Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
6 Rujak Khas Bali yang Boleh Banget Buat Gan-Sis Cobain
Kaskus DeYudi69 -Gan-Sist suka makan rujak? Kalo ane, suka banget makan rujak Gan-Sis, dulu bahkan ane bisa makan rujak sampai tiga kali dalam sehari, pokoknya kalo nggak makan rujak nggak afdol dah rasanya. Udah kecanduan banget. Sebelum ane kena mag wkwkwk.

Nah, berikut ini ane bakalan ngebahas beberapa jenis rujak yang ada di daerah ane di Bali, yang biasanya bakalan mudah dijumpai di setiap warung rujak. Dan biasanya sih, setiap dagang rujak yang ada di Bali pasti bakalan menjual makanan khas Bali lainnya seperti tipat cantok, dan juga es daluman (es cincau).

Langsung aja deh, berikut ini beberapa rujak khas Bali yang bisa Gan-Siat icip-icip kalau lagi liburan ke Bali.

1. Rujak Bumbu Gula Bali


sumber gambar

Bahan dasar untuk buahnya bisa buah apa aja, seperti nanas, pepaya mengkal, mangga muda, mentimun, bangkuang dll atau campuran dari semua buah itu. Yang membedakannya yaitu penggunaan "gula bali" pada campuran bumbunya. Gula bali ini sendiri biasanya terbuat dari nira lontar (tuak pohon daun lontar), bukan dari tuak pohon lelapa. Rasa gulanya lebih manis dan pekat. Bahan bumbunya antara lain, gula bali, garam, cabe rawit, sedikit terasi, dan air mineral secukupnya.

2. Rujak Gula Bali Asem


sumber gambar

Sama seperti rujak gula bali yang ane sebutkan di atas, komponen bumbunya juga sama, cuma ditambahin sama asam jawa. Duh, asem pedes manis dan asinnya pas banget pokoknya.

3. Rujak Bumbu Gula Pasir


sumber gambar

Nah, kalau yang ini juga kaporit, eh, pavorit ane banget dah. Apalagi kalo buahnya make mangga muda yang asem-asem manis gitu. Atau yang buahnya make jenis mangga madu, duh nampol banget dah segernya. Bumbunya antara lain terdiri dari, cabe rawit merah, garam, gula pasir, terasi yang sudah dipanggang sebelumnya, trus dikasi air mineral dikit, diulek di cobek sampe halus trus campur sama buah mangganya ... hmmm yummy.

4. Rujak Kuah Pindang


sumber gambar

Nah, bagi Gan-Sist yang pernah melancong ke Bali, atau yang sudah lama tinggal di Bali pasti minimal pernah nyobain rujak yang satu ini, rujak kuah pindang rasanya gurih asin gimana gitu mantul dah pokoknya. Komponen dasarnya sama aja menggunakan buah-buahan lokal dari Indonesia, yang membedakannya adalah campuran bumbunya yang menggunakan campuran kuah pindang.

Kuah pindang seperti namanya adalah kuah yang dihasilkan dari rebusan ikan pindang. Jadi dalam bumbu rujak ini yang terdiri dari cabe rawit, garam, gula pasir, terasi yang sudah dipanggang, dan terakhir kuah pindang. Kalau Gan-Sis liburan ke Bali cobain deh rujak yang satu ini.

5. Rujak Bulung (Rujak Rumput Laut)


sumber gambar

Yang ini juga bikin nagih banget kayak kecanduan pokoknya kalau Gan-Sis menyukainya. Rujak rumput laut, yang mana orang Bali menyebutnya dengan bulung terdiri dari tiga jenis bulung, kalau di Bali biasanya penjualnya bakalan nawarin mau make bulung putih, bulung hijau, atau bulung boni, atau campuran dari ketiga bulung itu. Ane sendiri nggak tau nama bahasa Indonesianya dari masing-masing bulung itu, cuma Gan-Sis kalau mau membelinya boleh milih yang mana aja dari ketiga jenis rumput laut itu. Bahan dasarnya, tentu saja rumput laut yang sudah dibersihkan dan direbus. Trus bumbunya make bumbu rujak kuah pindang, cuma bedanya ditambahin parutan kelapa bakar, sama sedikit parutan lengkuas. Gurih banget pokoknya Gan-Sis.

6. Rujak Boni


sumber gambar

Rujak boni memakai buah boni sebagai bahan dasarnya, rasanya asem-asem kecut asin manis gimana gitu, bikin air liur mengucur deras pokoknya. Bumbunya terdiri dari, cabe rawit merah, garam, gula pasir, dan terasi yang sudah dipanggang. Biasanya kalo makan rujak ini ribetnya cuma di makan sambil berusaha biar nggak nelen biji boninya aja.

Nah, itu dia beberapa rujak khas Bali yang boleh banget buat Gan-Sis cobain kalo mampir ke Pulau Dewata.

Kalo Gan-Sis abis ngebaca thread ane ini jadi pengen makan rujak, coba deh Gan-Sist buat rujak buah seperti yang ada di dalam video di bawah ini, mudah simpel dan nggak pake ribet kok. Bisa pake buah apa aja yang Gan-Sis sukai.

Spoiler for video cara mudah buat rujak:


Selamat mencoba, dan makasi ya sudah membaca thread ane sampai habis. Jumpa lagi pada thread ane selanjutnya.

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi : opini pribadi

yusuf2210
indramamoth
islamisdevi
islamisdevi dan 32 lainnya memberi reputasi
33
6K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.