kampung.kampungAvatar border
TS
kampung.kampung
Penumpang Batik Air Meninggal, Sempat Sesak di Pesawat
TEMPO.Co, Jakarta - Seorang penumpang pesawat Batik Air rute Timika-Jakarta dilaporkan meninggal. Penumpang berusia 21 tahun ini mengembuskan napas terakhir setelah sempat mengeluh sesak di bagian dada, 2 jam setelah pesawat lepas landas.

"Atas nama manajemen dan seluruh karyawan Batik Air mengucapkan duka cita mendalam," kata Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, 19 Maret 2021.

Awalnya, pesawat dengan nomor penerbangan ID-6187 ini berangkat dari Bandara Mozes Kilangin di Timika, Papua Barat, pukul 12.30 WIT (GMT+ 09). Sebelum berangkat, Danang menyebut tidak ada penumpang pesawat yang melapor sedang dalam keadaan sakit.

Lalu, pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUZ ini pun lepas landas mengangkut 6 awak kabin dan 68 penumpang. Pesawat dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pukul 15.00 WIB (GMT+ 07).

Setelah 2 jam mengudara, penumpang yang duduk di kursi 15D pun mengeluhkan sesak kepada penumpang lain di kursi 15F. Sehingga, penumpang tersebut meminta bantuan ke awak kabin.

Setelah mengecek kondisi penumpang tersebut, pimpinan awak kabin Syarifah Sari Dewi mengumumkan apakah ada penumpang yang berprofesi sebagai dokter. Salah satu penumpang ternyata dokter, yang dibuktikan dengan identitas resmi dan tanda profesi.


Selanjutnya, beberapa tindakan dilakukan untuk penumpang tersebut. Mulai dari memberikan tabung oksigen portabel, melonggarkan pakaian yang mengikat, membersihkan wajahnya, menyandarkan kursi, sampai memasangkan masker oksigen.

Sampai akhirnya, pilot Capt. Made Betha Yoga Pradnyana memutuskan untuk mengalihkan pendaratan (divert) ke bandara tersebut. Lokasi terdekat yaitu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, Sulawesi Selatan.

Pesawat mendarat pukul 15.37 WITA (GMT+ 08). Setelah mendarat, penumpang tersebut langsung dijemput tim medis untuk dibawa ke rumah sakit. Dari tim medis rumah sakit, Batik Air mendapat informasi penumpang mereka tersebut telah meninggal. Petugas Batik Air di Makassar bersama pendamping lalu membantu proses pengurusan jenazah dan administrasi.

Adapun pesawat Batik Air lepas landas kembali dari Bandara Sultan Hasanuddin pukul 16.44 WITA. Pesawat kemudian mendarat di lokasi tujuan, Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 17.44 WIB. (FAJAR PEBRIANTO )

Turut berduka untuk korban Gan.

Sumber: Tempo.
Diubah oleh kampung.kampung 20-03-2021 20:53
meooong
gabener.edan
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.9K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.