Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Isuzu Elf NLR 55 BLX, Sasis Microbus Andalan Travel Tanah Air

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Isuzu Elf NLR 55 BLX, Sasis Microbus Andalan Travel Tanah Air
Halo Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar Isuzu Elf NLR 55 BLX, yang menjadi sasis microbus andalan travel di Tanah Air.

Isuzu Elf NLR 55 BLX, Sasis Microbus Andalan Travel Tanah Air

Siapa yang tak kenal dengan microbus Elf ini? Mungkin Gansis kenal dengan versi lama dari Elf, yakni Elf dengan wajah "bulat" dan terkesan tidak gahar. Isuzu memberi pembaruan pada truk dan bus Isuzu Elf agar menggunakan grill terbaru dari Isuzu, lebih gahar khas Isuzu Giga yang merupakan truk medium duty-nya Isuzu.

Elf NLR 55 BLX diluncurkan pada Agustus 2017 lalu untuk menggantikan Elf NKR yang sudah terlalu "membosankan" dengan dasbor dan setir yang mungkin tak berubah sejak lama. Tentu, sebagai produk baru, NLR 55 BLX memiliki spesifikasi yang mungkin lebih tinggi ketimbang pendahulunya. Spesifikasi dari Isuzu Elf NLR 55 BLX ini adalah:

-Mesin 4JB1-TC Euro II, Turbo Intercooler, 2.771cc OHV, Direct Injection 4 silinder yang menghasilkan torsi 22,5kgm dan bertenaga 100ps.
-Transmisi MSB5M Manual 5 percepatan dengan 1 gigi mundur, final gear ratio 5,857
-Dimensi panjang 6,170 meter, lebar 1,835 meter, wheelbase 3,360 meter, dan tinggi bervariasi antara 2,17m sampai 2,3m (cmiiw), dengan power steering.
-Suspensi depan leaf spring, suspensi belakang leaf spring, dengan stabilizer, G.V.W 5,1 ton.
-Tangki solar 100 liter.
-Kapasitas driver+penumpang maksimal adalah 22 orang.

Isuzu Elf NLR 55 BLX, Sasis Microbus Andalan Travel Tanah Air

Sebagai sebuah sasis microbus, tentu Elf NLR 55 BLX hanya bisa dipasangi body microbus saja. Karoseri yang membuat body untuk Elf NLR 55 BLX ini sudah banyak, mulai Adiputro, Ling-Ling, Gunung Mas, Morodadi Prima, Hartono Putra, Edi Putra, dan lain-lain. 

Suspensi dari sasis microbus milik Elf memang terkenal nyaman, tetapi sayang mungkin tak senyaman kompetitornya. Ane hanya pernah menaiki yang versi lama, memang nyaman, seharusnya NLR 55 BLX baru ini nyaman.

Isuzu Elf NLR 55 BLX, Sasis Microbus Andalan Travel Tanah Air

Isuzu menyematkan teknologi yang mungkin lebih advanced dari pendahulu, tetapi belum bisa dibilang modern. Mulai dari mesin yang masih memakai sistem OHV Direct Injection, setir khas Elf zaman sekarang yang sudah modern, dan lain-lain. Mungkin teknologi yang terlalu advanced akan membuat Elf ini kurang laku di pasaran.

Elf NLR 55 BLX ini memiliki standar emisi Euro 2. Keunggulannya adalah masih sangat cocok dengan solar subsidi di Indonesia yang terbilang jelek, tetapi kekurangannya tak sehijau standar emisi Euro 3 atau diatasnya.

Isuzu Elf NLR 55 BLX, Sasis Microbus Andalan Travel Tanah Air

Kapasitas tangki dari Isuzu Elf NLR 55 BLX ini tergolong besar. 100 liter, artinya apabila dalam kondisi tangki penuh, Elf NLR 55 BLX dengan konsumsi BBM 1:12 bisa menempuh 1200 kilometer tanpa harus mengisi BBM di SPBU. 

Perawatan dari NLR 55 BLX terbilang cukup mudah. Dealer Isuzu sudah merata di Indonesia, sparepart tersedia banyak, populasi banyak dan NLR 55 BLX masih belum menggunakan teknologi terbaru.

Isuzu Elf NLR 55 BLX, Sasis Microbus Andalan Travel Tanah Air

Harga dari sasis Elf NLR 55 BLX ini adalah 290 juta rupiah. Oh iya, 290 juta rupiah itu termasuk body bagian depan, lampu depan, sasis, mesin, ban, velg dan lain-lain. Belum termasuk AC, body belakang dan jok belakang. Jika ditotal dengan body serta AC dan jok, Elf NLR 55 BLX dengan karoseri dari Hartono Putra varian fullspek menyentuh angka 550 juta rupiah, sementara kalau memakai karoseri seperti Morodadi Prima, harga ada di kisaran 450-500 jutaan. Beda karoseri, tentu beda harga.

Arti dari kode sasis ini adalah, "NLR" artinya sasis engkel buatan Isuzu, "B" artinya ini adalah sasis untuk kendaraan penumpang, "L" artinya ini adalah sasis versi panjang, sementara "X" artinya memiliki tangki dengan kapasitas 100 liter. 

Isuzu Elf NLR 55 BLX, Sasis Microbus Andalan Travel Tanah Air

Isuzu juga mengeluarkan varian lain dari sasis ini, seperti Elf NLR 55 B yang merupakan sasis pendek dengan tangki 75 liter, Elf NLR 55 BX yang merupakan sasis pendek dengan tangki 100 liter, Elf NLR 55 BL yang merupakan sasis panjang dengan tangki 75 liter, dan Elf NLR 71 BL yang merupakan sasis panjang dengan mesin yang lebih bertenaga dan tangki 75 liter.

Jadi, gimana pendapat Gansis seputar Elf NLR 55 BLX? Apakah Gansis berminat untuk membelinya? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih bila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!

Sumber: 12
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan atau mempromosikan siapapun.
Pic: Terlampir
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh ulungrinjani 28-03-2021 12:55
indramamoth
buday
BlueGuy.Banci
BlueGuy.Banci dan 25 lainnya memberi reputasi
26
7.7K
81
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.