• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Koenigsegg Agera R - Inilah Mobil yang Tampil Dalam Film Need For Speed

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Koenigsegg Agera R - Inilah Mobil yang Tampil Dalam Film Need For Speed
Koenigsegg, nama produsen mobil mewah asal Swedia ini mungkin kurang familiar bagi sebagian orang. Namun, mobil buatan mereka punya kualitas yang bagus dan tak kalah dengan nama beken seperti Ferarri dan Lamborghini. Salah satu mobil buatan Koenigsegg pernah ditampilkan dalam film Need For Speed, film yang diadaptasi dari video game legendaris dengan nama yang sama. Pada kesempatan kali ini ane akan sedikit membahas mobil tersebut, sudah TS siapkan pembahasannya dibawah ini, selamat membaca.


Koenigsegg Agera R


Mobil ini diproduski mulai tahun 2011 sampai dengan tahun 2014, jumlah unit yang diproduksi tidak terlalu banyak, maka dari itu mobil ini termasuk barang langka. Koenigsegg Agera R termasuk jenis hypercar gan sist, merupakan salah satu kasta tertinggi bagi sebuah mobil.

Jenis mobil hypercar biasanya memiliki desain futuristik dengan lekuk body aerodinamis, tenaga yang dihasilkan biasanya diatas 400 horse power, bisa dibilang tenaga dan kecepatan mobil hypercar hampir setara dengan mobil balap di ajang F1.

Agera R waktu itu datang dengan tampilan baru, mengusung bahan karbon di kap depan dan bumper. Selain itu pada tenaga mesinnya juga meningkat dengan batas RPM yang dinaikkan. Koenigsegg adalah salah satu pabrikan hypercar yang mengambil langkah menuju teknologi ramah lingkungan dengan merilis biofuel CCXR pada tahun 2007. Untuk varian Agera R juga sudah bisa menggunakan bahan bakar jenis biofuel.

Biofuel sendiri adalah bahan bakar yang berasal dari bahan organik, salah satu bahan biofuel yang bisa kita jumpai di Indonesia adalah kelapa sawit. Bagian mesin Agera R dibuat agar bisa beroperasi dengan nilai oktan 95 atau bisa juga memakai bahan bakar nabati. Pada sistem manajemen mesin mobil ini akan mendeteksi campuran bahan bakar dan dapat menyesuaikan operasi mesin dengan cepat.




Agera R yang dipakai dalam film Need For Speed.

Ilustrasi: productplacementblog.com



Sebagai tambahan, sistem bahan bakar pada Agera R memiliki kapasitas yang cukup untuk menghasilkan tenaga sampai 1140 hp dan torsi 1200 Nm jika memakai jenis bahan bakar biofuel E85 dan E100. Hal ini bisa terjadi karena kandungan energi per volume yang diberikan dalam biofuel ini lebih sedikit dibandingkan dengan bahan bakar biasa.

Hypercar asal Swedia ini juga sempat mencatat rekor dunia pada tahun 2011 sebagai mobil tercepat di dunia, waktu itu Agera R menempuh kecepatan dari 0-300 km/jam dalam waktu 21.19 detik saja gan sist. Rekor tersebut kemudian dikalahkan pada tahun 2015 oleh Koenigsegg One.

Untuk body mobil ini mengguankan serat karbon/kevlar yang membuat bobotnya menjadi lebih ringan sehingga bisa berakselerasi dengan mudah. Agera R berkonfigurasi 2 pintu dan dua tempat duduk, pada bagian atapnya juga bisa dibuka. Mobil ini punya panjang keseluruhan 4293 mm, lebar 1996 mm serta tinggi 1120 m. Untuk whellbase-nya adalah 2662 mm.














Ilustrasi: koenigsegg.com



Pada sektor dapur pacu mobil ini dibekali mesin Koenigsegg aluminum 5.0L V8 DOHC, 4 katup per silinder. Tenaga yang bisa dihasilkan mesin ini mencapai 1140 horse power pada putaran mesin 7100-7500 rpm. Untuk torsi maksimumnya adalah 1200 Nm pada putaran mesin 4100 rpm. Tenaga tersebut lantas dikimpoikan dengan transmisi 7 kecepatan. Untuk kecepatan tertinggi yang bisa diraih Agera R adalah 440 km/jam.

Beberapa fitur yang melengkapi mobil mewah ini antara lain ABS, power window, power steering, USB, alarm serta dua airbag. Itu beberapa fitur yang disematkan pada mobil ini, dalam website resminya pihak pabrikan memberikan garansi 3 tahun untuk Agera R. Koenigsegg membanderol hypercar ini dengan harga US$ 2,1 juta atau sekitar Rp 28 Miliar. Produksi mobil terakhir dipasarkan pada tahun 2015.



Mobil yang Dipakai Dalam Film Hanya Replika


Jika agan dan sista penyuka video game dan film, pasti kalian tidak asing dengan 'Need For Speed'. Game yang dipopulerkan oleh Electronic Arts ini memang cukup populer gan sist, dan pada tahun 2013 game tersebut kemudian diadaptasi dalam sebuah film.

Pemeran utama dalam film ini adalah Aaron Paul yang berperan sebagai Tobey Marshall, seorang pebalap jalanan yang juga memiliki sebuah bengkel mobil. Di awal dan akhir film, Agera R sempat ditampilkan, selain Agera R dalam film ini Aaron Paul juga mengendarai Shelby Mustang serta Pontiac GTO 1966.

Karena dalam film bertema balapan kebanyakan mobil akan dihancurkan, maka sang sutradara lebih memilih menggunakan mobil replika dari Agera R. Jika memakai mobil asli tentu biaya yang dikeluarkan akan terlalu mahal gan sist. Mobil yang dipakai oleh Aaron Paul dalam film berkelir merah, pada awal film ia juga sempat mengendarai mobil yang sama dengan warna abu-abu. FYI gan sist beberapa mobil dalam film ini telah dimodifikasi dengan menggunakan mesin LS3 milik GM bertenaga 430 hp.










Agera R yang dipakai dalam film Need For Speed.

Ilustrasi: productplacementblog.com



Koenigsegg Agera R


Negara Asal: Swedia
Produsen: Koengisegg
P x L x T: 4293 mm x 1996 mm x 1120 m
Whellbase: 2662 mm
Mesin: 5.0L V8 DOHC, 4 katup per silinder
Tenaga Maksimum: 1140 horse power pada putaran mesin 7100-7500 rpm
Torsi Maksimum:1200 Nm pada putaran mesin 4100 rpm
Kecepatan Tertinggi: 440 km/jam
0-100 km/jam: 2.8 detik
0-300 km/jam: 21.19 detik
Transmisi: 7 kecepatan
Harga: US$ 2,1 juta atau sekitar Rp 28 Miliar
Tahun Produksi: 2011-2014



Spoiler for Video Tambahan:



-------



Demikian sedikit ulasan mengenai mobil yang dijadikan referensi dalam film Need Fpr Speed, meski dalam film hanya beruapa replika dan bukan mobil aslinya, setidaknya kehadiran replika tersebut mampu menghibur mereka yang suka dengan film bertema balapan.

Terimakasih sudah membaca tulisan ini dari awal sampai akhir, sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya, keep ngaskus ya emoticon-Angkat Beer




Referensi: sinidan sini
Ilustrasi Gambar: koenigsegg.com, productplacementblog.com
Diubah oleh si.matamalaikat 25-03-2021 06:00
jiresh
snkt
indramamoth
indramamoth dan 36 lainnya memberi reputasi
37
7.6K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.