Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Penyebab Head Bunting pada Kucing, Bagaimana Tanda dan Cara Menanganinya?

sumber
Salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dilirik untuk dijadikan hewan kesayangan adalah kucing. Ane juga punya kucing di rumah, GanSist. Untuk jenis kucing banyak jenisnya, baik kucing lokal mau pun ras atau peranakan. Pada thread kali ini ane gak mau ngebahas tentang asal usul atau pun dari peranakan mana ia berasal, ane ingin membahas prilaku manjanya kepada Agan dan Sista.

Tentunya Agan dan Sista pernah mendapatkan perlakuan manis dari kucing yang GanSist temui. Ane sebelum melihara kucing, sering banget ketika bertemu kucing liar, si kucing mendekat dan menggosok-gosokkan bagian kepalanya ke anggota tubuh ane. Karena waktu itu ane masih suka gelay ama kucing, jadi ane refleks menghindar. Ngeri juga digigit atau dicakaremoticon-Takut

sumber
Ternyata prilaku kucing tersebut dalam istilah dunia per-kucing-an disebut dengan head butting atau head bunting,GanSist. Prilaku ini adalah bentuk kasih sayang kucing terhadap kita, loh, GanSist. Ibarat kata, sang kucing merasa nyaman dengan kehadiran kita. Kucing memang sangat suka menandai hal-hal di sekitarnya, termasuk dengan manusia.

Kelakuan head bunting ini dilakukan dengan meninggalkan aroma yang ada di seluruh tubuhnya, pada daerah-daerah atau benda yang ingin ia tandai. Di wajah kucing ada kelenjar yang melepaskan feromon. Feromon ini adalah zat kimia yang dikeluarkan hewan saat ia berkomunikasi dengan sesamanya. Tujuannya agar terjadi ikatan dan interaksi sosial. Gampangnya, sang kucing meninggalkan bau dirinya sebagai penanda.

Jika kucing melakukan gerakan head bunting dengan mendorong kepalanya ke tubuh kita, itu berarti kucing mempercayai kita sebagai temannya, GanSist. Jangan takut, kalo perlu elus kembali bagian kepalanya. Kalo kucing ane, lebih seneng dielus-elus sambil digaruk-garuk tipis bagian lehernya, bawah mulutnya, sama bagian kupingnya. Saking senengnya kadang sampe ketiduran.

Selain sebagai penanda aroma dan menunjukkan hubungan sosial, ternyata head bunting merupakan salah satu cara berkomunikasi kucing, loh, GanSist, selain mengeong tentunya. Mungkin ada yang diinginkan kucing, GanSist, bisa jadi ia lapar.

Bagi kucing yang sudah menganggap GanSist adalah temannya, sudah sangat nyaman tentunya, sang kucing bukan hanya ngedusel di kaki atau tangan kita, kadang-kadang muka kita jadi sasaran head bunting-nyaemoticon-Leh Uga. Dapat diartikan kedekatan hubungan kalian sudah amat rekat. Gak ada rasa canggung lagi buat sang kucing.

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Sayangi hewan, sayangi lingkungan. Sehat dan bahagia selaluemoticon-terimakasih

Referensi

senjakita09
islamisdevi
b4perman
b4perman dan 23 lainnya memberi reputasi
24
4.1K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.