ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Oleng, Fenomena Yang Digemari Tetapi Sangat Berbahaya
Halo Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia. Kali ini, ane bakal bahas seputar oleng, fenomena yang sangat digemari tapi sangat berbahaya.




Apakah Gansis pernah melihat sebuah sebuah goyang ke kanan dan kiri di kecepatan yang cukup tinggi? Itu dinamakan oleng. Oleng memang sudah merajalela dan digemari di Indonesia, tetapi dibalik itu, oleng sangat berbahaya.

Oleng atau body rolling ini merupakan apa yang terjadi ketika supir kendaraan memutar setir ke kiri dan kanan ketika terus menerus. Akibat dari adanya suspensi pada kendaraan, kendaraan akan goyang kekanan dan kiri, mengikuti gaya sentrifugal.


sumber gambar


Bahkan, oleng yang ekstrim bisa menyebabkan ban samping kendaraan terangkat, atau yang paling parah kendaraan bisa terguling akibat daya sentrifugal. Tak lupa, oleng yang gagal bisa menyebabkan kendaraan melaju tak terkendali ke arah kiri atau kanan dan bisa menabrak obyek di kanan atau kiri jalan.



Sebenarnya, oleng itu kalau menurut ane ya, tak ada manfaatnya sama sekali kecuali kalau mau menghindari obyek atau gimana. Tak ada manfaatnya, bikin kendaraan rusak, dan lain-lain. Pengendara lain dan pejalan kaki akan dibahayakan oleh kendaraan yang melakukan aksi oleng.




Oleng pada kendaraan bersuspensi udara dapat menyebabkan torque rod atau lengan ayun pada suspensi udara bisa rusak, bahkan yang paling parah balon dari suspensi tersebut bisa lepas. Sementara, pada kendaraan bersuspensi leaf spring standar, oleng dapat menyebabkan kerusakan pada bushing atau "dudukan atas" per dari leaf spring.

Jika Agan dan Sista ingin berkendara, pastikan kendaraan Gansis memenuhi hal dibawah ini.

1. Rem



Rem sangatlah penting untuk keselamatan. Tanpa rem, kendaraan bisa menabrak ketika harus melaju pelan. Seperti menabrak pintu di gerbang tol, menabrak "bokong" kendaraan, tembok, atau lain-lain.

Sudah banyak kecelakaan yang ditimbulkan oleh rem blong. Maka dari itu, Gansis harus mengecek kondisi rem sebelum berkendara.

2. Ban



Tanpa ban, kendaraan akan menjadi sebuah kendaraan dengan besi berputar yang tentu berbahaya. Ban umumnya diisi angin, dan akan sangat berbahaya apabila ban meledak di jalan. 

Pastikan alur ban masih dalam, kalau sudah tipis (kalau bannya regroovable) diukir dulu, kalau bannya tidak support regrooving atau pengukiran ganti saja ke yang baru. Pastikan juga ban tak benjol ataupun rusak, karena itu akan sangat berbahaya.

3. Steering

[url=https://S E N S O Rpixmoving/fine-tuning-steering-system-design-using-msc-adams-bb64692f4895][i][b][size=1]sumber gambar[/size][/b][/i][/url]


Sebuah kendaraan tak akan bisa berbelok apabila tak ada steering atau sistem setir yang mengontrol kendaraan. Pastikan sistem steering masih layak pakai, masih berfungsi normal. 

Jika steering sudah terasa sangat keras, ane sarankan bawa ke bengkel untuk diperbaiki. Sebab, kita tak akan bisa berbelok dengan mudah apabila steering terasa sangat keras.

4. Mesin

Tak ada mesin kendaraan tak bisa jalan, apalagi di jalanan menanjak. Mesin sangatlah penting. Maka, pastikan mesin berjalan dengan normal, sebab kendaraan tak akan bisa berjalan tanpa mesin, harus didorong.

z


Oleng memang sangat berbahaya. Tak ada gunanya kecuali menghindari sesuatu, akan banyak parts-parts yang cepat rusak di kendaraan, bahkan berpotensi merusak jalan karena berat akan terfokus pada ban bagian sebelah kanan atau kiri saja. Maka, hati-hati jika berkendara, jangan pernah tergoda untuk melakukan aksi oleng. Ane tegaskan lagi disini, aksi oleng akan membahayakan orang disekitar kendaraan dan orang yang didalam kendaraan.

Kalau dilakukan di game simulator sih tak apa-apa, wong tak membahayakan siapapun dan tak rugi sama sekali. Tetapi, kalau dilakukan di dunia nyata, oleng sangat berbahaya. Jangan pernah melakukan aksi oleng di jalanan. 




Jadi, gimana pendapat Gansis seputar oleng ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih bila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!

Sumber: 1
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan ataupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toastemoticon-I Love Indonesia

buday
Pinky.Sexy
BlueGuy.Banci
BlueGuy.Banci dan 28 lainnya memberi reputasi
29
6.1K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.