dan tetua (sebut aja gitu) di kaskus ini pasti di draftnya isinya ide nulis semua.

Kalau kayak ane gini yang baru belajar nulis di kaskus yah nunggu dan cari-cari secercah cahaya ide untuk nulis. Kalau udah mentok gak dapat ide ya ane berusaha mencari. Sampai usaha mencari ane itu membuahkan suatu jalan kebiasaan hehe.

Jadi cara ane untuk mencari ide nulis ini sudah ane lakukan dan efektif sih menurut ane. Kalau agan dan sista gak tau deh. Meskipun gitu tetap ane share di thread ini ya gansis. Berikut tips cari ide nulis ala abdulqadirz, Let's talk about it.

1. Berkenalan dengan orang baru


Dengan berkenalan dengan orang baru, selain kita dapat relasi dan pertemanan yang makin banyak, kita juga bisa bertukar pikiran dan pendapat. Nah dengan begitu kita bisa memiliki banyak referensi ide nulis dari saling sharing dengan teman baru tersebut.

2. Traveling/perjalanan jauh


Terbukti lho gansis, kalau kita melakukan traveling, otak kita bakal banyak berpikir dari apa yang mata lihat. Lalu dengan banyak yang kita lihat dari traveling tersebut, percaya atau tidak otak kita akan menemukan ide-ide segar untuk jadi bahan nulis. Coba deh!

3. Baca buku jadul


Ini juga terbukti pada ane. Membaca buku-buku terbitan awal tahun 2000an memperkaya literasi bacaan kita. Gak hanya buku, bisa juga diperoleh dari koran, majalah, bahkan kalau ada biografi tokoh-tokoh penting itu terbukti akan ada banyak hal penting yang terlewat oleh kita.

4. Dengar podcast masa kini


Nah berhubung sekarang zamannya udah canggih dan masa-masanya milenial, maka jangan mau ketinggalan ya gansis. Kita bisa memperoleh informasi dan memperkaya perbendaharaan kata kita melalui podcast masa kini. Contohnya di kaskus ini banyak podcast-podcast bagus.

5. Nonton film dokumenter


Menonton film bukan hanya menghibur. Namun kita juga bisa memperoleh ide-ide untuk nulis lho gansis. Apalagi yang genrenya dokumenter sejarah. Wah percaya gak percaya, otak kita tiba-tiba akan jadi penyimpan ide menulis yang membeludak.

Jadi begitu ya thread ane tentang tips cari ide nulis yang anti-mainstream ala abdulqadirz. Agan dan Sista ada yang punya pendapat lain, silahkan ditambahkan ya. Semoga bermanfaat.
Jumpa next thread.

Tips Cari Ide Nulis yang Anti-mainstream ala abdulqadirz
Sumber: Opini pribadi
Referensi: Pengalaman pribadi
@abdulqadirz©2021
Jefkyo
tien212700
riyonh989
riyonh989 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.5K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.