• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • RFID, Stiker Sakti Untuk 'Gratis' Lewat Tol, Kenapa Harus Bentuk Stiker?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
RFID, Stiker Sakti Untuk 'Gratis' Lewat Tol, Kenapa Harus Bentuk Stiker?


[ HT# 718 ]

Siapa yang tidak senang mendengar kata gratisan, terlebih pengendara yang sering melewati tol tentu akan semakin menyenangkan karena selain gratis tidak perlu berhenti di gerbang pembayaran pada umumnya.

Yes, pemerintah akan menerbitkan stiker 'sakti' yang apabila sudah di tempel di bagian depan mobil otomatis semua gerbang tol pembayaran akan mempersilahkan lewat kendaraannya lewat meski dalam kecepatan 30 hingga 60 kpj.

Sebuah solusi baru dalam hal pembayaran tol di Indonesia dimana menurut pemerintah stiker RFID ini lebih canggih dan lebih sensitif dari teknologi OBU sebelumnya.



Stiker RFID ini dalam ujicoba lalu harus ditempel pada bagian headlamp kanan mobil dimana menurut pengujian bagian terdepan mobil adalah bagian headlamp dan sensor gerbang tol berada di sisi kanan.

Hm, cukup unik ya kenapa harus ditempel pada headlamp. Tentu ini akan menjadi pe-er bagi mobil yang telah di modifikasi atau bagian terdepannya bukanlah headlamp, tapi pada grill atau bemper depan mobil.

Hal lain yang harus dipetimbangkan lagi adalah apakah ada alternatif lain selain bentuk stiker yang menurut saya mudah hilang, mudah terlepas karena cuaca, mengotori headlamp, mudah di duplikasi, mengurangi cahaya keluar dan mungkin mengganggu pandangan dari arah berlawanan, bagaimana jika stiker ada bagian yang cacat (terkelupas sebagian) akibat gesekan, apakah sensor akan tetap bekerja dengan baik?




Menurut saya akan terlihat lebih elegan dan canggih kalau bentuknya lebih baik semacam gelang yang kuat bisa diikatkan dalam grill mobil? Mungkin teknik pemasangan seperti mengaitkan kunci kedua ujung gelang seperti halnya kabel Ties. Saya rasa ini lebih aman, tidak mengganggu pencahayaan lampu utama yang justeru penting dan bersih.


Ya, gelang RFID pengganti stiker yang akan dikeluarkan pemerintah ini sebaiknya dikaji ulang jangan sampai menutupi headlamp, mudah terkelupas, dan usia stiker yang pendek. Semoga saja ide ini bisa jadi bahan pertimbangan yang lebih baik lagi kedepannya demi suksesnya pembayaran tanpa sentuhan.

Nah, lalu bagaimana menurut agan en sista mengenai stiker RFID ini, lalu apakah model stiker ini lebih baik daripada ide saya dengan model gelang di grill mobil. Sampaikan pendapatmu kawan siapa tahu bisa menjadi solusi yang lebih baik lagi. Aamiin.




Referensi. opini, TKPeh1TKPeh2
Img.google img




Copyright © 2016 - 2021 iskrim™
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 26-03-2021 10:37
ediptyaa
m4ntanqv
Daniswara92
Daniswara92 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
6K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.