• Beranda
  • ...
  • Beauty
  • Sebelum Ada Skincare, Begini Cara Wanita Bangsawan Zaman Dulu Merawat Wajahnya

hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
Sebelum Ada Skincare, Begini Cara Wanita Bangsawan Zaman Dulu Merawat Wajahnya


gambar

Bagi sebagian wanita penampilan adalah kebutuhan utama yang juga mesti diperhatikan. Merawat diri agar tetap menarik dilihat dan dipandang membuat kaum hawa rela melakukan apa saja. Ya, wanita memang selalu idetik dengan keindahannya. Maka tak heran jika dari dalam dirinya selalu mencari sesuatu yang baru demi menunjang penampilan.

Di zaman maju seperti ini, beragam jenis skincare dan kosmetik mudah sekali didapatkan dengan harga terjangkau. Berbagai jenis perusahaan mulai berlomba-lomba memproduksi alat kecantikan. Selain bisnis, tentunya untuk memanjakan para wanita agar dapat dengan mudah merawat dirinya.



gambar

Ternyata merias diri tidak hanya dilakukan oleh wanita modern saat ini saja namun telah juga dipraktekkan oleh perempuan bangsawan zaman dulu. Tentu perkembangan kosmetik saat itu belum berkembang seperti sekarang. Bagaimana mereka merias wajahnya agar tetap terlihat cantik dan mempesona? Apalagi jika terlihat cantik bisa meningkatkan strata mereka.

1. Memakai Kohl dan Arang Sebagai Eyeliner



gambar

Untuk mempercantik di bagian mata, wanita bangsawan dulu menggunakan kohl dan arang. Kedua bahan tersebut akan dipakai untuk bahan dasar eyeliner. Selain fungsinya untuk membuat garis pada mata, kohl dan arang ini dipercaya mampu melindungi dari sinar ultraviolet.

2. Kapur dan Gandum Sebagai Bedak



gambar

Produk kosemetik yang tak akan pernah terlewatkan untuk seorang wanita adalah bedak. Begitu juga di zaman dulu, para perempuan menggunakan bedak agar kulit pada wajah nampak putih. Berbeda dengan sekarang, dulu kapur dan gandum biasa digunakan untuk dijadikan bedak.

3. Blush on dari Mulberry dan Vermilion Merah



gambar

Sering melihat pipi wanita memerah? Ya itu semua dibuat agar mereka nampak lebih merona. Produk kosmetik itu biasa disebut blush on. Di zaman dulu, para wanita bangsawan ternyata sudah memiliki ide untuk memerahkan pipi mereka. Bahan yang digunakan terbuat dari buah mulberry yang dihancurkan dan vermilion merah.

4. Bulu Sapi Dijadikan Eyebrow



gambar

Bagian mata memang memiliki fokus tersendiri untuk dihias. Karena bisa dibilang mata adalah salah satu bagian utama dalam hal kecantikan. Karena itu, banyak sekali aksesoris yang dibuat untuk mata. Wanita di masa dulu punya cara tersendiri agar alis mata nampak indah. Mereka tak segan menggunakan bulu sapi sebagai eyebrow.

5. Lipstik dari ochre clay dan red iron



gambar

Bibir adalah bagian sensual yang dimiliki oleh wanita. Di zaman sekarang, banyak treatmen yang digunakan agar bagian bibir nampak lebih menarik. Penggunaan lipstik juga menjadi salah satu alternatif untuk menjaga keindahan dari bibir. Wanita zaman dulu juga tak mau ketinggalan. Mereka juga terbiasa menggunakan lipstik agar bibir terlihat lebih merah. Bahan dasar yang digunakan ialah ochre lay yakni sejenis tanah liat yang berwarna cokelat pasir. Selain bahan tersebut, penggunaan red iron juga dapat menunjang dan memberikan kesan lebih merah.

6. Eyeshadow Malasit



gambar

Malasit atau malachite adalah suatu mineral karbonat hidroksida tembaga. Bahan ini dulu digunakan untuk pembuatan eyeshadow. Warnanya yang hijau buram terasa cocok karena dianggap memberikan kesan eksotis. Karena itu, wanita bangsawan zaman dulu menggunakan bahan tersebut untuk eyeshadow.

Itulah beberapa skincare atau kosmetik yang biasa digunakan oleh wanita zaman dulu. Walau di zaman sekarang, penggunannya sudah diinovasi dengan campuran bahan lainnya.

Sumber :

Narasi pribadi
1

2

3
Diubah oleh hvzalf 21-03-2021 04:06
jnobasa
tien212700
ujellyjello
ujellyjello dan 31 lainnya memberi reputasi
32
5.9K
133
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beauty
BeautyKASKUS Official
5.3KThread7.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.