• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Populer Sebagai Peribahasa, Inilah Ujud Asli Buah Simalakama Beserta Manfaatnya!

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Populer Sebagai Peribahasa, Inilah Ujud Asli Buah Simalakama Beserta Manfaatnya!




Hai, Gansist! Apa kabarnya, nih! Pastinya baik-baik saja kan, ya? Ketemu lagi dengan thread aku semoga bisa menjadi pengobat rindu.

Baiklah kali ini aku akan membahas tentang buah-buahan. Buah yang kembar, buah apa, hayo? Buah nangka dengan buah cempedak! Sip!

Gansist, pasti pernah dengar dong peribahasa yang berbunyi, "bagai makan buah simalakama". Peribahasa dimana kita dihadapkan pada dua pilihan yang serba sulit untuk dipilih. Lebih jelasnya begini, bila kita memilih A, si ibu akan celaka, jika memilih B, gantian si ayah yang bakal kena celaka. Bikin bingung, kan!

Dari peribahasa di atas kemudian aku penasaran, memang benar adakah yang namanya buah simalakama itu. Usut punya usut, ternyata ada lho Gansist buah aslinya.



Buah simalakama orang-orang biasanya menyebutnya buah mahkota dewa, kalau di tempat aku. Mungkin di daerah Gansist beda dalam menamainya.

Nah, berikut nama-nama lain dari buah simalakama untuk daerah-daerah lain. Mungkin daerah Gansist, ada.

Quote:


Pohon mahkota dewa/ simalakama ini, pohonnya perdu berbatang keras, daunnya kecil-kecil bulat lonjong, buahnya bulat sebesar bola ping-pong, warna buahnya hijau tetapi setelah matang berwarna kemerahan.

Meskipun buah yang sudah matang berwarna merah tetapi kalau dimakan rasanya pahit. Daging buah mahkota dewa/ simalakama berwarna putih berserat seperti sabut kelapa, di dalamnya ada biji.



Rasa buah simalakama adalah pahit. Rasa pahit dalam buah simalakama ini bisa menjadi racun juga bisa menjadi obat bila pintar dalam mengolahnya. Maka dari itulah, kolerasi dari nama buah simalakama tersebut dijadikan peribahasa 'bagai makan buah simalakama'.

Buah simalakama ini terkenal sebagai obat. Karena di dalam buah simalakama ini banyak terkandung yang zat aktif. Sehingga dipercaya cukup ampuh sebagai obat herbal. Adapun zat aktif yang terkandung dalam sebiji buah simalakama adalah sebagai berikut;
Quote:


Banyak banget kan, Gansist, kandungan zat aktif dari pada buah simalakama ini. Dengan adanya zat aktif di dalam buah simalakama/buah mahkota dewa tersebut, banyak yang mempercayai dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Namanya juga obat herbal, tentunya keefektifannya belum pasti dan dibutuhkan beberapa uji penelitian dan klinis dari para ahli.



Berikut ini beberapa manfaat dari buah simalakama ini, yang dipercaya mampu menyembuhkan dan meringankan berbagai penyakit. Contohnya seperti yang aku kutip di bawah ini.

Quote:
.

Nah, itu tadi Gansist pembahasan aku tentang buah simalakama yang biasa disebut buah mahkota dewa. Ternyata banyak manfaat yang terkandung di dalam buah simalakama ini.

Memang bila kita bersahabat baik dengan alam, semua yang kita butuhkan akan disediakan oleh alam. Namun terkadang kita yang abai dengan alam, malah terkadang merusaknya dengan membuang sampah secara sembarang.

Semua kebutuhan kita dapat dicukupi oleh alam bila kita tahu bagaimana caranya memanfaatkan alam dengan baik dan benar. Menjaga dan melestarikan alam adalah salah satu terbaik agar hidup kita ke depannya juga lebih baik.

Sekian thread dari aku, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih atas atensinya.

Referensi: 12 3
Gambar: google images

nyonyo2
ujellyjello
harmagedon77
harmagedon77 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
9.7K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.