rarirurerorAvatar border
TS
rarirureror
Hobi Berburu Oleh-oleh & Ngumpulin Barang Antik? Artinya Lo Wajib Datengin Tempat Ini


Dari sekian banyak hobi yang ada di dunia ini, banyak loh yang memiliki hobi untuk mengumpulkan barang-barang antik atau biasa juga disebut dengan sebutan kolektor barang antik. Alasan banyak orang yang gemar mengoleksi barang antik adalah karena barang tersebut memiliki usia yang sangat tua. Tentunya, memiliki barang dengan ratusan tahun yang lalu akan memberikan kepuasan tersendiri bagi si kolektor, terlebih jika barang tersebut masih dalam kondisi yag bagus dan masih bisa digunakan.

Selain hobi mengoleksi barang-barang antik, ada juga loh orang yang hobi mengoleksi oleh-oleh dari berbagai daerah wisata. Bahkan tak jarang juga banyak orang yang membeli barang unik dan antik sebagai oleh-oleh ketika jalan-jalan. Agan dan Sista juga pasti sering banget kan beli oleh-oleh kalau sedang jalan-jalan dan pergi berlibur? Entah itu membeli oleh-oleh untuk orang lain, atau untuk dirimu sendiri, pastinya membeli oleh-oleh merupakan satu kegiatan yang ga boleh kelewatan.

Nah, untuk Agan dan Sista yang seneng banget mengoleksi barang-barang antik serta oleh oleh, ini dia dereta pasar seni di Indonesia yang wajib banget kalian datengin.



Pasar Baru, Jakarta



Ibu kota Jakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi salah satu kota di Indonesia yang banyak dikunjungi. Selain banyak orang yang pergi ke Jakarta untuk mencari pekerjaan dan mengadu nasib, Kota Jakarta juga sering menjadi destinasi wisata bagi orang-orang di daerah untuk liburan. Tapi mungkin banyak orang yang bingung harus membawa oleh-oleh apa kalau bermain ke Jakarta, pasalnya daerah yang kini ditinggali oleh orang-orang dari beragam suku ini terkesan sangat modern dan sulit untuk menemukan barang-barang unik yang khas betawi. Tapi, sulit di sini berbeda dengan ga ada sama sekali ya, karena kalian tetap bisa menemukannya kok meski hanya di daerah tertentu saja. Salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi untuk berburu barang antik dan oleh-oleh adalah Pasar Baru, sebuah pasar yang berdiri sejak tahun 1800-an. Di pasar yang terletak di Jalan Gereja Ayam ini kalian bisa menemukan berbagai macam barang loh, mulai dari dari pakaian, aksesoris, hingga barang antik yang pastinya bisa menambah koleksimu dan tentunya bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat.


Pasar Seni Gabusan, Bantul



Kalau banyak orang dari daerah berlibur ke Jakarta, lalu orang Jakarta kalau liburan perginya kemana? Salah satu tujuan wisata orang Jakarta adalah Yogyakarta. Selain banyaknya destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi di Yogyakarta, daerah kota istimewa ini juga masih kental dengan adat dan budayanya loh. Oh iya, kalau urusan oleh-oleh, Yogyakarta punya segudang barang yang bisa dijadikan oleh-oleh, mulai dari makanan hingga barang. Nah, untuk kalian yang mau nyari oleh-oleh dan berburu barang antik super lengkap, kalian bisa banget mendatangi Pasar Seni Gabusan, sebuah pasar yang dikhususkan untuk penjualan produk dari para pengrajin lokal ini terletak di Jalan Parangtritis, Bantul. Pasalnya, di daerah ini Agan dan SIsta bisa menemukan sederet kreasi para pengrajin lokal yang kece-kece, mulai dari anyaman rotan, berbagai wadah dari bambu, beragam topeng, dan masih banyak lagi kerajinan tangan lainnya.


Pasar Triwindu, Surakarta



Kalau kalian sedang berlibur ke daerah Surakarta, kalian harus banget mengunjungi Pasar Triwindu, GanSis. Di sini Agan dan Sista bisa menemukan beragam barang antik yang bisa kalian jadikan oleh-oleh atau bisa juga untuk menambah koleksi pribadimu. Oh iya, Pasar Triwindu ini letaknya di Timuran, Banjarsari. Pasar yang penuh dengan kumpulan barang-barang antik ini akan membuat kamu merasa sedang ada di masa lalu loh. Ketika kalian mengunjungi pasar ini, kalian gausah khawatir tidak mendapatkan barang yang kamu mau ya, karena di Pasar Triwindu ini ada banyak banget toko yang berjajar dan menyajikan beragam barang antik, mulai dari keris, perangko, kepingan uang, perabotan dan dekorasi rumah.


Pasar Seni Sukawati, Bali



Bali jadi kota tujuan wisata? Hmm, kalau Bali gausah ditanya lagi deh, karena mau orang indonesia atau orang luar negeri pasti banyak banget yang menjadikan Bali sebagai salah satu kota di Indonesia yang wajib dikunjungi untuk berlibur. Tak jauh berbeda dengan Yogyakarta, selain menghadirkan pemandangan alamnya yang menyejukkan mata, Bali juga punya sederet kerajinan tangan yang lucu-lucu dan tentunya wajib dibeli kalau mengunjungi Bali. Kalau kamu berencana ke Bali, kalian wajib banget mengunjungi Pasar Seni Sukawati untuk berburu oleh-oleh dan juga barang antik. Pasalnya, di pasar yang terletak di Jalan Raya Sukawati, Gianyar, ini menyajikan beragam kerajinan tangan mulai dari tas, gelang, patung tradisional, hiasan dinding, kain khas Bali, hingga lukisan dalam berbagai ukuran.


Pasar Seni Banyumulek, Lombok



Berjarak tak jauh dari Bali, Lombok juga kerap menjadi tujuan wisata untuk banyak orang. Nah, kalau kalian lagi di Lombok atau berencana pergi ke Lombok, jangan lupa untuk mengunjungi Pasar Seni Banyumulek untuk berburu oleh-oleh dan barang antik ya. Pasar seni yang terletak di di Desa Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat, ini menyediakan beragam barang unik hasil karya masyarakat Desa Banyumulek yang biasanya terbuat dari bahan dasar gerabah. Kerajinan tangan yang bisa kalian miliki setelah mengunjungi pasar seni ini adalah peralatan dapur seperti mangkuk, gelas, piring, hingga ukiran dinding.



Itu dia beberapa dereta pasar seni di Indonesia yang wajib banget kalian datengin untuk berburu oleh-oleh dan barang antik ketika kalian sedang pergi liburan.



SUMBER
Daniswara92
galigulagalu
tien212700
tien212700 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
5.2K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & Community
icon
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.